alterntif text
Tekno

PS5 Bakal Sajikan Spesifikasi Kelas “Dewa”

Desas-desus seputar konsol PlayStation 5 (PS5) kembali menyeruak. Terbaru, spesifikasi konsol teranyar besutan Sony itu bocor di ranah maya. Bahkan, PS5 pun dijanjikan dengan spesifikasi kelas “dewa”, salah satunya dengan menggunakan kartu grafis paling canggih.

Merujuk dari spesifikasi yang beredar, PS5 kabarnya akan mengusung dapur pacu yang setara dengan PC gaming senilai belasan juta Rupiah. Bayangkan saja, jika PS4 sudah ditopang spesifikasi jempolan, bagaimana dengan performa PS5?

PS5 disebut tak akan lagi menggunakan kartu grafis yang tertanam dengan prosesor yang dipakai atau APU (Accelerated Processing Unit).

Sebagai ganti, PS5 akan mengusung kartu grafis yang nanti akan dipasang terpisah dengan prosesor layaknya pada PC gaming. Kartu grafis yang akan dipakai disebut-sebut akan memiliki performa setara dengan Nvidia Geforce GTX 1070 atau AMD Vega. Dan sebagai perbandingan, kartu grafis Geforce GTX 1070 dibanderol di kisaran Rp 6 jutaan.

Jika rumor tersebut benar terbukti, PS5 akan menjadi konsol dengan spesifikasi tercanggih dalam sisi grafis. Tak cuma itu, VGA (Video Graphics Array) terbaru yang ada di konsol ini juga akan menjadi jendela baru untuk gim-gim berbasis teknologi VR (virtual reality).

Belum bisa dipastikan kapan PS5 akan meluncur. Namun sebagai informasi, life cycle dari konsol video gim sejatinya memiliki masa yang cukup panjang.

Contohnya, lihat masa transisi PS3 ke PS4. Butuh waktu sekitar tujuh tahun agar Sony bisa mempersiapkan peluncuran PS4 pada 2013. Jadi, dengan kata lain, Sony bisa saja akan merilis konsol teranyarnya tujuh tahun kemudian pada 2020. (*) 

alterntif text

BAGIKAN:
alterntif text
loading...
Loading...
Comments

Terpopuler

loading...
To Top