Fasilitasi Investor, Bekraf Seleksi Project Film di Makassar | Makassar Today
Connect with us

Film

Fasilitasi Investor, Bekraf Seleksi Project Film di Makassar

Published

on

MAKASSAR – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan pre event Akatara berupa forum diskusi dengan tajuk Investasi Dunia Film di Grand Clarion Hotel Makassar, Kamis (2/11/2017).

Roadshow Akatara ini, sebagai pitching forum dan match making antara film makers (pembuat film) dari project film dengan investor. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan perlombaan terhadap 40 project film yang bakal dipilih akan mengikuti acara puncak di Jakarta 15-16 November mendatang.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, mengatakan, 40 project film yang bakal dipilih. 12 diantaranya berkesempatan pitching (persentasi ide film) dihadapan investor dan pemegang kunci industri perfilman.

Selain itu, roadshow Akatara diperlukan untuk sosialisasi acara kepada khalayak perfilman Indonesia, investor, serta masyarakat. Permodalan industri kreatif didominasi modal mandiri dan hanya dibawah 1 persen yang didanai perusahaan film.

Perwakilan Badan Perfilman Indonesia (BPI), Alex Shihar, mengatakan, Indonesia belum memiliki atau belum ada skema investasi perfilman yang mapan. Investor perlu diedukasi karena investasi di film tidak sama dengan sub sektor lain dengan resiko yang berbeda.

“Kami seleksi 40 project film yang dianggap paling visible bertemu dengan skema investor. Banyak sekali investor yang sudah melakukan investasi kepada film, tapi belum menemukan yang cocok seperti apa atau bahkan gagal dan ada juga mau, tapi tidak tahu caranya,” ucap Alex.

Penilaian project film yang terpilih pada Akatara, antara lain dari sinoposis dan ide cerita. Selain itu, juga ada timeline produksi, budget, bisnis project, dan protofolio.

“40 project film ini terdapat pada katalog yang dibagikan kepada investor yang tertarik berinvestasi pada perfilman Indonesia,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, HM Zulkarnain Arief, mengatakan, pihaknya sangat mendukung perfilman Indonesia, namun terkendala modal. Oleh karena itu, pihaknya menantang para pembuat film untuk membuat asosiasi agar lebih mudah dalam pemberian bantuan.

“Saya tantang pembuat film untuk membentuk asosiasinya agar kita bisa bicara atas nama institusi kemudian kita bicarakan pada tingkat provinsi film apa yang akan diberikan. Jika gubernur dan para bupati/walikota merespon, maka selesai ini barang (dapat modal),” ucap Zulkarnain.

Kadin akan memfasilitasi bahkan mencarikan solusi mendapatkan modal, karena itu sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri. Kadin akan berfungsi sebagai fasilitator karena mereka kesulitan mencari investor, sehingga Kadin akan mencarikan solusi dan memberikan kemudahan finansial.

“Semuanya kita libatkan, kita undang semua pengusaha untuk bicara, tidak boleh dibiarkan pembuat film mati suri, kasihan mereka,” katanya.

Sebagai informasi, roadshow Akatara Makassar dihadiri Plt Direktur Akses Non Perbankan Bekraf Hanifah, Badan Perfilman Indonesia Agung Sentausa, Badan Perfilman Indonesia Alex Shihar, Perwakilan Hipmi Moh Fajrin Husein, Produser Film Uang Panai Andi Syahwal Matujju, Deputi Ases Permodalan Fadjar Hutomo, serta Ketua Kadin Sulsel HM Zulkarnain Arief. (Rangga)

BAGIKAN:
Comments

Film

Sukses di Chanel YouTube, ‘Jalangkote Rasa Keju’ Siap ke Layar Lebar

Published

on

By

Makassartoday.com – Sejak diluncurkan di chanel youtube 12 April 2018, webseries ‘Jalangkote Rasa Keju’ telah mampu mencuri perhatian masyarakat tanah air.

Webseries garapan AIM Production tersebut, kini memasuki episode ketiga dan sukses menjadi tranding topic di channel YouTube.

