VIDEO: Insiden Peringatan Sumpah Pemuda Depan Kampus Unismuh | Makassar Today
Connect with us

Sulsel

VIDEO: Insiden Peringatan Sumpah Pemuda Depan Kampus Unismuh

Published

on

MAKASSAR – Peringatan Hari Sumpah Pemuda tak hanya diperingati dalam bentuk seremonial namun juga dalam bentuk aksi unjuk rasa.

Seperti yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Belasan mahasiswa smenggelar aksi dalam rangka merefleksi perjuangan pemuda untuk mengembalikan kedaulatan bangsa yang bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda, Sabtu (28/72017), hari ini.

Aksi yang sebelumnya berjalan tertib. Namun aksi berubah tegang setelah salah satu dari demonstran diamankan petugas kepolisian lantaran diduga melakukan profokasi.

Insiden saling dorong kemudian terjadi antara demonstran dengan petugas kepolisian, lantaran menolak rekan mereka diamankan. Aksi kembali berjalan tertib setelah sejumlah mahasiswa menenangkan rekannya yang lain.

Dalam orasinya, mahasiswa menyampaikan bahwa pemida sejatinya adalah pemangku perubahan menuju ke arah yang lebih baik, dengan semangat yang menggebu-gebu juga pola fikir yang kritis, pemuda dapat mengubah dunia.

“Tak ayal, dalam dunia perpolitikan pemuda juga ikut andil di dalam penentuan akan dibawa kemana bentuk politik suatu negara,” ujar salah seorang demonstran dalam orasinya.

Mereka juga menuntut pemerintah untuk mencabut Undang-undang Perguruan Tinggi No. 12 tahun 2012, karena tidak sejalan dengan filosofi bangsa, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan stop komersialisasi pendidikan. (Rusdi)

Video :

Jika Pemilihan Gubernur Sulsel digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Jika Pilwalkot Makassar digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Advertisement

Comments

Sulsel

Deng Ical Kumpulkan Pejabat Pemkot Makassar, Bahas Ini!

Published

on

By

Makassartoday.com – Usai Memimpin Apel Pagi, di Halaman Kantor Balaikota Makassar, Senin (19/2/2018), Plt Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI, langsung mengumpulkan seluruh Asisten, Kepala SKPD, Camat dan Lurah, di Ruangan Sipakalebbi.

Dalam kesempatan tersebut, Deng Ical membahas terkait Netralitas PNS dan kesiapan perangkat kerja Kota Makassar dalam menjalankan tugas masing-masing selama dirinya memimpin Plt Wali Kota.

“ASN harus betul-betul netral di Pilkada karena itu menjadi contoh bagi masyarakat. Selain itu, kita harus fokus menjalankan semua program-program yang sudah ada,” kata Deng Ical.

Ia juga menekankan tiga tugas dan fungsi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak bisa di pisahkan satu dengan yang lainnya. 

“Pertama fungsi ASN itu pelaksana aturan perundang-undangan termasuk norma-norma konvensi, kedua itu melayani masyarakat dan ketiga itu fungsi utama ASN itu menjadi perekat kesatuan dan persatuan sosial. Itu harus ASN yang di depan,” kata pria berlatar doktor kebijakan publik itu.

“Jadi tidak boleh ada PNS atau ASN yang justru jadi trouble meker karena tugas ASN itu betul betul sebagai perekat,” tambahnya. (*)

Jika Pemilihan Gubernur Sulsel digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Jika Pilwalkot Makassar digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler