Kembalikan Gairah Kerja Usai Libur Panjang | Makassar Today
Connect with us

Artikel

Kembalikan Gairah Kerja Usai Libur Panjang

Published

on

Libur lebaran akan berakhir sebentar lagi, mayoritas pekerja tentunya akan kembali beraktivitas seperti biasa. Baik karyawan swasta, buruh hingga PNS akan kembali melaksanakan tugasnya masing-masing pekan depan.

Akan tetapi, tidak semua pegawai dapat langsung kembali bekerja seperti biasanya. Karena, masih terikat dengan suasana liburan bersama keluarga yang menyenangkan serta menguras energi dan yang akhirnya membuat seseorang menjadi malas untuk bekerja.

Kalau sudah begitu, produktivitas kerja pun menurun. Bila dibiarkan berlarut-larut, bisa membahayakan karier pekerja.

Nah, daripada sindrom malas bekerja itu menimpa Anda saat kembali ke kantor, ada baiknya Anda mengikuti beberapa rangkuman tips untuk mengembalikan semangat kerja yang bersumber dari Jobstreet dan Forbes.

Pertama, berpikir positif. Rasa malas pergi ke kantor pada hari pertama kerja biasanya timbul karena adanya pikiran negatif. Untuk mangatasi masalah itu, lawanlah dengan pikiran positif. Artinya Anda harus menstimulus atau memikirkan hal-hal positif di kantor yang dapat memompa semangat kerja.

Misalnya dengan melakukan perubahan kecil-kecil. Contohnya dengan mengubah wallpaper di ponsel dan layar laptop Anda dengan gambar atau foto yang membakar semangat.

Kedua, menciptakan suasana hangat dan bersosialisasi. Salah satu alasan orang ingin datang ke kantor selain bekerja adalah bertemu dengan rekan kerja. Berikanlah senyum hangat dan terlebar Anda kepada rekan kerja di hari pertama masuk kantor.


Bahkan, jika memungkinkan berbagilah cerita tentang pengalaman menyenangkan selama liburan atau cenderamata ke mereka. Dengan demikian, suasana kerja menjadi hangat, Anda pun semangat untuk bekerja kembali.

Ketiga, buat perencanaan kerja dan analisa. Beberapa hari sebelum masuk kerja sebaiknya Anda membuat rencana kerja yang harus diselesaikan, mulai dari hari pertama kerja sampai beberapa minggu ke depan. Nah, bila sudah tersusun rencana tersebut buatlah analisa. Maksudnya, Anda mengulas lagi pekerjaan yang sudah dilakukan.

Sampai sejauh mana perkembangannya dan apa masalahnya. Dengan begitu, Anda dapat menyusun strategi untuk menyelesaikan pekerjaan dalam beberapa waktu ke depan.

Keempat, buatlah prioritas dan fokus. Ketika Anda sudah mempunyai daftar tugas beserta analisanya, maka langkah selanjutnya adalah menyusun prioritas. Pilih pekerjaan mana yang lebih penting dan harus diselesaikan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda lebih mengutamakan tugas remeh-temeh yang deadline-nya masih jauh, dibanding pekerjaan utama yang harus diselesaikan.

Fokuslah dalam mengerjakan tugas prioritas tersebut. Dengan demikian, ketika hari pertama masuk kantor Anda dapat membuat waktu bekerja lebih produktif dan efisien.

Kelima, jaga kesehatan. Keempat tips di atas tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan jiwa dan raga Anda yang sehat. Oleh karena itu, selama liburan usahakan Anda menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat dan rileks. Caranya adalah dengan menjaga asupan nutrisi tubuh dan isitirahat yang cukup. (*)

Advertisement
Comments

Artikel

Ini Alasan Mengapa Hujan Memiliki Aroma

Published

on

By

Makassartoday.com – Kadang-kadang, orang bisa merasakan wewangian, seperti wangi rumput segar yang baru dipotong, setelah hujan. Apa yang menyebabkan wangi setelah hujan?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabakan aroma hujan. Hal yang umum adalah uap minyak yang dikeluarkan oleh tanaman, bakteri, dan bahan kimia.

Bakteri yang menyebabkan aroma hujan adalah Actinomycetes, sebuah bakteri berserabut yang hidup di tanah yang lembap dan hangat dan dapat dijumpai di berbagai negara di seluruh dunia. Ketika tanah mengering,

bakteri menghasilkan spora. Ketika hujan, air yang menetes ke tanah membuat spora itu terangkat ke udara dan terhirup oleh manusia. Karena spora itu memiliki wangi yang khas, manusia yang menghirupnya pun

merasakan aroma. Aroma yang dihasilkan bakteri ini akan sangat terasa ketika hujan diikuti oleh kondisi terik.


Aroma yang serupa dihasilkan oleh uap minyak yang dikeluarkan tanaman. Minyak dari tanaman itu menempel di tanah dan batu. Air hujan bereaksi dengan minyak tersebut sehingga terbawa ke udara dalam bentuk gas

dan tercium oleh manusia.

Aroma khas hujan seperti ini sering dikemas dalam botol atau kaleng dan dijual sebagai pewangi ruangan.

Aroma hujan tidak selalu enak. Aroma hujan yang diakibatkan oleh asam di atmosfer menghasilkan wangi yang tidak enak. Bahan kimia hasil polusi udara yang ada di atmosfer bisa membuat hujam bersifat asam. Ketika

hujan ini bereaksi dengan bahan organik atau bahan kimia lain di tanah, muncullah aroma. Reaksi dengan bensin bisa membuat aroma lebih kuat. Hujan seperti ini sering terjadi di daerah berpolusi tinggi.

Tiga materi itulah yang paling umum. Masih ada lagi penyebab-penyebab lainnya yang membuat pengalaman orang berbeda-beda dalam membaui hujan. (*)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler