2 Legenda Sepak Bola Tanah Air Pilih Pensiun di Laga Akhir 2017 | Makassar Today
Connect with us
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text

Liga Indonesia

2 Legenda Sepak Bola Tanah Air Pilih Pensiun di Laga Akhir 2017

Published

on

MAKASSAR – Dua legenda pesepak bola tanah air, Syamsul Chaeruddin (PSM) dan Ponaryo Astaman (Borneo FC) memilih gantung sepatu pada akhir musim laga tahun 2017 ini.

Kedua mantan pemain Tim Nasional Indonesia ini memiliki alasan berbeda dimana Syamsul Chaeruddin yang selama 15 musim memperkuat tim Juku Eja mundur dengan alasan gagal membawa tim kesayangan tersebut merebut juara.

“Saya sudah 15 musim saya memperkuat PSM. Tapi, tidak sekalipun saya mempersembahkan trofi juara buat klub yang saya cintai ini. Saya akui gagal dan meminta maaf pada suporter yang selama ini setia mendukung PSM,” ujar Syamsul dengan kesedihan pada jumpa media seusai duel PSM vs Madura United di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Minggu (12/11/2017).

Pria yang pernah memperkuat Timnas di dua kali laga Piala Asia itu menyatakan, selama memperkuat PSM, dirinya sudah berusaha tampil total setiap kali dipercaya oleh pelatih. “Itu karena saya punya hasrat yang besar untuk membawa PSM juara,” kata Syamsul, yang hanya mampu membawa PSM dua kali jadi runner-up pada Liga Indonesia 2002-2004.

“Suasana tim sangat kondusif. Semua pemain punya motivasi dan keinginan yang besar untuk membawa PSM juara. Sayang, kami gagal menggapai gelar,” kata mantan Kapten PSM Makassar itu.

Sementara Penggawa Borneo FC, Punaryo Astaman  mengucapkan selamat tinggal usai menghadapi Arema FC di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (11/11/2017).

Ponaryo, yang akrab disapa Popon, membela Pesut Etam sejak turnamen Torabika Soccer Championship (TSC) 2016. Dalam kompetisi Liga 12017, dia hanya tampil 19 kali lantaran disibukkan jadwal kursus lisensi pelatih level A AFC yang digelar PSSI.

“Seperti yang saya sampaikan di awal musim, tahun ini adalah tahun terakhir saya di sepak bola profesional. Kenapa tidak kembali, kenapa tidak pulang, karena rumah bukan hanya tempat kita berasal, tapi rumah kadang kala di mana kita menentukan pilihan untuk tinggal,” kata pemain kelahiran Balikpapan tersebut, dilansir Instagram klub.

Ponaryo mengawali karier di sepak bola bersama tim PKT Bontang pada tahun 2000. Dia berkesempatan membela klub-klub besar di Liga Indonesia lainnya seperti Arema, Persija Jakarta, Sriwijaya FC hingga PSM Makassar.

Sementara di level timnas, Ponaryo tercatat mengoleksi 61 caps bersama Skuat Garuda. Dia juga menyumbangkan dua gol untuk Timnas Indonesia, termasuk pada Piala Asia 2004 ke gawang Qatar.

“Terima kasih. Tidak banyak yang bisa saya berikan, tapi terlalu banyak yang bisa saya kenang. Mohon maaf apabila ada kesalahan,” tutup Ponaryo. (BS)

BAGIKAN:
Comments

Liga Indonesia

Robert Optimis PSM Bisa Curi Poin di Laga Tandang Bali United

Published

on

By

Makassartoday.com – Setelah menelang kekalahan pada musim lalu dari Bali United, PSM Makassar kembali dipertemukan pada pekan ke-15 Liga 1 2018 yang akan berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (11/7/2018).

Masih sangat jelas bagaimana Bali United menundukkan PSM Makassar di kandangnya. Momen kali ini merupakan kesempatan bagi Zulkifli Syukur CS untuk mengusung misi balas dendam.

Oleh karena itu, laga kontra kali ini tidak akan disia-siakan oleh tim Pasukan Ramang untuk mengalahkan Bali United. Meski tim tuan rumah kedatangan dua pemain anyar yakni Melvin Platje (Belanda) dan William Robert Flood (Irlandia).

