Muhammadiyah Ambil Sikap Tolak Informasi Hoax | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

Muhammadiyah Ambil Sikap Tolak Informasi Hoax

Published

on

JAKARTA – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dadang Kahmad, mengatakan banyaknya informasi yang beredar menghadapkan publik pada persoalan memverifikasi mana yang hoax atau bukan.

Menurutnya kecepatan dan derasnya informasi membuat publik bingung. “Kebenaran dan validitas sebuah informasi telah terkalahkan oleh kecepatan dan keragaman yang sering kali mengandung informasi tidak benar,” kata Dadang melalui keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu (26/3/2017).

Dia mengatakan fenomena berita hoax akhir-akhir ini banyak mengisi gadget masyarakat sebagai konsekuensi dari kemajuan teknologi.

“Saat ini kita berada di era dimana kebohongan dianggap suatu kebenaran dan kebenaran menjadi suatu kebohongan,” ujarnya.

Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah Muchlas MT mengatakan Muhammadiyah memiliki tangung jawab yang besar dalam upaya menyediakan panduan agar masyarakat terhindar dari berita palsu dan informasi yang berisi ujaran kebencian, fitnah yang berupaya memecah belah bangsa.

“Oleh karena itu, Majelis Pustaka dan Informasi bersama Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah merasa terpanggil untuk membuat rumusan Fikih Informasi,” kata dia.

Menurut Dosen Komunikasi Universitas Indonesia Ade Armando menjelaskan perlunya keberadaan panduan etik dan teologis untuk mengelola informasi terutama yang tersebar di media sosial. Hal itu dilakukan untuk memerangi informasi hoax di dunia maya.

“Di era web 2.0 ini langkah strategis dan perlunya keberadaan panduan teologis dalam menuntun kita baik sebagai konsumen informasi, produsen informasi atau distributor informasi. Apalagi panduan tersebut dirumuskan oleh otoritas keagamaan yang dimiliki ormas Islam Muhammadiyah,” kata dia. (sumber:rilis.id)

BAGIKAN:
Comments

Trending