alterntif text
Women

Mudah Hidup Sehat dan Bahagia? Ini Caranya!

Bulan Mei adalah Bulan Kesehatan Wanita. Inilah saatnya untuk memperhatikan kesehatan Anda, para wanita.

Pakar dari Pusat Wanita Kesehatan UConn, di AS, menemukan tips berikut yang akan membantu Anda meningkatkan kesehatan dan mempertahankan kehidupan yang baik.

Berolahraga selama 30 menit sehari

“Hal nomor satu yang dapat dilakukan wanita untuk menjaga kesehatan mereka setiap hari,” kata Molly Brewer, ketua Departemen Obstetri dan Ginekologi di UConn Health.

Berolahraga 30 menit sehari tidak hanya akan memperbaiki kesehatan kardiovaskular, tetapi juga membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, indeks massa tubuh, dan menurunkan risiko Anda terkena kanker endometrium (rahim), kanker payudara, dan kanker usus besar, yang semuanya terkait dengan obesitas.

Selain itu, olahraga dapat menurunkan kelebihan hormon dalam tubuh, yang pada gilirannya menurunkan risiko kanker, seiring dengan tingkat stres.

Dengarkan tubuh Anda

Selama masa hidup seorang wanita, sejumlah kondisi dapat terjadi, termasuk endometriosis, kista ovarium, fibroid uterus, kanker payudara, atau kanker ginekologi seperti endometrium, serviks, atau ovarium.

“Sangat penting untuk berkonsultasi dengan ginekolog setiap tahun untuk pemeriksaan pencegahan potensi kanker secara dini, dan juga untuk melaporkan setiap tanda peringatan atau perubahan kesehatan yang mengkhawatirkan,” kata Luciano.

Tanda peringatan adalah perubahan dalam siklus haid Anda, pendarahan dan kembung yang tidak normal, kepayahan, dan perubahan yang membuat Anda tidak merasa seperti diri Anda sendiri.

Makan yang sehat

Mengonsumsi beragam buah dan sayuran bergizi dan berwarna setiap hari adalah kunci untuk mencegah dan menurunkan risiko Anda terkena kanker payudara dan kanker wanita lainnya yang didorong oleh obesitas.

“Wanita harus meminimalisir makanan olahan yang mereka makan dari sebuah kotak,” kata Alex Merkulov, seorang ahli radiologi di Beekley Imaging Center of Women’s Center di UConn Health.

“Makanan alami, utuh, dan segar selalu merupakan pilihan terbaik.”

Berhenti merokok

Merokok dapat menyebabkan kematian dini, penyakit jantung, serangan jantung dan stroke, penyakit paru-paru dan kanker lainnya. “Kanker yang disebabkan oleh merokok dapat dicegah jika Anda meletakkan rokoknya,” kata Brewer.

Periksa payudara Anda

Satu dari delapan wanita akan mengalami kanker payudara seumur hidup mereka. Namun kabar baiknya adalah, jika terdeteksi dini, bisa diobati secara efektif.

Dimulai pada usia 40, lakukan mammogram tahunan untuk memeriksa kesehatan payudara. Dan di antara mammogram, lakukan pemeriksaan payudara bulanan.

Dapatkan pap smear

Begitu seorang wanita menjadi aktif secara seksual, para ahli mengatakan bahwa dia harus pergi ke ginekolog untuk pemeriksaan panggul dan pemeriksaan pap smear secara reguler.

Perawatan prenatal untuk mempersiapkan kehamilan

Kehamilan dan bayi yang sehat dimulai dengan ibu hamil yang sehat.

“Fokus yang paling penting adalah kesehatan dan kesehatan wanita secara keseluruhan sebelum kehamilan agar memiliki kehamilan yang sehat,” kata Christopher Morosky, seorang ginekolog di UConn Health. Jika Anda berharap untuk hamil untuk pertama kalinya atau tidak, pastikan mengunjungi ginekolog untuk kunjungan pra-konsepsi.

Perawatan prenatal dini-termasuk mengkonsumsi asam folat, berhenti merokok, mencapai berat badan pra-kehamilan yang lebih sehat, menjaga diet harian yang baik, dan mengikuti rutinitas olahraga semuanya penting untuk kesuburan dan kehamilan yang sehat.

Dapatkan kolonoskopi

Kanker usus besar adalah penyebab kematian akibat kanker ketiga terbesar di kalangan wanita. “Pada usia 50, wanita perlu memastikan bahwa mereka mulai menjalani skriningkolonoskopi rutin mereka,” kata Brewer.

Mengetahui pertumbuhan polip usus besar yang abnormal dapat mencegah kanker berkembang atau menyebar lebih jauh. 

alterntif text

BAGIKAN:
alterntif text
loading...
Loading...
Comments

Terpopuler

loading...
To Top