alterntif text
Sulsel

Video: Gubernur Sulsel Uji Coba Rel Kereta Api di Barru

BARRU – Kereta Api Trans Sulawesi untuk pertama kalinya diujicobakan, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, Jumat (10/11). Proses uji coba kereta api ini menjadi hari bersejarah dalam dunia transportasi di Sulsel.

Tepat pukul 15.38 Wita, uji coba di rel kereta api yang berada di daerah Kelurahan lalolang, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, mulai dilakukan.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo bersama Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang, serta jajaran Forkopimda, menguji coba kereta api secara langsung.

Nampak hadir Ketua DPRD Sulsel HM Roem, Sekprov Sulsel Abd Latif, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono, Danlantamal VI Makassar Laksama TNI Yusup, dan Pangkosek Hanudnas II Marsekal Pertama TNI Ir Tedi Rizalihadi.

Kedatangan SYL disambut langsung Plt Bupati Barru Suardi Saleh bersama rombongan Forkopimda Kabupaten Barru.

“Ini Jawaban atas kegelisahan masyarakat Sulsel yang bertanya jadi ji kah itu kereta api, termasuk Pak Jokowi yang mempertanyakan sudah tiga kali ground breaking,” kata SYL.

Gubernur dua periode ini mengatakan, kunjungannya untuk menguji coba gerbong kereta api di Kabupaten Barru, untuk menjawab keraguan masyarakat terkait kelanjutan pembangunan kereta api Trans Makassar – Parepare. Kunjungannya kali ini tidak dalam rangka untuk melaunching kereta api, namun dalam rangka uji coba, dan ini lebih pada memberikan semangat untuk menyambut kereta api di Sulsel.

“Kita masyarakat Sulsel tidak bernyanyi lagi, naik kerta api, tut…tut.. dari Bandung ke Surabaya, tetapi dari Makassar ke Barru,” ujarnya.

Sementara, Plt Bupati Barru, Suardi Saleh, menyebutkan, dengan hadirnya kereta api ini banyak manfaat yang didapatkan masyarakat dan Kabupaten Barru. Hingga saat ini, panjang rel kereta api yang telah selesai kurang lebih 16 kilometer dan masih dalam tahap penyelesaian untuk rel lanjutan hingga 40 kilometer.

Dana untuk pembebasan lahan sebesar Rp 312 miliar, dan sejauh ini hanya ada tujuh titik yang masih bermasalah terkait pembebasan lahannya. “Tapi fisik kita kuasai dengan cara melakukan konsinyasi di pengadilan,” kata Suardi Saleh.

Setelah memberikan sambutan, Syahrul Yasin Limpo bersama rombongan langsung menguji coba gerbong kereta api di Kabupaten Barru sejauh delapan kilometer. (Humas Pemprov)

Lihat Video:

 

alterntif text

BAGIKAN:
alterntif text
loading...
Comments

Terpopuler

loading...
To Top