5 Tips Mudik Bagi Ibu Hamil | Makassar Today
Connect with us

Women

5 Tips Mudik Bagi Ibu Hamil

Published

on

Mudik ke kampung halaman jelang Lebaran merupakan tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Nah, bila mudik Lebaran kali ini Anda sedang hamil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap nyaman.

Psikolog Anna Surti Ariani menyarankan lima hal berikut agar ibu hamil tetap nyaman saat mudik, yakni:

1. Buat diri senyaman mungkin

Perjalanan panjang lebih dari empat jam perlu dipersiapkan dengan matang. Mulai dari pakaian hingga posisi duduk harus nyaman.

“Pakai pakaian yang nyaman, jangan terlalu panas, kalau dingin pakai jaket,” pesan psikolog yang akrab disapa Nina beberapa waktu lalu, ditulis Sabtu (17/6/2017).

Bila perlu, bawa barang yang bisa membuat nyaman, seperti boneka atau bantal untuk tidur.

2. Puasa boleh, asal…

Selama merasa diri kuat serta dokter kebidanan dan kandungan memperkenankan untuk puasa saat mudik, silakan. Namun, pastikan asupan air tercukupi pada saat sahur dan buka puasa.

3. Cari tahu lokasi nyaman untuk istirahat di perjalanan mudik

Bila mudik kali ini jauh dan menggunakan mobil, cari tahu di mana saja lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat. Manfaatkan berbagai tempat mudik nyaman bagi ibu hamil di titik rest area jalur pantura.

4. Lakukan berbagai hal yang menghibur

Macet dan ramai saat mudik kerap membuat suasana hati jadi buruk. Jika ini terjadi, coba lakukan hal-hal menghibur. Misalnya membuka foto-foto berisi kenangan manis dengan keluarga dan sahabat.

“Kenangan manis yang kita simpan membantu meningkatkan mood,” kata Nina

5. Bekerja sama dengan suami

Saat hamil, gerak fisik jadi lebih terbatas. Maka tak ada salahnya berkoordinasi dengan suami. Misalnya, meminta tolong membawakan koper atau sesuatu yang berat.


Advertisement
loading...
Comments

Women

Asupan Gizi Bagi Gadis Yang Sedang Beranjak Pubertas

Published

on

By

Kebutuhan asupan dalam tubuh gadis remaja meningkat saat mereka memasuki usia-usia pubertas. Produksi hormon yang juga meningkat membuat nafsu makan membuncah dan mereka mulai takut akan berat badan yang mengalami kenaikan.

Karena itu, anak-anak yang memasuki usia pubertas harus dipastikan tidak mengonsumsi makanan berlemak atau kaya akan MSG. Kebutuhan nutrisinya harus benar-benar diperhatikan.

kebutuhan nutrisi penting diperhatikan karena perubahan drastis akan dirasakan remaja putri dari tubuhnya. Berikut asupan nutrisi buat mereka.

Besi: Remaja putri yang mulai menstruasi rentan terhadap anemia atau kekurangan zat besi. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi daging tanpa lemak, kacang, bayam, dan telur.

Protein: Protein membantu menyempurnakan pertumbuhan tulang, organ, jaringan, serta bagian tubuh lainnya. Konsumsi salmon atau telur.

Kalsium: Remaja yang pubertas butuh sekitar 1.200 mg kalsium dalam sehari. Bisa didapat dari susu rendah lemak, keju, dan yogurt.

Air: Jangan lupakan kebutuhan air. Semakin aktif mereka, semakin besar kebutuhan akan cairan. (bs)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...