Namun Pelatih PSM Makassar, Robert Albert tetap optimis mampu mengalahkan Bali United dan memperoleh 3 poin pada pekan ini.

“Bali juga setelah 10 pertandingan pertama kurang menguntungkan. Tapi setelahnya mulai menanjak lagi. Saya kira hampir-hampir sama dengan musim lalu dan mulai bangkit kembali memainkan permainan efektif,” pungkasnya. (Tina/Foto IG @psmmania)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Liga Indonesia

Suporter dan Pemain PSM Makassar Tarawih Berjemaah Sebelum Jamu Persebaya

Published

on

By

Makassartoday.com – PSM Makassar akan menjamu Persebaya pada pekan ke 13 Liga 1, di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Sabtu (9/6/2018) malam, kick off pukul 21:30 Wita.

Pertandingan tersebut akan disiarkan langsung stasiun televisi Indosiar setelah salat tarawih berjamaah bersama para suporter, sejumlah pemain dan official di pelataran stadion.

Pada laga ini PSM Makassar kembali menurunkan Marc Klok yang sebelumnya terkena akumulasi kartu kuning pada saat laga bersama Persipura Jayapura.

Robert Albert menunjuk Wiljan Pluim untuk menjadi kapten dalam menjamu Persebaya pada malam ini.

Berikut perkiraan nama pemain PSM Makassar yang diturunkan melawan Persebaya :

Rivki Mokodompit, Marc Klok, Abdul Rahman, Hendra Wijaya, Zulkifli Syukur, Reva Adi Utama, Heri Susanto, Wiljan Pluim, Rasyid Bakri, Zulham Zamrun, Rizki Pellu, Hasim Kipuw, Ferdinand Sinaga, Guy Junior, Fauzan, Ardan Aras, Saldy, M. Rahmat, Steven Paulle.

Perkiraan nama pemain Persebaya :

David da Silva, Feri Pahabol, Alfonsius Kelvan, Ricky Kayame, Osvaldo Haay, Misbakus Solikin, Adam Maulana, M.Irvan Febrianto, Fadry Imbiri, Irfan Jaya, Miswar Saputra, Ruben Sanadi, M Syaifuddin, Otavio Dutra, Abu Rizal Maulana, Robertino Pugliara, Sidik Saimima, Rendi Irwan, Fandi Eko Utomo. (Tina)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Liga Indonesia

PSM Puncaki Klasemen Usai Tahan Imbang Persipura

Published

on

By

Makassartoday.com – PSM Makassar tampil berbeda di pertandingan pekan ke 12 Liga 1, saat melawan Persipura Jayapura yang berlangsug di Stadion Mandala Jayapura, Papua. Senin (4/6/2018).

Pertandingan ini berlangsung tanpa beberapa pemain inti. Namun PSM Makassar mampu mengimbangi tim tuan rumah, sejumlah serangan pun terjadi antara ketua tim. Hanya saja belum ada yang mampu mencetak gol.

10 menit terakhir di babak pertama, mereka tidak pernah berhenti melakukan serangan hingga babak pertama usai dengan skor yang masih 0-0 antara PSM Makassar melawan tim Mutiara Hitam.

Memasuki babak kedua, permainan antara kedua tim semaking memanas, jual beli serangan masih terjadi meski lebih didomisili oleh Persipura Jayapura, namun dibabak kedua, permainan PSM kembali meningkat dari tim tuan rumah.

Menit ke 81, persipura berhasil membobol gawang Rivky Mokodompit melalui gol yang dicetak oleh Marcel Sacramento melalui tendangan kaki kirinya. Hingga skor berubah menjadi 1-0 atas PSM Makassar.

Tak berselang lama, PSM Makassar memperkecil kekalahannya melalui gol yang dihasilkan oleh Abdul Rahman pada menit ke-86 melalui sundulan kepala.

Gol tersebut tercipta berkat sepakan pojok dari Pangeran Rasyid Bakri yang berhasil dimanfaatkan oleh Abdul Rahman. Hingga pertandingan babak kedua berakhir dengan skor 1-1.

Berkat gol Abdul Rahman tersebut, PSM berhasil mendapatkan poin dan kembali menduduki urutan pertama di puncak klasemen sementara laga Gojek Liga 1. (Tina/Foto: Sepakbolamks)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya