Lakukan Hal Ini Setelah Terima THR | Makassar Today
Connect with us

Artikel

Lakukan Hal Ini Setelah Terima THR

Published

on

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, ada hal yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja yakni Tunjangan Hari Raya (THR).

THR merupakan penghasilan tambahan di luar gaji bulanan. THR dapat digunakan oleh pegawai untuk dapat memanjakan keluarga mereka dengan membeli pakaian baru dan kebutuhan lainnya.

Namun, Anda harus pintar-pintar dalam mengelola THR agar Anda tetap memiliki pegangan usai berhari raya.

Tentukan prioritas

Idul Fitri menjadi momen untuk berkumpul dengan keluarga besar. Jika Anda memilih untuk mudik ke kampung halaman, maka Anda harus memprioritaskan untuk membeli tiket kereta api, pesawat, atau kapal laut.


Bayar zakat

Idul Fitri bukan sekedar momen bersilaturahmi, namun juga untuk berbagi kepada orang yang membutuhkan. Setiap umat Muslim wajib membayar zakat fitrah sebelum Lebaran.

Beli barang secara tunai

Jelang Lebaran banyak pusat perbelanjaan menawarkan promo atau cicilan. Namun, sebaiknya Anda jangan tergoda dengan tawaran menarik itu. Lebih baik beli barang secara tunai dengan THR yang Anda dapat.

Jangan sampai, Anda memiliki utang pasca Lebaran.

Liburan

Anda juga bisa memanfaatkan THR untuk berlibur jika uang yang Anda dapat masih tersisa. (*)

Advertisement
Comments

Artikel

Ini Alasan Mengapa Hujan Memiliki Aroma

Published

on

By

Makassartoday.com – Kadang-kadang, orang bisa merasakan wewangian, seperti wangi rumput segar yang baru dipotong, setelah hujan. Apa yang menyebabkan wangi setelah hujan?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabakan aroma hujan. Hal yang umum adalah uap minyak yang dikeluarkan oleh tanaman, bakteri, dan bahan kimia.

Bakteri yang menyebabkan aroma hujan adalah Actinomycetes, sebuah bakteri berserabut yang hidup di tanah yang lembap dan hangat dan dapat dijumpai di berbagai negara di seluruh dunia. Ketika tanah mengering,

bakteri menghasilkan spora. Ketika hujan, air yang menetes ke tanah membuat spora itu terangkat ke udara dan terhirup oleh manusia. Karena spora itu memiliki wangi yang khas, manusia yang menghirupnya pun

merasakan aroma. Aroma yang dihasilkan bakteri ini akan sangat terasa ketika hujan diikuti oleh kondisi terik.


Aroma yang serupa dihasilkan oleh uap minyak yang dikeluarkan tanaman. Minyak dari tanaman itu menempel di tanah dan batu. Air hujan bereaksi dengan minyak tersebut sehingga terbawa ke udara dalam bentuk gas

dan tercium oleh manusia.

Aroma khas hujan seperti ini sering dikemas dalam botol atau kaleng dan dijual sebagai pewangi ruangan.

Aroma hujan tidak selalu enak. Aroma hujan yang diakibatkan oleh asam di atmosfer menghasilkan wangi yang tidak enak. Bahan kimia hasil polusi udara yang ada di atmosfer bisa membuat hujam bersifat asam. Ketika

hujan ini bereaksi dengan bahan organik atau bahan kimia lain di tanah, muncullah aroma. Reaksi dengan bensin bisa membuat aroma lebih kuat. Hujan seperti ini sering terjadi di daerah berpolusi tinggi.

Tiga materi itulah yang paling umum. Masih ada lagi penyebab-penyebab lainnya yang membuat pengalaman orang berbeda-beda dalam membaui hujan. (*)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler