Bersaksi di Sidang e-KTP, Setnov Bilang Begini! | Makassar Today
Connect with us

Nasional

Bersaksi di Sidang e-KTP, Setnov Bilang Begini!

Published

on

JAKARTA – Ketua DPR RI, Setya Novanto membantah dirinya pernah menerima aliran uang untuk menggegolkan program dan anggaran untuk proyek e-KTP.

“Tidak pernah, Yang Mulia,” kata Setnov, dikutip dari Rimanews, saat bersaksi untuk terdakwa Irman dan Sugiharto dalam sidang perkara korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2017).

Mendengar jawaban Setnov, ketua Majelis Hakim, John Halasan Butarbutar menanyakan bagaimana jika ada pihak lain yang menyebutkan bahwa menerima uang. Selain itu, John mengingatkan bahwa saksi sudah mengucapkan sumpah untuk memberikan keterangan yang sebenar-benarnya

“Tidak benar Yang Mulia (informasi dapat duit). […] yakin (saya tidak terima), […] sesuai sumpah saya,” jawabnya.

Setnov juga mengaku tidak mengetahui program e-KTP secara detail, karena waktu itu dirinya hanya mendapatkan laporan dari Ketua Komisi II DPR RI, Chairuman Harahap, dalam rapat pleno.

“Saya tidak begitu ingat, tetapi itu dilaporkan dalam rapat pleno setiap bulan sekali, dilaporkan oleh pak Chairuman yang kebetulan juga dari partai Golkar. yang saya ketahui dalam pleno, dilaporkan sepintas, hanya masalah yang berkaitan program e-KTP,” ujarnya.

Menurutnya Program e-KTP merupakan program nasional dan harus dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai Golkar (2009-2014) Setya Novanto disebut menerima jatah suap terbesar dengan nilai 11 persen dari total anggaran untuk proyek pengadaan e-KTP Rp 5,9 triliun.

Jatah 11 persen tersebut diberikan kepada Setya Novanto dari total nilai proyek sebesar Rp 5,9 triliun berdasarkan representasi dari suara Partai Golkar. (*)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Nasional

Di Makassar, Prabowo Ziarah ke Makam Jendral M Jusuf dan Ponegoro

Published

on

By

Makassartoday.com – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto tiba di Makassar, Rabu (20/6/2018).

Parabowo tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dengan menggunakan pesawat pribadi sekitar pukul 09.00 wita, pagi.

Mantan Danjen Kopassus ini dijadwalkan berada di Makassar dalam rangka menjadi juru kampanye Pasangan Calon Gubernur-Wagub Sulsel Nomor Urut 2, Agus-Tanribali di Lapangan Karebosi Makassar.

Kedatangan Prabowo dijemput langsung oleh Ketua DPD Gerindra Sulsel, Idris Manggabarani didampingi sejumlah kader.

Juru Bicara Partai Gerindra Sulsel, Sawaluddin Arief mengatakan, sebelum menghadiri kampanye, Prabowo dijadwalkan melakukan ziarah makam Jendral M Jusuf dan Pahlawan Nasional Pengaran Diponegoro.

“Tadi Pak Prabowo dijemput langsung sama Ketua DPD Pak Idris. Rencana beliau ziarah ke Makam Jenderal M Jusuf dan makam Pangeran Diponegoro,” kata Syawal, sapaan akrabnya.

Setelah ziarah makam, Prabowo dan rombongan makan siang di Rumah Makan (RM) Apong kemudian silaturahmi ke kediaman pribadi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Anre Gurutta Haji (AGH) Sanusi Baco di Jl Kelapa 3 Makassar.

Prabowo dan rombongan menuju ke Hotel By Sheraton kemudian ke Lapangan Karebosi menjadi jubir,” tutup Sawal. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Nasional

Warga Kumpul Depan Kediaman JK Sejak Subuh

Published

on

By

Makassartoday.com – Warga dari penjuru wilayah berbondong-bonding datang ke kediaman Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK), Jl Haji Bau, Kota Makassar, Sulsel, Minggu (17/6/2018).

Dari pantauan di lokasi, warga sejak pukul 04.00 WITA sudah berkumpul di depan kediaman orang nomor 2 di Indonesia itu.

Hingga pagi, ribuan orang sudah nampak mengantri untuk menemui Wapres yang setiap tahunnya pulang kampung dalam rangka menggelar open house momentum lebaran.

“Dari jam 4 subuh pak saya sama keluarga sudah di sini. Kami mau sekali ketemu langsung dan bersamaan sama Pak JK,” ucap Murty (31) warga Jl Rajawali.

Tak hanya ribuan warga, para pejabat daerah juga nampak memenuhi halaman rumah Wapres. Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas gabungan melakukan penjagaan ketat di lokasi tersebut. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Nasional

Seram!! Seorang Perempuan di Muna Tewas Ditelan Ular

Published

on

By

Makassartoday.com – Nahas bagi Wa Tiba (54). Perempuan paruh baya tersebut ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di dalam perut ular sanca di Desa Persiapan, Lawela, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Jumat (15/6/2018).

Sebelumnya korban dinyatakan hilang oleh pihak keluarga sejak Kamis (14/6/2018). Setelah dilakukan koordinasi dengan sejumlah warga setempat guna dilakukan pencarian di sekitar areal tempat korban berkebun.

“Korban sempat dinyatakan hilang kemarin, hingga dilakukan pencarian ke areal perkebunan esok harinya. Sekitar pukul 06.00 Wita anak korban dan warga pergi mencari korban, namun hanya menemukan senter, parang dan sendal milik korban dan disekitar ditemukan senter terdapat semak yang rusak sehingga warga memperkirakan kalau Korban tertelan ular,” Kapolres Muna AKBP Agung Ramos dalam keterangan tertulisnya ke awak media.

Baca Juga: Melintas di Tengah Jalan, Ular Phyton Raksasa Gegerkan Warga Pasangkayu

Sekitar pukul 09.30 Wita warga dan pihak Kepolisian menemukan ular yang dalam kondisi tidak bisa bergerak. Ular tersebut kemudian dibawa ke kampung dan setelah perut ular tersebut dibelah, korban ditemukan tewas dalam perut ular tersebut. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya