alterntif text
Komunitas

Korpala Unhas Gelar Diskusi Jurnalistik

MAKASSAR – Pengurus dan anggota Korps Pencinta Alam Universitas Hasanuddin (Korpala Unhas) menggelar diskusi tentang “Dunia Jurnalistik” yang dilaksanakan di ruang D4 Mabes (Markas Besar) Korpala Unhas, Rabu (8/11/2017).

Selain teori serta teknik jurnalistik, kelas ini juga turut menggali soal seluk-beluk “branding” organisasi, khususnya dengan menggunakan media sosial.

“Kapasitas menggali informasi, mengolah berita hingga memilih media yang tepat adalah skill mutlak bagi seorang humas lembaga,” ungkap Fasilitator Kelas, Nirwan Dessibali.

Mantan redaktur pada salah satu media lokal tersebut juga tak lupa memaparkan tentang teori dasar jurnalistik. Pemahaman dasar tersebut sangat penting untuk dijadikan pondasi serta koridor dalam menulis berita maupun opini.

“Kita harus selalu ingat kaidah-kaidah dalam hukum jurnalistik. Setelah itu terpenuhi barulah kita berpikir tentang calon pembaca,” lanjutnya.

Saling lempar tanya serta tanggapan terjadi antara fasilitator dan peserta kelas. Salah satu anggota Korpala juga memaparkan pandangannya terkait hegemoni media, khususnya media sosial dalam kerusakan alam.

“Kemampuan kita dalam mengabarkan lokasi kegiatan turut berkontribusi pada kerusakan tempat tersebut. Ini ibarat pisau bermata dua,” ungkap Ihsan yang juga mantan Ketua Umum Korpala ini.

Lanjutnya, bahwa sebagai organisasi yang bergiat di alam bebas, modal membuat berita, foto berita mau pun video sangatlah dibutuhkan.

“Selain ajang eksistensi lembaga, kemampuan itu juga dapat digunakan untuk mempengaruhi pola pikir, bahkan perilaku orang banyak dalam berinteraksi dengan alam,” pungkasnya. (rls) 

alterntif text

BAGIKAN:
alterntif text
loading...
Loading...
Comments

Terpopuler

loading...
To Top