116 Komunitas Kumpul di Bumi Perkemahan Surandar | Makassar Today
Connect with us
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text

Komunitas

116 Komunitas Kumpul di Bumi Perkemahan Surandar

Published

on

MAROS – Selama tiga hari berturut-turut, sejak Jumat pagi hingga Minggu sore, (3-5/11/2017), Bumi Perkemahan Surandar, Kecamatan Semangki, Kabupaten Maros dipadati 116 Komunitas se-Makassar yang berasal dari berbagai latarbelakang minat dan hobi.

Komunitas-komunitas ini bertemu dalam rangka mengikuti kegiatan ‘Camping Ceria #2’ yang berlangsung di Bumi Perkemahan Surandar. Camping Ceria merupakan kegiatan kolaborasi yang diinisasi oleh komunitas-komunitas se-Makassar, dimana kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antar mereka.

Beberapa item kegiatan yang dilaksanakan selama kegiatan ini berlangsung diantaranya, tudang sipulung, pertunjukan seni dan musik, tantangan outbond seperti panjat tebing dan susur goa, dan juga permainan tradisional.

Dari pantauan di lokasi dan informasi dari panitia pelaksana, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini hingga hari terakhir, berjumlah 1.400 orang dari perwakilan komunitas-komunitas yang ikut berpartisipasi.

Ketua Panitia Pelaksana, Assad menuturkan, pelaksanaan kegiatan ini sudah dipersiapkan sejak tahun lalu, dan baru terealisasi ditahun ini. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan setelah sebelumnya ditahun 2016 pernah dilaksanakan di desa Ta’deang, Kabupaten Maros.

“Camping Ceria ini dilaksanakan sebagai ajang kolaborasi antar komunitas Makassar, agar bisa saling bekerjasama untuk melaksanakan sebuah kegiatan positif,” tutur Assad.

Ia pun berharap semoga kegiatan kolaborasi seperti ini dapat terus berlanjut kedepannya dan tidak hanya melibatkan komunitas se-Makassar saja melainkan bisa melibatkan komunitas se-Sulawesi Selatan, bahkan jika bisa melibatkan komunitas se-Indonesia.

“Total panitia dan relawan yang dilibatkan untuk mempersiapkan kegiatan ini berjumlah 175 orang yang merupakan perwakilan dari komunitas-komunitas yang terlibat, seperti komunitas budaya, sosial, pendaki, traveling, edukasi, maupun komunitas literasi. Tapi kebanyakan yang terlibat adalah komunitas traveling,” lanjutnya.

Salah satu peserta kegiatan, Muh Takdir mengungkapkan apresiasinya dengan diadakannya kegiatan seperti ini. Menurutnya kegiatan seperti ini harus terus berlanjut guna menjalin keakraban antar sesama pegiat komunitas.

“Jika bisa kegiatan Camping Ceria dilaksanakan setiap tahunnya, tidak hanya dilaksanakan tahun ini saja, sebab kegiatan seperti ini sangat positif dan menyenangkan,” harap Takdir, Pendiri Komunitas Sikola Cendekia Pesisir (SCP).

Harapan senada juga diungkapkan Deyha, anggota komunitas Pecandu Aksara. Ia berharap semoga kedepannya kegiatan ini dapat terus berlanjut, dan jumlah komunitas yang terlibat di tahun-tahun mendatang dapat terus bertambah.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, komunitas kami dapat bersilaturahim dengan berbagi komunitas di Makassar, dan juga sebagai ajang refreshing bagi kami,” ungkap Deyha.

Kegiatan ini terlaksana dengan dukungan dari beberapa pihak sponsor diantaranya, Puncak Jaya, Vertical Mountrack, Sesean Outdor, Pelangi RR, ANU, Edelweis, PT Megah Multi Sejahtera, Hammock 1933, Gudang Garam, Green Cafe, dan PT. Indofood. (Fachri)

BAGIKAN:
Comments

Komunitas

SMPN 10 Makassar Bakal Gelar Temu Alumni

Published

on

By

Makassartoday.com – Para alumni angkatan 1981-2000 melaksanakan rapat terkait rencana pelaksanaan Temu Alumni SMPN 10 Makassar tahun 2018.

Rapat yang digelar dikediaman salah satu alumni ST.Rachmawaty, Jl Pongtiku Lr.4, Makassar, memilih Taufik Akbar (86) sebagai ketua panitia, sedangkan Yuriansyah (87) sekertaris serta Burhanuddin (85) sebagai bendahara panitia.

Sekertaris Panitia Yuriasyah dalam penyampainnya berharap masukan dan ide ide kreatif dari seluruh alumni dapat dipersatukan demi menyukseskan kegiatan temu alumni.

Di tempat yang sama, Keua Panitia Taufik Akbar menyampaikan, selain pelaksanaan reuni, panitia juga mengagendakan pembentukan dan pengukuhan IKA SMPN 10 Makassar

“Untuk itu di mohon doa restu segenap alumni untuk kelancaran acara nanti,” jelasnya.

Sementara, Bendahara Panitia Burhanuddin menginginkan agar kegiatan reuni sebagai wadah terbentuknya silaturahmi antar alumni guru dan siswa sehingga kedepannya semakin kuat rasa persaudaraan dan semakin tinggi serta menghasilkan ide kreatif yang bermanfaat bagi sesama alumni. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Komunitas

IDI Makassar Berbagi Kaum Duafah di Bulan Ramadan

Published

on

By

Makassartoday.com – Dokter Spesialis dan Dokter Umum yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar mangisi Ramadan dengan kaum duafah.

Para dokter ini menyalurkan bantuan berupa sembako yang dipusatkan di Kelurahan Panambungan, Kecamatan Mariso, Selasa (12/6/2018).

Tak hanya sembako, para dokter ini juga menyerahkan pakaian layek pakai, yang terkumpul dari donator anggota IDI Kota Makassar serta kas organisasi.

“Ini bentuk kepekaan IDI Makassaar terhadap kaum duafa. Semua yang disumbangkan adalah hasil penggeledahan dana dari anggota dan kas IDI Makassar. Kami senang karena bisa berbagi di bulan suci ini,” ujar Ketua Panitia dokter Azizah Anoez.

Di tempat yang sama Ketua IDI Makassar, Siswanto Wahab menambahkan, kegiatan amaliah Ramadan yang dilakukan pihaknya adalah bentuk kepedulian terhadap sesama.

Menurutnya, kegiatan ini sudah merupakan agenda tahunan IDI serta juga aktif melaksanan pengabdian masyarakat berupa pengobatan gratis. (Tina)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Komunitas

Forum Driver Online Makassar Gelar Sahur On The Road

Published

on

By

Makassartoday.com – Jelang akhir Ramadhan Forum Driver Online Makassar mengadakan kegiatan “Sahur On The Road” Minggu (10/6/2018) subuh.

Gabungan dari beberapa komunitas driver online ini tak ingin ketinggalan berbagi kebaikan di bulan suci. Dalam acara tersebut, setidaknya ada 25 komunitas yang ikut bergabung dan kabarnya, anggaran yang digunakan untuk acara tersebut merupakan sumbangsih dari setiap anggota komunitas.

“Alhamdulillah kami sedikit bisa menyisihkan penghasilan. Di bulan ramadhan kita memang harus berbuat yang lebih baik insya Allah rezeki juga akan lebih baik,” ujar Zul, salah satu anggota komunitas.

Rute yang dilewati, start dari GTC melewati Jalan Sudirman dan AP. Pettarani kemudian finish di Pantai Losari. Kabarnya agenda tersebut akan menjadi agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap tahun. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya