Andi Taufan Tiro Divonis 9 Tahun Bui Dan Denda 1 Miliar - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

Andi Taufan Tiro Divonis 9 Tahun Bui dan Denda 1 Miliar

Published

on

JAKARTA – Andi Taufan Tiro, terdakwa kasus dugaan penerimaan suap terkait proyek jalan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Maluku, divonis pidana penjara sembilan tahun dan denda Rp 1 miliar subsidair enam bulan kurungan.

Putusan majelis hakim lebih ringan dari tuntutan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menuntut politikus PAN itu selama 13 tahun penjara denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

“Memutuskan dengan pidana penjara sembilan tahun dan pidana denda Rp 1 miliar,” kata Ketua Majelis Hakim Fasal Hendri saat membacakan sidang putusan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (26/4/207).

Tak hanya itu, majelis hakim yang dipimpin Hariono mengabulkan permintaan jaksa penuntut umum terkait pencabutan hak politik Andi. Sebagaimana pada sidang tuntutan sebelumnya, jaksa juga menuntut agar hak politik Andi dicabut.

Andi Taufan Tiro dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan terbukti secara bersama-sama melakukan korupsi sebagaimana dalam Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Andi Taufan Tiro terbukti menerima uang Rp 7,4 miliar dari Direktur PT Windhu Tunggal Utama Abdul Khoir dan dari Direktur Utama PT Martha Teknik Tunggal, Hengky Poliesar.

“Menerima sejumlah uang dari Abdul Khoir dan Hengky Poliesar yang seluruhnya berjumlah Rp 7.400.000.000 menimbang digunakan untuk kepentingan berlibur ke Eropa, umroh dan membiayai kegiatan internal,” kata Hakim Fasal Hendri.

Vonis tersebut lebih rendah dari tuntuta Jaksa Penuntut Umum yakni pidana penjara 12 tahun dan denda Rp 1 miliar.

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending