Sering Lupa Hal-hal Kecil? Mungkin Ini Alasannya | Makassar Today
Connect with us

Health

Sering Lupa Hal-hal Kecil? Mungkin Ini Alasannya

Published

on

Saat melakukan perjalanan, kita mungkin masih mengingat mobil, bus, atau kereta yang kita tumpangi. Tapi apakah kita ingat semua jalan atau mobil lain yang kita lintasi? Mengapa kita hanya mengingat fakta-fakta tertentu saja dan lupa terhadap hal kecil?

Kita cenderung lupa atau tidak bisa mengingat detail informasi yang kita lihat karena otak kita menganggap data tersebut tidak penting. Otak dikatakan hanya peduli pada informasi besar yang secara konstan ada dan bersifat tetap, dan tidak fokus pada informasi kecil yang dapat berubah atau berbeda setiap waktu.

Lila Davachi, seorang nueroscientist dan profesor di Universitas New York, berkata otak bekerja secara otomatis pada sistem tarik-menarik antara kegiatan mempelajari dan mengingat informasi kecil untuk kemudian menggabungkan informasi-informasi tersebut pada satu pengalaman yang mirip yang akan diingat manusia.


Oleh karena itulah, manusia lebih mudah mengingat hal besar dibanding hal-hal kecil. Begitupun saat manusia mengakses informasi kecil, informasi kecil yang tersamar tersebut akan lebih mudah “terpanggil” bila ada kemiripan dengan ingatan kecil manusia yang lain.

Menurut Lila, otak menganggap semua informasi kecil yang kita miliki sebagai pengetahuan, yang pada satu waktu tertentu akan terpakai oleh manusia. Penelitian Lila menegaskan bahwa otak bekerja setelah tidur. Kegiatan otak tersebut adalah sesuatu yang tidak bisa manusia kontrol. Pada saat tidur, otak memperbaharui informasi dan menambahkan di ingatan manusia bila informasi tersebut berguna.

Penelitian ini juga mengungkap, dua bagian otak yang berperan dalam mengasimiliasi informasi spesifik menjadi satu pengetahuan yang lebih luas.

Hippocampus, area di otak yang berhubungan dengan masuknya informasi baru, dikatakan yang paling berperan dalam menjaga pemisahan antara ingatan satu dan lainnya, yang kemudian diolah kembali oleh hippocampus menjadi satu informasi baru yang diterima manusia. (bs)

Advertisement
Comments

Women

Mengenal Ciri Wanita Yang Ingin Menikah!

Published

on

By

Makassartoday.com – Wanita adalah makhluk misterius yang sulit ditebak. Dari mulut, mereka mengatakan “Iya” tapi di hati mereka mengatakan “Tidak”. Jadinya kamu yang bingung.

Sudah bukan pertanyaan lagi kalau wanita lebih cepat ingin menikah dibanding pria. Bukan berarti kamu bisa cuek saja apalagi kalau kamu sudah dalam hubungan yang serius. Menunda terlalu lama tidak baik untuk sebuah hubungan karena akan menimbulkan konflik yang berkepanjangan.

Kalau kamu belum punya pasangan dan sudah siap untuk menikah, jangan khawatir. Tidak perlu agresif dalam mendekati para wanita. Justru kalau pria terlalu agresif, membuat wanita tinggi hati. Mereka akan berusaha untuk jual mahal. Bisa-bisa kamu bakalan ditolak mentah-mentah. Caranya mudah. Cukup mengamati jawaban dari bahasa tubuh mereka saja.

Kalau kamu melihat gerak-gerik berikut pada setiap wanita, siap-siaplah bertindak. Selamat membaca!

1. Mulai sering upload foto anak kecil atau foto bersama anak kecil di media sosial.

Jika kamu sudah siap untuk menikah namun belum ketemu pasangan, jangan galau! Banyak jalan menuju Arab. Salah satunya dengan memperhatikan foto teman-teman wanita kamu di media sosial terutama BBM. Biasanya, setiap hari para wanita akan mengganti foto profil namun setiap hari juga foto yang diganti ada anak kecilnya. Kalau kamu melihat tanda seperti itu, berarti sang wanita menitipkan pesan “Aku mau nikah.”

Kalau sudah punya hubungan dengan wanita itu, maka kamu jangan pura-pura lugu dan tidak tahu. Segera datangi orang tuanya dan minta untuk menikah. Kadang-kadang wanita tidak mau memberitahukannya.

2. Mulai sering membicarakan tentang pernikahan.

Sedang ngumpul-ngumpul bersama teman-teman pasti sering tema pembahasan tentang pernikahan. Itu juga tanda lho! Orang-orang itu udah kepengen kali untuk menikah. Bagi wanita dan pria, kalian harus jeli. Ini adalah peluang emas untuk menggaet pasangan karena kalian sedang berada di komunitas yang kepengen menikah segera.


3. Mulai nonton atau baca tentang hal-hal yang berbau pernikahan.

Kalau jumpa wanita di toko buku yang sedang melihat-lihat buku tentang pernikahan atau jumpa di toko kaset, boleh langsung tanya “Mau nikah, dek ya?” Mudah-mudahan tidak ditabok sama buku, ya. Kalau ditabok, anggap aja sebagai awal sebuah hubungan perkenalan. Minta nomor HP, pin BBM, dan langsung PDKT. Jangan tunggu lama karena proses untuk wanita dengan tanda-tanda seperti itu, akan cepat proses jadiannya. Langsung ajak nikah.

4. Mulai sering update status tentang cinta di media sosial.

Coba perhatikan status wanita-wanita di media sosial Facebook dan BBM. Pasti akan banyak sekali yang menuliskan status galau atau memasang foto kata-kata motivasi tentang pernikahan. Jangan dianggap biasa aja! Sebenarnya mereka tidaklah galau tetapi sedang menyampaikan sebuah sandi rahasia “Aku mau nikah, aku mau dilamar.” Jangan mikir lagi! Langsung PING aja wanita itu dan ajak nikah.

5. Mulai sering datang di acara pernikahan teman.

Ada undangan pernikahan dari teman. Kamu harus datang karena di sana kamu akan mendapatkan banyak sekali wanita-wanita yang siap untuk dilamar. Seperti orang jaman dulu, sering dapat jodoh pada saat pesta pernikahan orang lain. Tandanya mudah. Tinggal lihat saja wanita yang datang tidak dengan pasangannya. Itulah dia, sang wanita yang mulai ingin menikah.

Salah satu alasan wanita-wanita ini datang pada saat pernikahan teman adalah supaya tidak enak telah diundang, menyambung silaturrahmi, tapi sebenarnya ada alasan lain yang disembunyikan yaitu supaya sang wanita diperhatikan oleh para pria yang jomblo di pesta itu, didekatin, dan pada akhirnya diajak nikah.

Ini hanyalah penelitian non ilmiah dan pernah dipresentasikan di hadapan ratusan orang bagi sepuluh di grup media sosial rahasia. Kalau benar, Alhamdulillah. Kalau salah, ya sudah.

(Sumber: hipwee)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler