KRISC FH-UMI Gelar Panggung Ekspresi Seni dan Literasi | Makassar Today
Connect with us

Komunitas

KRISC FH-UMI Gelar Panggung Ekspresi Seni dan Literasi

Published

on

MAKASSAR – Kesatuan Reaksi Intelektual Study Club Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (KRISC FH-UMI) menggelar ‘Panggung Ekspresi Seni dan Literasi’ di pelataran Fakultas Hukum UMI, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin (13/11/2017).

Kegiatan yang mengusung tema ‘Sintesis Di Titik Nadir’ ini dihadiri puluhan mahasiswa UMI dari berbagai fakultas, dan menampilkan beberapa item kegiatan seni dan literasi diantaranya, Workshop Literasi, Paduan Suara Mahasiswa, Lapak Buku, Musikalisasi Puisi, Pentas Seni dan Pentas Musik.

Di Workshop Literasi yang membahas perkembangan budaya membaca di Kota Makassar, panitia pelaksana menghadirkan narasumber diantaranya, Sejarawan Pergerakan Mahasiswa, Ikhwan Aco Samsuddin, Budayawan Sulsel, Andi Buana Raja, Dosen Fakultas Hukum UMI, Rizki Ramdani SH MH, dan Pengurus Kedai Buku Jenny (KBJ), Harnita Rahman.

Ikhwan Aco, dalam pemaparan materinya mengungkapkan, buku di zaman teknologi saat ini sudah mudah didapatkan. Budaya membaca tidak harus didapatkan hanya lewat media buku saja, melainkan bisa lewat media interaksi antar manusia dengan alam dan lingkungan sekitar.

“Yang harus anda pahami bahwa budaya membaca juga bisa didapatkan dari interaksi kita dengan lingkungan kita sendiri, namun tetap membutuhkan buku sebagai bahan sumber referensi. Jadi selain buku, kita harus pandai membaca alam dan lingkungan kita sendiri,” jelas mantan aktivis HMI ini.

Ketua Umum KRISC, Muhammad Muhaimin menuturkan, tujuan diadakannya kegiatan ini yakni sebagai wadah ide dan aspirasi bagi mahasiswa FH-UMI di bidang seni dan literasi. Ia beranggapan bahwa model pergerakan mahasiswa di jalanan saat ini sudah mulai redup.

“Kami mencoba membuat sebuah model gerakan baru selain gerakan jalanan dengan mengusung konsep kekinian, yakni dengan memadukan kebiasaan pemuda dan mahasiswa saat ini di kota Makassar. Salah satu konsep model gerakannya yakni beraspirasi lewat seni dan literasi,” pungkasnya.

KRISC adalah salah satu lembaga kelompok belajar di bawah naungan organisasi kemahasiswaan, BEM FH-UMI, yang bergerak di bidang kajian dan pergerakan. Panggung eksepresi merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh lembaga ini sejak pertama kali berdiri tahun 2005 silam. (Fachri)


Advertisement
loading...
Comments

Komunitas

Danny Ingin MTC Jadi Contoh Perilaku Tertib Berlalulintas

Published

on

By

Makassartoday.com – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengajak MTC (Makassar Tiger Club) tour keliling Makassar.

Ajakan itu disampaikan Danny saat mengukuhkan Badan Pengurus MTC Periode 2017-2019 di Baruga Anging Mammiri, Jumat (19/1/2018).

“Kita tour keliling Makassar sekali seminggu atau dua minggu sekali. Ramai – ramai,” ajak Danny.

Tur keliling Makassar dimaksudkan tidak sekedar konvoi mengitari kota. Tour itu juga memberikan edukasi etika berlalulintas di jalan umum. Misalnya, memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor berupa SIM dan STNK.

Kelengkapan kendaraan motor lainnya, seperti kaca spion, lampu sign, dan lampu stop juga kelengkapan pengendara seperti helm. Danny berharap, MTC dapat memberikan contoh perilaku tertib lalu – lintas bagi pengguna jalan yang lain.

Tertib lalu lintas kata Danny, harus dibudayakan di tengah – tengah masyarakat, apalagi jumlah pengendara motor baik roda dua ataupun empat terbilang besar di Makassar.

Tak jarang, kemacetan yang panjang juga diakibatkan oleh perilaku pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan lalu lintas. Contoh kecilnya, pengendara kerap menerobos traffic light saat lampu berwarna merah.

Lazim pula dijumpai, pengendara menghentikan kendaraan saat lampu berwarna merah di lajur yang mengharuskan berbelok kiri langsung.

Perilaku seperti inilah yang membutuhkan edukasi sehingga pengendara bisa menyadari sangat penting menghargai hak pengguna jalan yang lain.

“Perilaku tertib lalu lintas akan menghindarkan kita dari resiko kecelakaan di jalan raya,” ingat Danny.

Selain memberikan edukasi tertib lalu – lintas, Danny juga berharap MTC dapat mengisi ruang – ruang kreatifitas di Makassar dengan menggelar berbagai kegiatan positif. (*)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...