Kesuksesan Jalangkote Rasa Keju juga tak lepas dari sentuhan tangan sang sutradara Rusmin Nuryadin serta para selebgram yang menjadi pemeran, salah satunya koloborasi dua komedian Kota Makassar, Sukri Basto dan Adhy Basto yang dikenal dengan julukan Bassitoayya.

Akai kocak keduanya bahkan nampu menempati posisi tranding topic 26 di chanel YouTube Indonesia.

Zulkarnaen Gobel selaku produser webseries Jalangkote Rasa Keju mengatakan bahwa capaian ini adalah hasil dari kerja tim yang sangat kompak. Atas capaian tersebut, dirinya mengaku bahwa bukan tidak mungkin jika webseries ini secepatnya akan di produksi ke layar lebar.

“Respon positif kita raih dari respon masyarakat di chanel YouTube. Ini berkat kekompakan seluruh pihak yang terlibat di webseries ini. Bukan tidak mungkin kalau webseries ini
dalam waktu dekat menjadi Jalangkote Rasa Keju The Movie,” kata Zulkarnaen Gobel, Sabtu (28/4/2018).

Mewakili para talen, Zulkarnaen juga menyampaikan rasa terima kasih kepadanseluruh penonton dan media partner atas partisipasi yang sangat besar dalam mengembangkan industri film di Makassar.

“Sekarang berjalan tiga episode dan sudah jadi tranding topic. Tentu ini tidak lepas dari dukungan penonton serta media partner. Kami mengucapkan banyak terima kasih,” tuturnya. (Riel)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Film

Webseries Jalangkote Rasa Keju Tayang 12 April di YouTube

Published

on

By

Makassartoday.com – Webseries Jalangkote Rasa Keju persembahan AIM Production segera tayang di YouTube pada 12 April mendatang.

Jadwal penayangan webseries bernuansa komedi dengan menampilkan selebgram lokal asal Kota Daeng ini disampaikan Zulkarnain Gobel, selaku produser film dalam acara jumpa pers di d’Liquid Cafe, Grand Clarion Hotel, Senin (9/4/2018).

“Penayangan episode pertama film ini akan di luncurkan ke Youtube tanggal 12 April nanti,” ucapannya.

Zulkarnain Gobel juga mengaku bsangat bersyukur mampu menyelasaikan film ini dan menjadikan film webseries pertama di Makassar.

Dalam presscon ini juga, produser menceritakan kesan tersendiri dalam meluncurkan film ini ke Youtube, bukan ke layar lebar.

“Dengan kepercayaan diri, kami meluncurkan film ini di Youtube, karna tidak selamanya film itu ditayangkan di bioskop,” katanya sambil melempar senyuman.

“Kenapa di Youtube di’? yah, mungkin supaya memasyaratkan film, film lokal asal Makassar, dan budaya Makassar khususnya,” lanjut Om Gobel, sapaan akrabnya.

Jumpa pers sore tadi juga dihadiri beberapa pemeran dari film seperti, Adi “Bassitoa”, Sukri “Bassitoa”, si Bocah pemeran penjual Jalangkote Andi, dan beberapa pemeran lainnya. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Film

Trailer Jalangkote Rasa Keju Rilis di YouTube

Published

on

By

Makassartoday.com – Web series pertama Makassar, Jalangkote Rasa Keju meluncurkan trailer di laman YouTube, Kamis (5/4/2018), hari ini.

Web series ini rencananya bakal “digoreng” mulai 12 April 2018 mendatang. Jalangkote Rasa Keju sudah dinanti nanti oleh banyak kalangan akan tayang sebentar lagi.

Web series yang diproduksi oleh @AIM_production disutradarai oleh Rusmin Nuryadin @adin.mov dan diproduseri oleh Zulkarnen Gobel @gobelz menceritakan kisah orang-orang dengan kehidupannya masing-masing yang tidak melulu susah atau sekedar senang.

Dibintangi oleh @Superdj_mks, @naylairwann, @Dinyarishandy, @Bassitoayya, @Fbyputrinc @syukri_al_gazali dan aktor cilik berbakat, @Andikaiccang Mereka akan menampilkan kemampuan mereka dalam berakting di dalam serial drama-komedi ini.

Jalangkote Rasa Keju diharapkan dapat menjadi tontonan yang menarik dan fresh untuk masyarakat. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya