Nasional

Nurdin Halid Diundang Jadi Pembicara di Forum Koperasi Asia di Filipina

MAKASSAR — Presiden Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Nurdin Halid, diundang sebagai pembicara utama pada forum koperasi Asia Pasifik di Manila, Filipina, 6-7 September mendatang.

Wakil Presiden Koperasi Asia Pasifik ini diundang untuk membeberkan trik jitu membangun koperasi sebagai pondasi ekonomi negara di depan Forum Koperasi ASEAN yang akan dihadiri pakar, praktisi, dan petinggi lembaga ekonomi dari berbagai negara se-Asia.

Forum ini dikemas dalam Pertemuan Pengembangan Koperasi ASEAN yang diselenggarakan bersama International Co-operative Alliance – European Union (ICA-UE).

Tujuan pertemuan tersebut adalah untuk mempertemukan para ahli dan pakar pembangunan koperasi untuk berkoordinasi, meningkatkan, dan memperluas jaringan kerja mereka dalam mengimplementasikan program Sasaran Pembangunan Berkelanjutan yang digagas melalui “Sustainable Development Goals (SDGs)”.

Pertemuan ini secara khusus akan membahas kebutuhan untuk mengukur dan melaporkan kontribusi koperasi menuju pencapaian tujuan SDGs.

Adapun penekanan sektoral terhadap pertemuan tersebut adalah sektor pertanian, koperasi keuangan dan kemitraan, serta SDGs.

Sasarannya adalah pengentasan kemiskinan dan kelaparan yang melanda negara-negara miskin, serta kerja sama koperasi dalam membangun perekonomian Asia Pasifik.

Nurdin Halid yang juga Ketua Harian Partai Golkar dan Calon Gubernur Sulsel ini mengatakan, dirinya diundang untuk memberikan pemikiran dan trik dalam membangun koperasi yang mandiri serta koperasi yang mampu menjadi basis perekonomian suatu negara.

“Insya Allah saya akan hadir karena pengalaman saya di koperasi selama ini sangat dibutuhkan oleh bangsa-bangsa Asia,” kata Nurdin Halid yang juga plt Ketua DPD Golkar Sulsel.

Sementara, pihak panitia mengaku sangat membutuhkan kehadiran Nurdin Halid untuk membagikan pengalaman atau trik jitu membangun koperasi.

Nurdin Halid dianggap sebagai sosok yang mampu memberikan inspirasi berkoperasi bagi negara lain. Dia juga dinilai mampu mempersatukan koperasi Indonesia dan menjadikan koperasi sebagai basis ekonomi kerakyatan.

Balu Iyer, Direktur Regional Aliansi Koperasi Internasional Asia dan Pasifik, dalam suratnya mengaku sangat berharap agar Nurdin Halid juga memberikan trik khusus bagaimana mengelola koperasi agar mampu menjadi pusat niaga di masyarakat bawah.

Balu juga berharap Nurdin Halid memberikan trik jitu bagaimana mendatangkan dan mengelola penyertaan dana di koperasi agar terus berkembang dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (Ibe) 

alterntif text

BAGIKAN:
alterntif text
loading...
Loading...
Comments

Terpopuler

To Top