Bapeten Dorong Pemanfaatan Teknologi Nuklir di Sektor Industri | Makassar Today
Connect with us

BISNIS

Bapeten Dorong Pemanfaatan Teknologi Nuklir di Sektor Industri

Published

on

MAKASSAR – Pemanfaatan teknologi nuklir di sektor Industri memiliki potensi yang sangat luas, namun sayangnya belum banyak diaplikasikan manfaatnya di tanah air.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Jazi Eko Istiyanto, saat menjadi pembicara di acara seminar Nasional Cybesecurity untuk keselamatan dan keamanan nuklir, di STIMIK Dipanegara Makassar, Jumat (11/8/2017).

“Pemanfaat tenaga nuklir di sektor Industri tanah air masi berkisar 30 persen. Jika dibidangkan dengan sektor medik sudah 60 persen. Sedangkan selebihnya digunakan untuk tujuan penelitian,” jelasnya.

Padahal, kata dia, tenaga nuklir nyatanya dapat dimanfaatkan sebagai energi listrik yang murah melalui Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

“Kenapa masi minim, sebab masyarakat banyak yang tidak tahu mengenai manfaat tenaga nuklir sehingga begitu mendengar kata nuklir langsung dianggap suatu hal yang berbahaya,” ujarnya.

Untuk itu, Jazi mengharapkan perlu adanya edukasi terkait pemanfaatan dan pengawasan tenaga nuklir di Indonesia, baik oleh kalangan universitas maupun oleh Bapeten dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang nuklir kepada masyarakat.

“Termasuk menjelaskan bahwa dalam rangka mendukung perkembangan Industri dibutuhkan pasokan listrik yang sangat besar yang hanya dapat dipenuhi dengan energi nuklir,” kuncinya. (Rangga)


Advertisement
loading...
Comments

BISNIS

Operasi Pasar Bulog Lepas 33 Ton Beras Medium

Published

on

By

Makassartoday.com – Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Sulselbar mengelar operasi pasar. Operasi pasar beras medium ini dihargai Rp9 ribu/Kg. Operasi pasar ini di tujukan di 10 pasar di Makassar dengan jumlah 33 Ton beras.

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kemendag Kasan, yang melepas operasi pasar mengatakan beras medium ini segera bisa di salurkan di salurkan di sejumlah pasar dengan tepat sasaran. Ia meminta paling lambat hingga maret semua beras bisa di salurkan

“Kami harap operasi pasar ini segera di salurkan di sejumlah pasar tradisional di Sulsel dan Sulbar. Kami pastikan selesai hingga maret,” Kata Kasan di Gudang Bulog Makassar Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Jumat (12/1/2018).

Sementara itu, Wakil Kepala Bulog Sulselbar Lusiyana Gobel mengatakan stok beras yang ada di gudang bulog Makassar sebanyak 33 ton beras, dengan jumlah ini sangat aman hingga memenuhi kebutuhan masyarakat berapapun.

“Kami ada stok di gudang bulog Makassar 33 ton, sangat aman dan memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Lusiyana Gobel di Gudang.

Hingga kini operasi pasar beras medium ini akan terus di gelar di sejumlah pasar tradisional di Sulselbar. Pihak bulog menjamin kebutuhan dan harga beras bisa stabil dengan operasi pasar ini. (Hajji Taruna)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...