Benarkah Pil KB Picu Kanker Payudara? | Makassar Today
Connect with us

Women

Benarkah Pil KB Picu Kanker Payudara?

Published

on

Mengonsumsi pil KB ternyata dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara, menurut hasil penelitian terbaru Universitas Michigan, Amerika Serikat.

Menurut penilitian tersebut, pil KB dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan progesteron sintetis sampai empat kali lipat. Keduanya diyakini memainkan peranan penting dalam menstimulasi pertumbuhan kanker payudara.

Itulah mengapa beberapa pasien kanker payudara dianjurkan melakukan terapi hormon untuk menghambat pengaruhnya terhadap sel kanker.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa sampel darah yang diambil dari wanita pengonsumsi pil KB mengandung kadar hormon lebih banyak daripada wanita yang tidak mengonsumsinya.

Dan, ditemukan empat kali lipat kadar progestin, versi sintesis hormon progesteron, dalam empat dari tujuh formulasi yang diteliti.

Formulasi lain juga menunjukkan bahwa paparan pada etinilestradinol, versi sintetis hormon estrogen, pada wanita yang mengonsumsi pil KB 40 persen lebih tinggi.

Kepala peneliti Beverly Strassmann meminta perusahaan obat membuat pil KB yang tidak memberikan kontribusi terhadap meningkatnya risiko kanker payudara.

“Selama beberapa generasi, tidak banyak perubahan yang terjadi pada obat ini, dan mengingat betapa banyaknya orang yang mengonsumsi pil KB di seluruh dunia, yang berjumlah jutaan, industri farmasi seharusnya tidak tinggal diam,” kata Stassmann. (*)


Advertisement
loading...
Comments

Women

Asupan Gizi Bagi Gadis Yang Sedang Beranjak Pubertas

Published

on

By

Kebutuhan asupan dalam tubuh gadis remaja meningkat saat mereka memasuki usia-usia pubertas. Produksi hormon yang juga meningkat membuat nafsu makan membuncah dan mereka mulai takut akan berat badan yang mengalami kenaikan.

Karena itu, anak-anak yang memasuki usia pubertas harus dipastikan tidak mengonsumsi makanan berlemak atau kaya akan MSG. Kebutuhan nutrisinya harus benar-benar diperhatikan.

kebutuhan nutrisi penting diperhatikan karena perubahan drastis akan dirasakan remaja putri dari tubuhnya. Berikut asupan nutrisi buat mereka.

Besi: Remaja putri yang mulai menstruasi rentan terhadap anemia atau kekurangan zat besi. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi daging tanpa lemak, kacang, bayam, dan telur.

Protein: Protein membantu menyempurnakan pertumbuhan tulang, organ, jaringan, serta bagian tubuh lainnya. Konsumsi salmon atau telur.

Kalsium: Remaja yang pubertas butuh sekitar 1.200 mg kalsium dalam sehari. Bisa didapat dari susu rendah lemak, keju, dan yogurt.

Air: Jangan lupakan kebutuhan air. Semakin aktif mereka, semakin besar kebutuhan akan cairan. (bs)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...