Google Uji Coba Aplikasi Search Versi Ringan | Makassar Today
Connect with us

Internet

Google Uji Coba Aplikasi Search Versi Ringan

Published

on

JAKARTA – Google kian serius menggarap pasar negara berkembang. Hal itu ditunjukkan dari laporan terbaru yang menyebut perusahaan tengah melakukan uji coba aplikasi terbaru untuk perangkat Android.

Aplikasi anyar yang dimaksud adalah Google Search versi ringan (Lite). Maksudnya, aplikasi ini mampu menghemat konsumsi data, baik dari sisi kuota internet maupun penyimpanan di perangkat.

Meski memiliki performa yang lebih ringan, aplikasi ini tetap mampu menjalankan sejumlah fungsi umum yang hadir pada versi standar. Beberapa fungsi yang tersedia di aplikasi ini adalah weather, translate, dan news. Aplikasi ini juga telah mendukung perintah suara.

Sama seperti aplikasi Google Search versi biasa, aplikasi ini juga memiliki peramban yang dapat digunakan untuk membuka situs eksternal. Mengingat hadir sebagai aplikasi yang ramah data, hampir dapat dipastikan seluruh fungsi itu tak akan menghabiskan banyak kuota internet.


Sayangnya, Google enggan memberi tanggapan terkait keberadaan aplikasi. Kendati demikian, laporan Android Police menyebut sejumlah pengguna yang terdaftar di Indonesia sudah dapat mencoba aplikasi ini.

Sebagai informasi, Google memang tengah menggeber pasar negara berkembang dengan aplikasi ramah konsumsi data. Hal ini dilakukan mengingat akses internet di beberapa wilayah tersebut belum stabil dan cepat.

Sebelumnya, raksasa mesin pencari itu meluncurkan aplikasi YouTube Go untuk pengguna di India. Saat gelaran Google I/O 2017, Google juga memperkenalkan Android Go.

Menurut Sameer Samat, VP Product Management Android, Android Go adalah versi ‘ringan’ dari Android O yang dikhususkan beroperasi pada perangkat Android dengan harga terjangkau. Konsep ini mirip dengan Android One yang telah diperkenalkan lebih dulu.

Advertisement
Comments

Internet

XL Luncurkan Xtra Kuota 30 GB Rp10 Ribu

Published

on

By

Makassartoday.com – Operator seluler XL Axiata kini resmi menambah jajaran paket datanya dengan merilis Xtra Kuota 30GB dan dibanderol sebesar Rp10 ribu saja.

General Manager (GM) Sales Operation Sulawesi Area, Ivan Priyahutama mengatakan, bahwa paket Xtra Kuota ini merupakan solusi terbaik bagi pengguna kuota.

Promo baru dari XL ini, kata dia, merupakan pemenuhan kebutuhan pelanggan atas kuota data juga terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya aktivitas produktif yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan data untuk mengakses internet.


“Paket Xtra Kuota kami luncurkan sebagai solusi terbaik yang kami tawarkan atas tingginya permintaan kuota data oleh pelanggan. Dengan paket ini, pelanggan menjadi lebih , simple, fleksibel dan hemat dalam mendapatkan tambahan kuota data di seluruh jaringan (2G/3G & 4G). Kami menyadari, dengan semakin luasnya jangkauan layanan data berkualitas, termasuk 4G LTE dan 4.5G, maka akan semakin meningkat pemanfaatan layanan data oleh masyarakat. Hal inilah yang mendorong permintaan atas kuota data terus meningkat.” jelasnya, Rabu (24/1/2018).

Paket “Xtra Kuota” yaitu tambahan kuota sebesar 30GB hanya dengan harga Rp
10 ribu yang bisa dinikmati selama satu bulan. (Hajji Taruna)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler