Tergiur Promo Murah, 76 Calon Jemaah Umrah Kena Tipu - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Tergiur Promo Murah, 76 Calon Jemaah Umrah Kena Tipu

Published

on

MAKASSAR – Kasus penipuan berkedok jasa perjalanan ibadah umrah kembali terjadi. Kali ini dua pimpinan PT Arca Perkasa pengelola resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak penyidik Polda Sulsel.

Kedua tersangka, masing-masing, MAuch Arsad, SE selaku direktur serta Haryadi,S.pd selaku komisaris. Penetapan keduanya setelah polisi menerima laporan Heni katily sebagai pihak CV Madini Sejahtera Tour and Travel. Adapun kedua tersangka diketahui sebelumnya memberikan promo jasa perjalanan umrah dengan harga Rp14 juta per orang.

Dalam laporannya disebutkan bahwa perusahaan jasa perjalanan umrah kedua tersangka telah menerima uang sebesar Rp 1.080.000.000, untuk 76 orang calon jemaah umroh dari berbagai daerah dan akan diberangkatkan pada Mei 2015 lalua.

“Pelapor ini bekerja sama dengan perusahaan milik kedua tersangka. Menurut pelapor uang itu sudah diserahkan ke perusahaan tersangka, namun saat waktu yang dijanjikan, tersangka tak juga memberangkatkan 76 jemaah yang sudah mendaftar,” jelas Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, Selasa (12/9/2017).

alterntif text

Selanjutnya plapor tetap mendesak tersangka untut membrangkatkan 76 jemaah, namun tersanka hanya bersedia mengembalikan uang jemaah dengan cara mengangsur.

Disebutkan pula bahwa tersangka menggunakan pola subsidi silang untuk membrangkatkan jemaah umroh dari daerah lain atau jemaah yang sudah mendaftar lebih dulu.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka dijerat kasus pidana penipuan dan penggelapan atau bersama sama dan turut serta melakukan pidana kaitan jemaah umroh, pasal 378 dan atau 372 jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Tak hanya itu, perusahaan tersangka juga dilaporkan dua korban lainnya di Mapolres Bone serta satu laporan di Polestabes Makassar.

Selain kedua tersangka, Polda Sulsel juga menyita barang bukti setoran umrah, 76 tiket palsu plynas serta daftar jemaah umrah. (askay khan/foto:ilustrasi)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending