Pedagang Pasar Sentral Mulai Direlokasi Masuk ke New Makassar Mal | Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Pedagang Pasar Sentral Mulai Direlokasi Masuk ke New Makassar Mal

Published

on

MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar melalui Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya mulai melakukan relokasi pedagang Pasar Sentral untuk memasuki tempat barunya di New Makassar Mall.

Relokasi pertama dilakukan kepada para pedagang yang selama ini menempati lapak darurat di sejumlah ruas jalan pasca kebenaran, salah satunya di ruas Jl KH Agus Salim, Senin (13/11/2017).

Proses relokasi sempat diwarnai saling tegang antara petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpo-PP).

Pihak pedagang bersama PD Pasar Makassar Raya sebelumnya telah sepakat terkait relokasi 163 lapak di Jl KH Agus Salim pada pukul 10.30 Wita, namun diprotes oleh sejumlah pedagang dengan alasan belum ada pemberitahuan.

Camat Wajo Annsaruddin mengatakan, surat pemeritahuan realokasi oleh pihaknya sudah dilayangkan sejak seminggu lalu kepada pedagang.

“Kami sudah seminggu lalu melayangkan surat pemberitahuan. Kami terus berupaya secara persusif, agar semua pedagang termasuk pedagang kaki lima, bisa memperoleh kunci dan menempati lapak di New Makassar Mall. Nantinya baru nego harga sewa kiosnya,” ucap Camat Wajo.

Setelah di konfirmasi salah satu pedagang Kemarin kita sudah sepakat bahwa pembongkaran hari ini tidak ada unsur paksaan.

“Jadi yang dibongkar itu hanya lapak pedagang yang memang setuju dibongkar,” kata Pedagang Pasar Sentral Makassar, Muammar.

Muammar juga menilai, langkah pemerintah untuk pengamanan relokasi yang dilakukan terkesan berlebihan dan menakuti para pedagang.

“Yang kami protes karena pola relokasinya yang terlalu berlebih-lebihan, makanya beberapa pedagang nampak ketakutan,” ucapnya.

Setidaknya ada sekira 250 personil yang disiagakan. Terdiri atas 150 personil dari Polres Pelabuhan dan jajaran, serta 115 personil Satpol PP dan 2 unit mobil Pemadam Kebakaran. (Rusdi)


Advertisement
loading...
Comments

Sulsel

KPU Makassar Lakukan Cara Unik Saat Coklit

Published

on

By

Makassartoday.com – Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Mulai dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Setelah melakukan apel akbar 20 Januari 2018 di Lapangan Karebosi Makassar lalu, petugas PPDP mulai menjalankan tugasnya mendatangi rumah warga untuk melakukan pencoklitan data pemilih, yakni mencocokkan DP4 dengan KK yang miliki oleh warga.

Untuk menarik perhatian warga, petugas PPDP menggunakan pakaian yang dapat menarik perhatian warga, seperti di kelurahan Rappokalling Kecamatan Tallo petugas PPDP mengenakan pakaian yang sengaja mengundang perhatian.

Sementara di kelurahan lainnya, petugas PPDP ada yang menggunakan Baju Bodo khas Sulsel. Sedangkan anggota PPK dan PPS yang ikut mendampingi petugas PPDP dalam melakukan pencoklitan menggunakan pakaian seragam.

Pencocokan dan Penelitian ini dilakukan berbeda dengan Pemilihan-pemilihan sebelumnya yang masih manual. Sekarang berbasis aplikasi, semua petugas PPDP menggunakan Hp android dan mendownlood aplikasi Lion PPDP KPU Makassar.

Yang unik lagi ada petugas PPDP berumur 50 tahun lebih mengenakan seragam sekolah SMP untuk mencoklit data warga. (Rusdi)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...