Triwulan Pertama 2017, Omzet Bank Sampah Tembus Rp700 Juta | Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Triwulan Pertama 2017, Omzet Bank Sampah Tembus Rp700 Juta

Published

on

MAKASSAR – Omzet program Bank Sampah menunjukkan trend yang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak, omzet setiap tahun mengalami perkembangan yang sangat signifikan.

Dari tahun 2015, Omzet bank sampah hanya mampu mencapai Rp 464.304.400 namun pada tahun 2016, omzet tersebut meningkat sangat pesat mencapai milyaran yakni Rp 1.564.652.300.

Pada tahun ini lebih menggiurkan lagi dimana omzet dalam tiga bulan sudah hampir mencapai milyaran rupiah yang terhitung mulai dari bulan januari hingga maret.

Pada bulan Januari, omzetnya sebesar Rp 227.680.530, Februari sebesar Rp 250.468.700 dan pada bulan Maret aebanyak 239.739.455. Untuk bulan April dan bulan berjalan, Direktur Bank Sampah Pusat, Saharuddin Ridwan mengaku sementara dalam proses rekap.

Melihat trend yang cukup baik tahun ini, Direktur Yayasan Peduli Negeri (YPN) itu meyakini akan mencapai omzet Rp3 miliar bahkan dirinya menarget minimal Rp5 miliar.

“Kita cukup optimis yah apalagi melihat kalau melihat antusiasme warga untuk mengembangkan bank sampah ini karna mereka sudah rasakan manfaatnya,” kata Sekretaris Timpro MTR itu, Indira re-lounching Makassar Green and Clean.

MAKASSAR — Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail re-lounching Makassar Green and Clean program Bank Sampah di kediamannya Jalan Amirullah, Jumat (19/5/2017).

Pada kesempatan itu, Indira sapaan akrabnya memberikan semangat kepada para pengurus atau pengelolah bank sampah terutama kepada para ibu rumah tangga untuk tetap konsisten menjaga kebersihan lingkungan.

“Jangan berpuas diri walaupun sudah banyak orang (Luar) yang datang belajar pengelolaan bank sampah di Makassar,” Kata Indira.

Walaupun demikian menurut Indira, masih banyak yang perlu disempurnakan. ” Kita tidak hanya mengejar dari sisi ekonominya tapi yang paling penting adalah lingkungannya karna ini untuk anak cucu kita,” lanjut Indira.

Dia berharap bahwa bank sampah tersebut terus dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat yang bermukim di lorong. (adv)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Sulsel

TNI-Polri Gelar Pasukan Persiapan Kunjungan JK di Gowa

Published

on

By

Makassartoday.com – Jajaran TNI Polri melaksanakan apel gelar pasukan yang digelar di Lapangan Syekh Yusuf Gowa dalam rangka pengamanan kunjungan kerja Wapres RI, Jusuf Kalla (JK) di Kampus Teknik Unhas, Sabtu (23/6/2016) pagi.

Orang nomor 2 di Indonesia itu diagendakan untuk meresmikan kampus Teknik Unhas yang berada di Jl Poros Malino, Km 16, Kecamatan Bontorannu, Kabupaten Gowa, Sulsel.

Apel gabungan dipimpin oleh Dandim 1409/Gowa Letkol Arh Nur Subekhi (Han) didampingi Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga SIK., MSi yang dihadiri Dan Den POM XIV/1 Mayor CPM Nur Rahman Tanang serta para perwira dari seluruh kesatuan.

Pada pelaksanaan apel gabungan tersebut Dandim Gowa dalam arahannya memberikan pesan kepada seluruh personil untuk selalu peka dan kewaspadaan adalah hal yang utama.

Dalam arahannya, Dandim Gowa menyampaikan kepada seluruh personil yang akan melaksanakan pengamanan agar meningkatkan kewaspadaan.

Tak hanya Dandim, arahan selanjutnya disampaikan oleh Kapolres Gowa yang dalam penekanannya mempertegas kepada seluruh personil untuk fokus pada pengamanan dan tidak statis.

“Meskipun pengamanan ini sudah sering dilaksanakan, namun kita harus selalu siap dalam memberikan pelayanan pengamanan yang terbaik,” ucap Shinto Silitonga. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Sulsel

Hari Ini Wapres JK Resmikan Gedung Teknik Unhas di Gowa

Published

on

By

Makassartoday.com – Baru beberapa hari meninggalkan Makassar usai open house hari raya Idul Fitri di kediamannya, Wapres Jusuf Kalla (JK) kembali tiba di Bandara Galaktika Lanud Hasanuddin, Jumat (22/6/2018).

Kali ini orang nomor dua di Makassar itu melakukan kunjungan kerja persemian gedung kampus Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) di Jl Poros Malino, Kabupaten Gowa, Sulsel.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs Umar Septono menyambut langsung kedatangan Wapres bersama rombongan.

Hadi pula Karo Ops Polda Sulsel Kombes Pol Stephen M.Napium, dan Pangkoopsau II Marsda TNI Fajar Prasetyo bersama Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti.

Pada saat kedatangan Wapres RI di Bandara Galaktika, Tampak Irjen Umar berjabat tangan menyambut kedatangan orang nomor dua di Republik Indonesia itu.

Sebelum ke Kabupaten Gowa, rombongan terlebih dahulu menuju kediaman pribadi Wapres RI di Jl Haji Bau, Kota Makassar. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Sulsel

Jelang Pilgub Sulsel, 4 Kecamatan di Gowa Dijaga Brimob Kelapa Dua

Published

on

By

Makassartoday.com – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel tinggal menghitung hari. Segara persiapan dalam rangka menjaga keamanan dilakukan pihak kepolisian.

Tak hanya melibatkan unsur aparat daerah, pengamanan Pilkada Serentak di Sulsel juga melibatkan personel dari Mabes Polri. Seperti pengamanan di wilayah Kabupaten Gowa.

Setidaknya satu kompi pasukan dari Brimob Kelapa Dua Mabes Polri diturjunkan di wilayah yang dikenal sebagai basis utama salah satu paslon gubernur itu.

Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, Jumat (22/6/2018) bahkan telah melakukan arahan langsung guna melakukan persiapan pergeseran ke titik lokasi pengamanan.

Mengawali pemberangkatan pasukan terlebih dahulu menerima arahan dari setap perwira pendamping tiap peleton selanjutnya menuju kendaraan yang telah disiapkan.

Adapun empat titik lokasi penempatan personil Brimob di antaranya Mako Polres Gowa, Polsek Bajeng, Tinggimoncong dan Polsek Bungaya.

Seluruh pasukan dibentuk dalam empat peleton dengan tugas yang berfariasi dan ditempatkan berdasarkan Rayonisasi Jajaran Polres Gowa. Hal ini bertujuan untuk dapat mengcover setiap Kecamatan yang berada dalam 4 rayon tersebut.

“Pasukan ini cepat kami geser dengan harapan seluruh personel dapat beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada, sekaligus dapat merangkul seluruh masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk dapat mendukung menciptakan Pilkada Damai di wilayah hukum Polres Gowa,” terang Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya