KRISC FH-UMI Gelar Panggung Ekspresi Seni dan Literasi | Makassar Today
Connect with us
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text

Komunitas

KRISC FH-UMI Gelar Panggung Ekspresi Seni dan Literasi

Published

on

MAKASSAR – Kesatuan Reaksi Intelektual Study Club Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (KRISC FH-UMI) menggelar ‘Panggung Ekspresi Seni dan Literasi’ di pelataran Fakultas Hukum UMI, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin (13/11/2017).

Kegiatan yang mengusung tema ‘Sintesis Di Titik Nadir’ ini dihadiri puluhan mahasiswa UMI dari berbagai fakultas, dan menampilkan beberapa item kegiatan seni dan literasi diantaranya, Workshop Literasi, Paduan Suara Mahasiswa, Lapak Buku, Musikalisasi Puisi, Pentas Seni dan Pentas Musik.

Di Workshop Literasi yang membahas perkembangan budaya membaca di Kota Makassar, panitia pelaksana menghadirkan narasumber diantaranya, Sejarawan Pergerakan Mahasiswa, Ikhwan Aco Samsuddin, Budayawan Sulsel, Andi Buana Raja, Dosen Fakultas Hukum UMI, Rizki Ramdani SH MH, dan Pengurus Kedai Buku Jenny (KBJ), Harnita Rahman.

Ikhwan Aco, dalam pemaparan materinya mengungkapkan, buku di zaman teknologi saat ini sudah mudah didapatkan. Budaya membaca tidak harus didapatkan hanya lewat media buku saja, melainkan bisa lewat media interaksi antar manusia dengan alam dan lingkungan sekitar.

“Yang harus anda pahami bahwa budaya membaca juga bisa didapatkan dari interaksi kita dengan lingkungan kita sendiri, namun tetap membutuhkan buku sebagai bahan sumber referensi. Jadi selain buku, kita harus pandai membaca alam dan lingkungan kita sendiri,” jelas mantan aktivis HMI ini.

Ketua Umum KRISC, Muhammad Muhaimin menuturkan, tujuan diadakannya kegiatan ini yakni sebagai wadah ide dan aspirasi bagi mahasiswa FH-UMI di bidang seni dan literasi. Ia beranggapan bahwa model pergerakan mahasiswa di jalanan saat ini sudah mulai redup.

“Kami mencoba membuat sebuah model gerakan baru selain gerakan jalanan dengan mengusung konsep kekinian, yakni dengan memadukan kebiasaan pemuda dan mahasiswa saat ini di kota Makassar. Salah satu konsep model gerakannya yakni beraspirasi lewat seni dan literasi,” pungkasnya.

KRISC adalah salah satu lembaga kelompok belajar di bawah naungan organisasi kemahasiswaan, BEM FH-UMI, yang bergerak di bidang kajian dan pergerakan. Panggung eksepresi merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh lembaga ini sejak pertama kali berdiri tahun 2005 silam. (Fachri)

BAGIKAN:
Comments

Komunitas

SMPN 10 Makassar Bakal Gelar Temu Alumni

Published

on

By

Makassartoday.com – Para alumni angkatan 1981-2000 melaksanakan rapat terkait rencana pelaksanaan Temu Alumni SMPN 10 Makassar tahun 2018.

Rapat yang digelar dikediaman salah satu alumni ST.Rachmawaty, Jl Pongtiku Lr.4, Makassar, memilih Taufik Akbar (86) sebagai ketua panitia, sedangkan Yuriansyah (87) sekertaris serta Burhanuddin (85) sebagai bendahara panitia.

Sekertaris Panitia Yuriasyah dalam penyampainnya berharap masukan dan ide ide kreatif dari seluruh alumni dapat dipersatukan demi menyukseskan kegiatan temu alumni.

Di tempat yang sama, Keua Panitia Taufik Akbar menyampaikan, selain pelaksanaan reuni, panitia juga mengagendakan pembentukan dan pengukuhan IKA SMPN 10 Makassar

“Untuk itu di mohon doa restu segenap alumni untuk kelancaran acara nanti,” jelasnya.

Sementara, Bendahara Panitia Burhanuddin menginginkan agar kegiatan reuni sebagai wadah terbentuknya silaturahmi antar alumni guru dan siswa sehingga kedepannya semakin kuat rasa persaudaraan dan semakin tinggi serta menghasilkan ide kreatif yang bermanfaat bagi sesama alumni. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Komunitas

IDI Makassar Berbagi Kaum Duafah di Bulan Ramadan

Published

on

By

Makassartoday.com – Dokter Spesialis dan Dokter Umum yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar mangisi Ramadan dengan kaum duafah.

Para dokter ini menyalurkan bantuan berupa sembako yang dipusatkan di Kelurahan Panambungan, Kecamatan Mariso, Selasa (12/6/2018).

Tak hanya sembako, para dokter ini juga menyerahkan pakaian layek pakai, yang terkumpul dari donator anggota IDI Kota Makassar serta kas organisasi.

“Ini bentuk kepekaan IDI Makassaar terhadap kaum duafa. Semua yang disumbangkan adalah hasil penggeledahan dana dari anggota dan kas IDI Makassar. Kami senang karena bisa berbagi di bulan suci ini,” ujar Ketua Panitia dokter Azizah Anoez.

Di tempat yang sama Ketua IDI Makassar, Siswanto Wahab menambahkan, kegiatan amaliah Ramadan yang dilakukan pihaknya adalah bentuk kepedulian terhadap sesama.

Menurutnya, kegiatan ini sudah merupakan agenda tahunan IDI serta juga aktif melaksanan pengabdian masyarakat berupa pengobatan gratis. (Tina)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Komunitas

Forum Driver Online Makassar Gelar Sahur On The Road

Published

on

By

Makassartoday.com – Jelang akhir Ramadhan Forum Driver Online Makassar mengadakan kegiatan “Sahur On The Road” Minggu (10/6/2018) subuh.

Gabungan dari beberapa komunitas driver online ini tak ingin ketinggalan berbagi kebaikan di bulan suci. Dalam acara tersebut, setidaknya ada 25 komunitas yang ikut bergabung dan kabarnya, anggaran yang digunakan untuk acara tersebut merupakan sumbangsih dari setiap anggota komunitas.

“Alhamdulillah kami sedikit bisa menyisihkan penghasilan. Di bulan ramadhan kita memang harus berbuat yang lebih baik insya Allah rezeki juga akan lebih baik,” ujar Zul, salah satu anggota komunitas.

Rute yang dilewati, start dari GTC melewati Jalan Sudirman dan AP. Pettarani kemudian finish di Pantai Losari. Kabarnya agenda tersebut akan menjadi agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap tahun. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya