Buat Kamu Muda-mudi Makassar, Yuk Ramaikan Telkom Hackathon 3 | Makassar Today
Connect with us

TEKNOLOGI

Buat Kamu Muda-mudi Makassar, Yuk Ramaikan Telkom Hackathon 3

Published

on

MAKASSAR – PT Telkom Indonesia kembali menggelar Telkom Hackathon ke-3 yang puncaknya akan dilaksanakan pada Januari 2018.

Kegiatan Telkom ini dilakukan karena sejalan dengan komitmen Telkom untuk mendukung tumbuhnya entrepreneur digital di Indonesia sesuai amanat Presiden RI.

Hackhaton 3 tersebut sekaligus digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang baru saja diperingati.

Joddy Hernady, selaku SVP Media dan Digital Business PT Telkom dalam keterangan pers-nya, Rabu 1 November 2017, menjelaskan Telkom Hackathon merupakan kompetisi pembuatan aplikasi dalam 24 jam yang memanfaatkan teknologi informasi guna memecahkan permasalahan nasional.

“Khususnya di bidang yang saat ini bertransformasi ke digital secara cepat seperti ecommerce, fintech, logistic, dll,” kata Joddy.

Lebih lanjut, Joddy optimis dengan kegiatan tersebut. “Melihat animo yang sangat baik dari tahun-tahun sebelumnya, kami optimistis dapat menghasilkan lebih banyak lagi aplikasi yang bermanfaat dari para entrepreneur digital yang kian tumbuh dan berkembang pesat di Indonesia,” katanya.

Perbedaan tahun ini, kata dia, seluruh peserta Telkom Hackathon akan mengikuti berbagai tahap yang disiapkan Telkom antara lain memahami API (Application Programming Interfaces) yang disediakan Telkom. Kemudian, mengumpulkan prototype aplikasi, mengikuti tahap workshop, mentoring & coaching, dan inkubator.

Seluruh kegiatan akan diadakan di Digital Valley Telkom yang merupakan tempat berkumpul para penggiat industri digital. Ada pun Pemenang Telkom Hackathon berhak mendapatkan hadiah total ratusan juta rupiah.

Telkom Hackathon akan menjaring seluruh potensi generasi muda di Indonesia dan juga dilakukan workshop di berbagai kota besar yang memiliki banyak penggiat industri digital yakni Jakarta, Bandung, Yogja, Malang dan Makassar.

Proses penjaringan peserta akan menggandeng universitas-universitas yang memiliki potensi pengembang aplikasi dan juga pusat-pusat pendidikan yang khusus di bidang IT.

Joddy menambahkan, cara mendaftar kompetisi ini cukup mudah. Peserta mengirimkan konsep dan prototipe aplikasi melalui portal yang disediakan khusus untuk Telkom Hackaton, kemudian akan disaring mengikuti tahap selanjutnya.

Penilaian final direncanakan akan dilakukan pada tanggal 27-28 Januari 2018. Untuk informasi lebih lengkap peserta dapat memfollow akun twitter, instagram dan facebook ke @telkomdigital.

Peserta yang lolos masuk babak final akan mendapatkan kesempatan coaching clinic dari pakar industry untuk kemudian memperbaiki prototipe yang semula diajukan sebelum pitching dihadapan para juri yang ditunjuk Telkom mewakili para ahli di berbagai bidang.

“Telkom Indonesia berharap semakin banyak penggiat entrepreneur digital di Indonesia yang mengikuti ajang Telkom Hackathon ketiga ini. Melalui kegiatan ini, kami mendukung anak muda Indonesia dapat berperan serta memberikan solusi-solusi terbaik serta menghasilkan berbagai aplikasi praktis dan dibutuhkan masyarakat, sehingga pada akhirnyamampu menumbuhkan ekonomi digital tanah air,” demikian Joddy.

BAGIKAN:
Comments

Tekno

Catat, Selfie Berlebihan Masuk Kategori Kelainan Mental

Published

on

By

Makassartoday.com – Tahun 2014, beredar kabar bahwa American Psychiatric Association menetapkan istilah “ selfitis” untuk mengacu pada kelainan mental berupa kegemaran mengambil dan posting selfie secara berlebihan.

Kabar tersebut ternyata cuma hoax belaka. Namun, sekelompok peneliti dari Notthingham Trent University dan Thiagarajar School of Management di India rupanya penasaran. Mereka ingin mengetahui apakah femomena ini benar-benar ada.

Sebuah studi pun dilakukan dengan melibatkan responden 225 mahasiswa dari kedua kampus. Hasilnya? Tim peneliti mengklaim bahwa kelainan mental “selfitis” ternyata memang nyata dan bisa dikategorikan.

“Kami nampaknya bisa mengkonfirmasikan keberadaan (selfitis) dan telah membuat ‘Skala Perilaku Selfitis’ pertama di dunia untuk mengevaluasi kondisi subyek,” tutur Dr. Mark Griffiths dari Departement Psikologi Nottingham Trent University.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Telegraph, Senin (1/1/2018), hasil studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Mental Health and Addiction itu membagi “Selfitis” ke dalam tiga tingkatan, tergantung keparahan.

Pertama adalah “borderline Selfitis” di mana seseorang mengambil selfie setidaknya sebanyak tiga kali sehari, tapi tak mengunggahnya ke media sosial.

Kedua, “Selfitis akut”, yakni menjepret selfie, juga setidaknya sebanyak tiga kali, kemudian mengunggahnya ke media sosial.

Tahapan ketiga yang paling parah adalah “Selfitis kronis” di mana seseorang memiliki dorongan untuk terus-menerus menjepret selfie sepanjang waktu, lebih dari enam kali tiap hari.

Tim peneliti menyusun 20 pernyataan yang mesti dijawab dengan “setuju” atau “tidak setuju” untuk mengukur tingkat keparahan “selfitis” responden. Contoh-contohnya seperti “Saya merasa lebih populer ketika posting selfie di media sosial” atau “Saat tidak mengambil selfie, saya merasa terasing dari grup”.

Studi menyimpulkan bahwa, dari ke-225 responden, 34 persen memiliki “borderline Selfitis”, 40,5 persen “selfitis akut” dan 25.5 persen “selfitis kronis”. Responden berjenis kelamin pria cenderung lebih rawan menunjukkan selfitis daripada perempuan, yakni 57,5 persen berbanding 42, persen.

“Kami harap akan ada riset lanjutan untuk menggali lebih jauh tentang bagaimana dan kenapa orang-orang mengidap perilaku obsesif ini, dan apa yang bisa dilakukan untuk menolong orang-orang yang menderita paling parah,” sebut Dr. Janarthanan Balakrishnan dari departemen psikologi Nottongham Trent University.

Namun tak semua pihak setuju dengan hasil studi di atas. Dr. Mark Salter, juru bicara The Royal College of Psychiatrists, misalnya, menyuarakan kritik dan mengatakan bahwa fenomena “selfitis” sebenarnya tidak ada dan tidak seharusnya ada.

“Ada kecenderungan untuk melabeli serangkaian perilaku kompleks manusia dengan satu kata. Tapi ini berbahaya karena bisa membuat sesuatu menjadi nyata, padahal sebenarnya tidak,” kata Salter. (Sumber: kompastekno)

Related Posts
Pesawat Buatan Indonesia Paling Banyak Dipesan Filipina
JAKARTA - PT Dirgantara Indonesia akan mengekspor 11 pesawat ke berbagai negara pada tahun ini, dan Filipina menjadi negara pemesan terbanyak untuk pesawat jenis NC212. "Kalau lihat, dari Senegal 1 unit ...
READ MORE
Mendorong Perubahan Sosial Lewat Media Sosial
MAKASSAR - Ada yang menarik dari aksi demo 4 November 2016 kemarin. Walau digerakkan oleh massa yang sangat besar, demo pada akhirnya berjalan dengan damai. Mengapa? Percaya tidak percaya, tapi aksi ...
READ MORE
Video: Detik-Detik Peluncuran Roket Satelit BRI
GUYANA - Akhirnya pada Sabtu, 18 Juni 2016 pukul 18.38 waktu Kourou, Guyana, satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bernama BRIsat, meluncur ke udara dengan roket Ariane 5 ...
READ MORE
PUBG Masuk Gim Terpopuler di Dunia Tahun Ini
Makassartoday.com - Tanpa diragukan lagi, gim PlayerUnknown’s Battlegrounds alias PUBG merupakan salah satu gim terpopuler di dunia tahun ini. Seberapa populer gim ini? Dikonfirmasi, gim PUBG baru mengantongi 30 juta pemain ...
READ MORE
Ada Info Loker di Fitur Baru BBM
BBM hadirkan fitur baru untuk mempermudah pengguna mencari kerja, yakni BBM Career. BBM Career memungkinkan pengguna mendapatkan info lowongan pekerjaan serta saran dan kiat dalam berkarir. Selain itu, fitur ini ...
READ MORE
Twitter Luncurkan Utusan
MAKASSAR - Twitter mengumumkan rencana untuk meluncurkan utasan (thread). Pembaruan ini akan dapat digunakan semua pengguna dengan sistem operasi iOS, Android, dan mereka yang menggunakan Twitter.com, dalam beberapa minggu mendatang. ...
READ MORE
Penjualan Mobil Auto Pilot Terhambat Karena Alasan Ini
JAKARTA - Nissan merupakan salah satu produsen mobil yang sudah mengaplikasikan fitur semiotonom para produk model produksinya. Nissan sudah memasarkan Serena dan X-Trail berteknologi semiotonom yang diberi nama ProPilot. Dengan ProPilot, ...
READ MORE
Inilah Layar Panel LED Terbesar di Indonesia
JAKARTA - Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan layar panel LED luar ruang, yaitu Samsung LED XA100F, yang berukuran 30×15 meter dan merupakan yang terbesar di Indonesia untuk kategori media reklame luar ...
READ MORE
Penumpang Drone Pertama di Dunia Akan Uji Coba Terbang di Nevada
Akhir tahun ini drone pertama di dunia yang mampu membawa penumpang milik perusahaan teknologi Aerial EHang Holdings Limited akan melakukan uji coba terbang di Nevada, Amerika Serikat. Perusahaan China yang ...
READ MORE
Pembuat Antivirus McAfee Gugat Intel
Pencipta antivirus komputer McAfee, John McAfee, dilaporkan telah melayangkan gugatan kepada Intel Corp terkait penggunaan namanya. McAfee menggugat Intel karena raksasa chipset tersebut menggunakan namanya untuk proyek baru setelah Intel mengakuisisi ...
READ MORE
Pesawat Buatan Indonesia Paling Banyak Dipesan Filipina
Mendorong Perubahan Sosial Lewat Media Sosial
Video: Detik-Detik Peluncuran Roket Satelit BRI
PUBG Masuk Gim Terpopuler di Dunia Tahun Ini
Ada Info Loker di Fitur Baru BBM
Twitter Luncurkan Utusan
Penjualan Mobil Auto Pilot Terhambat Karena Alasan Ini
Inilah Layar Panel LED Terbesar di Indonesia
Penumpang Drone Pertama di Dunia Akan Uji Coba
Pembuat Antivirus McAfee Gugat Intel
BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Tekno

PUBG Masuk Gim Terpopuler di Dunia Tahun Ini

Published

on

By

Makassartoday.com – Tanpa diragukan lagi, gim PlayerUnknown’s Battlegrounds alias PUBG merupakan salah satu gim terpopuler di dunia tahun ini.

Seberapa populer gim ini? Dikonfirmasi, gim PUBG baru mengantongi 30 juta pemain di PC dan Xbox One. Padahal, gim ini baru lepas dari program Early Access di Steam selama sekitar sembilan bulan.

Nasib baik PUBG tak hanya terjadi baru-baru ini karena semenjak meluncur Maret 2017, gim ini sudah memecahkan rekor.

Gim ini bahkan berhasil tembus angka satu juta pemain saat meluncur di Xbox One hanya dalam waktu 48 jam. PUBG juga telah terjual lebih dari 20 juta kopi di PC.

“Kesuksesan PUBG saat ini membuat kami terpacu untuk menghadirkan gim sebaik mungkin di masa mendatang,” tulis PUBG Corp sebagaimana dikutip dari pernyataan resminya, Senin (25/12/2017).

Pengembang pun berjanji untuk selalu memperbaiki dan menyempurnakan pengalaman gim bergenre Battle Royale ini, dengan memperkenalkan konten-konten baru di dalam PUBG secara berkala.

PUBG
Seperti diwartakan sebelumnya, Tencent baru-baru ini mengumumkan kerja sama dengan PUBG Corp untuk meluncurkan Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) di Tiongkok.

Dirilis untuk smartphone, Tencent menjanjikan pengalaman bermain PUBG ini akan serupa dengan gim versi PC. Demikian yang dikutip dari laman Polygon.

Rencananya, gim PUBG mobile ini akan lebih dulu diluncurkan di Tiongkok. Sayang, perusahaan raksasa asal Tiongkok itu belum memberikan tanggal pasti kapan gim ini meluncur di negara-negara lain.

Hadir dalam format mobile, PUBG yang meluncur untuk pangsa pasar Tiongkok ini akan mengalami perubahan beberapa hal di dalam gim. Salah satunya melokalisasi konten dan mengoperasikan gim secara langsung agar sesuai dengan preferensi gamer di Tiongok.

Tak hanya itu, Tencent juga bakal mengubah PUBG agar selaras dengan nilai tradisi, budaya, dan moral penduduk di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Sekadar informasi, PUBG merupakan gim survival di mana kamu dan 99 gamer lainnya diterjunkan ke sebuah pulau. Di sana terdapat senjata, pelindung, dan sejumlah fasilitas untuk melawan gamer lainnya.

Berjalannya waktu, area ‘aman’ di dalam pulau pun akan semakin menyempit. Dengan situasi ini, gamerdipaksa untuk bertarung agar menjadi orang terakhir yang bertahan hidup dan menjadi juara di dalam gim PUBG. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Internet

IM3 Ooredoo Luncurkan Paket Bulanan UNLIMITED

Published

on

By

JAKARTA – IM3 Ooredoo kembali membuat gebrakan terbaru dengan memberikan kebebasan lebih untuk internetan kepada para pelanggannya. Setelah meluncurkan Yellow, paket internet paling praktis dengan harga terbaik, IM3 Ooredoo meluncurkan paket bulanan UNLIMITED yang dirancang khusus bagi pelanggan yang menginginkan internetan tanpa rasa khawatir, bahkan kebebasan nelpon ke semua operator dengan satu harga pasti.

IM3 Ooredoo memahami banyak pelanggan yang tidak puas karena terpaksa membayar mahal untuk aktivitas internetan sehari-hari seperti chatting, beraktivitas di media sosial, transportasi, mengirim pesan hingga streaming. Sejumlah aktivitas yang sering dilakukan pelanggan ini bisa menghabiskan kuota utama dengan sangat cepat dan membuat mereka harus membayar lebih dengan biaya tambahan yang mahal.

Dengan manfaat UNLIMITED Apps, pelanggan dapat melakukan lebih banyak hal untuk menikmati aplikasi harian secara terus menerus, tanpa batasan, sepanjang hari. Ini adalah Unlimited yang sebenarnya. UNLIMITED Apps mencakup semua aplikasi populer seperti Facebook, Whatsapp, LINE, Path, Facebook Messenger, BBM, Spotify, dan iflix. Manfaat terbaik dari semuanya? Perkenalkan UNLIMITED YouTube! Dapatkan akses YouTube sepuasnya tanpa menghabiskan kuota internet utama Anda, manfaat tambahan yang ada di dalam paket UNLIMITED 7GB ke atas. Pelanggan hanya perlu membayar dengan satu harga dan tidak lebih.

Paket UNLIMITED hadir dalam berbagai pilihan dengan kuota utama yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Harga mulai dari yang termurah Rp35.000 untuk Paket 2GB, Rp70.000 untuk 7GB, hingga Rp165.000 untuk UNLIMITED Jumbo. Paket UNLIMITED Jumbo ini bahkan hadir dengan manfaat kebebasan nelpon dan SMS tanpa batas ke semua operator, seharian. Ini baru keuntungan yang sesungguhnya.

Andreas Gregori, Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo mengatakan, bagi pihaknya, UNLIMITED berarti tanpa batasan, tanpa limit, dan tanpa hambatan. Hanya ada keseruan untuk internetan.

“Jadi Anda dapat menikmati aplikasi populer sehari-hari, aplikasi streaming seperti Spotify & iflix sepuasnya. Bahkan YouTube-an benar-benar tak terbatas. Ini merupakan cara terbaik untuk menikmati video streaming tanpa rasa khawatir. Setiap hari, kapan saja sebanyak yang Anda inginkan, tanpa adanya penurunan kecepatan. Pelanggan mendapatkan paket internet dengan pengalaman yang berbeda dan memberikan kebebasan lebih banyak, tidak seperti operator lainnya. Untuk internetan tanpa rasa khawatir, UNLIMITED adalah pilihan cerdas,” kata Andreas melalui rilisnya, Selasa (19/12/2017).

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat mengakses informasi melalui im3ooredoo.com/unlimited. Bagi pelanggan yang ingin berlangganan Paket UNLIMITED, dapat mengunjungi outlet Indosat Ooredoo terdekat, tekan *123#, atau akses Aplikasi myIM3 dari smartphone Anda. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya