Korpala Unhas Gelar Diskusi Jurnalistik | Makassar Today
Connect with us

Komunitas

Korpala Unhas Gelar Diskusi Jurnalistik

Published

on

MAKASSAR – Pengurus dan anggota Korps Pencinta Alam Universitas Hasanuddin (Korpala Unhas) menggelar diskusi tentang “Dunia Jurnalistik” yang dilaksanakan di ruang D4 Mabes (Markas Besar) Korpala Unhas, Rabu (8/11/2017).

Selain teori serta teknik jurnalistik, kelas ini juga turut menggali soal seluk-beluk “branding” organisasi, khususnya dengan menggunakan media sosial.

“Kapasitas menggali informasi, mengolah berita hingga memilih media yang tepat adalah skill mutlak bagi seorang humas lembaga,” ungkap Fasilitator Kelas, Nirwan Dessibali.

Mantan redaktur pada salah satu media lokal tersebut juga tak lupa memaparkan tentang teori dasar jurnalistik. Pemahaman dasar tersebut sangat penting untuk dijadikan pondasi serta koridor dalam menulis berita maupun opini.


“Kita harus selalu ingat kaidah-kaidah dalam hukum jurnalistik. Setelah itu terpenuhi barulah kita berpikir tentang calon pembaca,” lanjutnya.

Saling lempar tanya serta tanggapan terjadi antara fasilitator dan peserta kelas. Salah satu anggota Korpala juga memaparkan pandangannya terkait hegemoni media, khususnya media sosial dalam kerusakan alam.

“Kemampuan kita dalam mengabarkan lokasi kegiatan turut berkontribusi pada kerusakan tempat tersebut. Ini ibarat pisau bermata dua,” ungkap Ihsan yang juga mantan Ketua Umum Korpala ini.

Lanjutnya, bahwa sebagai organisasi yang bergiat di alam bebas, modal membuat berita, foto berita mau pun video sangatlah dibutuhkan.

“Selain ajang eksistensi lembaga, kemampuan itu juga dapat digunakan untuk mempengaruhi pola pikir, bahkan perilaku orang banyak dalam berinteraksi dengan alam,” pungkasnya. (rls)

Advertisement
Comments

Komunitas

90 Mahasiswa Ikut Pencalonan Anggota Baru UKM LIMA

Published

on

By

Makassartoday.com – Sebanyak 90 calon anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Informasi Mahasiswa Alauddin (UKM LIMA) mengikuti technical meeting di Aula Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) lantai II Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Kampus Samata, Rabu (18/4/2018).

Technical meeting ini merupakan rangkaian kegiatan perekrutan anggota baru mereka, sebelum masuk In House Training Jurnalistik (IHTJ).

Sekertaris panitia IHTJ, Muh Irwan mengatakan, sebanyak 111 peserta telah melakukan pendaftaran, namun hanya sebanyak 90 orang yang telah registrasi ulang.

“Yang mengambil formulir sebanyak 111 orang dan yang melakukan registrasi sebanyak 90 orang,” terangnya.


Sementara itu, Dewan Pakar UKM LIMA periode 2018, Fadhilah Azis menambahkan, technical meeting merupakan penjelasan mengenai persoalan teknis, mulai dari screening hingga ke tahap masuk kegiatan IHTJ.

“Technical Meeting merupakan Penjelasan teknis soal screening dan untuk memperkenalkan struktur lembaga,” ucapnya.

Lain halnya dengan Ketua Umum UKM LIMA, Faisal Mustafa yang menekankan kepada calon anggota baru agar memiliki semangat kompetisi.

“Saya harap kawan-kawan punya jiwa-jiwa dan semangat berkompetisi di mulai dari technical meeting hingga pengumuman IHTJ nantinya,” singkatnya. (Hajji Taruna)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler