alterntif text
Artikel

4 Tips Atasi Tidur Setelah Sahur

Tidur setelah sahur itu sudah jadi kebiasaan beberapa orang, akibat ngantuk yang tidak tertahankan. Tapi, itu adalah kebiasaan yang kurang baik bagi pencernaan maupun amalan kita karena bisa saja kita kebablasan tidur dan melewatkan waktu shubuh.

Untuk mensiasati ngantuk setelah sahur ada baiknya Anda menyimak 4 tips ini:

Harus cukup tidur di malam hari

Ngantuk tak tertahankan yang kita alami di saat sahur, mungkin disebabkan karena kita nggak cukup tidur saat malam. Jadi, sebisa mungkin, beres shalat tarawih dan mengaji, segeral beristirahat dan tak perlu melakukan hal-hal lain jika itu tidak penting dan tidak bermanfaat.

Makan secukupnya

Kita butuh bekal energi untuk seharian berpuasa. Tapi, begitu di depan meja makan saat sahur, maka makanlah secukupnya saja. Jika Anda terlalu bernafsu dan malah jadi bikin kenyak, maka berpotensi tertidur setelah sahur.

Mengakhirkan waktu sahur

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu berkata, “Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu melaksanakan shalat. Anas berkata, Aku bertanya kepada Zaid: “Berapa jarak antara adzan dan sahur ?”. Dia menjawab : ‘seperti lama membaca 50 ayat’” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadits tersebut, jarak antara sahur Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan shalat shubuh adalah sekitar 50 ayat atau menurut kesepakatan ulama sekitar 10 menit. Kalo kita melaksanakan sesuai sunnah Nabi, beres sahur kita nggak ada waktu buat ngantuk-ngantuk lagi, sob, karena udah dekat banget dengan waktu shubuh dan sudah selayaknya kita bersiap-siap melaksanakan sholat shubuh daripada tidur lagi.

Lakukan aktivitas setelah sahur

Biasanya karena tak ada kerjaan juga, jadi kita membiarkan diri sendiri tidur sehabis sahur. Jadi, pastikan bahwa setelah sahur ada yang kamu kerjakan, misalnya mengaji atau bersih-bersih diri sebelum shalat shubuh.

Semoga bermanfaat. (bs) 

alterntif text

BAGIKAN:
alterntif text
loading...
Loading...
Comments

Terpopuler

loading...
To Top