Korpala Unhas Gelar Diskusi Jurnalistik | Makassar Today
Connect with us

Komunitas

Korpala Unhas Gelar Diskusi Jurnalistik

Published

on

MAKASSAR – Pengurus dan anggota Korps Pencinta Alam Universitas Hasanuddin (Korpala Unhas) menggelar diskusi tentang “Dunia Jurnalistik” yang dilaksanakan di ruang D4 Mabes (Markas Besar) Korpala Unhas, Rabu (8/11/2017).

Selain teori serta teknik jurnalistik, kelas ini juga turut menggali soal seluk-beluk “branding” organisasi, khususnya dengan menggunakan media sosial.

“Kapasitas menggali informasi, mengolah berita hingga memilih media yang tepat adalah skill mutlak bagi seorang humas lembaga,” ungkap Fasilitator Kelas, Nirwan Dessibali.

Mantan redaktur pada salah satu media lokal tersebut juga tak lupa memaparkan tentang teori dasar jurnalistik. Pemahaman dasar tersebut sangat penting untuk dijadikan pondasi serta koridor dalam menulis berita maupun opini.

“Kita harus selalu ingat kaidah-kaidah dalam hukum jurnalistik. Setelah itu terpenuhi barulah kita berpikir tentang calon pembaca,” lanjutnya.

Saling lempar tanya serta tanggapan terjadi antara fasilitator dan peserta kelas. Salah satu anggota Korpala juga memaparkan pandangannya terkait hegemoni media, khususnya media sosial dalam kerusakan alam.

“Kemampuan kita dalam mengabarkan lokasi kegiatan turut berkontribusi pada kerusakan tempat tersebut. Ini ibarat pisau bermata dua,” ungkap Ihsan yang juga mantan Ketua Umum Korpala ini.

Lanjutnya, bahwa sebagai organisasi yang bergiat di alam bebas, modal membuat berita, foto berita mau pun video sangatlah dibutuhkan.

“Selain ajang eksistensi lembaga, kemampuan itu juga dapat digunakan untuk mempengaruhi pola pikir, bahkan perilaku orang banyak dalam berinteraksi dengan alam,” pungkasnya. (rls)


Advertisement
loading...
Comments

Komunitas

Danny Ingin MTC Jadi Contoh Perilaku Tertib Berlalulintas

Published

on

By

Makassartoday.com – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengajak MTC (Makassar Tiger Club) tour keliling Makassar.

Ajakan itu disampaikan Danny saat mengukuhkan Badan Pengurus MTC Periode 2017-2019 di Baruga Anging Mammiri, Jumat (19/1/2018).

“Kita tour keliling Makassar sekali seminggu atau dua minggu sekali. Ramai – ramai,” ajak Danny.

Tur keliling Makassar dimaksudkan tidak sekedar konvoi mengitari kota. Tour itu juga memberikan edukasi etika berlalulintas di jalan umum. Misalnya, memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor berupa SIM dan STNK.

Kelengkapan kendaraan motor lainnya, seperti kaca spion, lampu sign, dan lampu stop juga kelengkapan pengendara seperti helm. Danny berharap, MTC dapat memberikan contoh perilaku tertib lalu – lintas bagi pengguna jalan yang lain.

Tertib lalu lintas kata Danny, harus dibudayakan di tengah – tengah masyarakat, apalagi jumlah pengendara motor baik roda dua ataupun empat terbilang besar di Makassar.

Tak jarang, kemacetan yang panjang juga diakibatkan oleh perilaku pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan lalu lintas. Contoh kecilnya, pengendara kerap menerobos traffic light saat lampu berwarna merah.

Lazim pula dijumpai, pengendara menghentikan kendaraan saat lampu berwarna merah di lajur yang mengharuskan berbelok kiri langsung.

Perilaku seperti inilah yang membutuhkan edukasi sehingga pengendara bisa menyadari sangat penting menghargai hak pengguna jalan yang lain.

“Perilaku tertib lalu lintas akan menghindarkan kita dari resiko kecelakaan di jalan raya,” ingat Danny.

Selain memberikan edukasi tertib lalu – lintas, Danny juga berharap MTC dapat mengisi ruang – ruang kreatifitas di Makassar dengan menggelar berbagai kegiatan positif. (*)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...