Indeks Keyakinan Konsumsen di Sulsel Meningkat | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

BISNIS

Indeks Keyakinan Konsumsen di Sulsel Meningkat

Published

on

MAKASSAR – Bank Indonesia (BI) menyebut adanya peningkatan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) untuk wilayah Sulsel pada April 2017, yakni 134,8 poin dibanding bulan sebelumnya.

“Dengan indikator tersebut, maka terjadi peningkatan ekonomi di Susel, dimana IKK tercatat 134,8 poin dibandingkan pada bulan sebelumnya dikisaran 122,3 poin maupun priode tahun sebelumnya di 127,1 poin,” ungkap Kepala BI Wilayah Sulsel Bambang Kusmiarso di Menara Bosowa, Senin (5/6/2017).

Bambang menambahkan, peningkatan IKK disebabkan optimisme terhadap kondisi ekonomi terlihat dari peningkatan dua komponen pembentukanya, yaitu kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi kondisi ekonomi 6 bulan kedepan.

Selain peningkatan IKK, peningakatan ekonomi Sulsel juga dapat dilihat dari Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tercatat masing-masing 136 dan 133,7 lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 119,7 dan 124,8.

alterntif text

Sejalan dengan itu, kata Bambang, kinerja perbankkan saat ini relatif baik secara umum disebabkan kinerja perbankkan di Sulsel pada April 2017, sehingga fungsi intermediasi juga berjalan dengan baik.

“Sementara di sektor kredit yang disalurkan pihak perbankkan pada April 2017 tercatat Rp105,29 triliun tumbuh di kisaran 8,24 petsen (yoy), pertumbuhan kredit tertinggi tercatat pada kredit konsumsi sebesar 14,34 persen (yoy), diikuti modal kerja yang tumbuh sebesar 9,22 persen (yoy).

Dia menambahkan, di bulan Mei 2017 Sulsel mengalami deflasi sebesar -0,24 persen, terjadi pada komponen volatle foods dan core, sedangkan administtered prices tercatat mengalami kenaikan harga.

“Meskipun secara umum mengalami deflasi terdapat beberapa komuditas yang mengalami kenaikan harga secara antara lain bawang merah, tarif listrik, daging ayam ras, telur ayam ras dan wortel,” urai Bambang.

Deflasi kelompok bahan makanan terutama didorong oleh penuruanan komuditas cabe rawit, tomat sayur, tomat buah, ikan layang, dan bawang merah.’Kata Bambang di menara Bosowa Makassar. (Rangga)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending