2 Legenda Sepak Bola Tanah Air Pilih Pensiun di Laga Akhir 2017 | Makassar Today
Connect with us

Liga Indonesia

2 Legenda Sepak Bola Tanah Air Pilih Pensiun di Laga Akhir 2017

Published

on

MAKASSAR – Dua legenda pesepak bola tanah air, Syamsul Chaeruddin (PSM) dan Ponaryo Astaman (Borneo FC) memilih gantung sepatu pada akhir musim laga tahun 2017 ini.

Kedua mantan pemain Tim Nasional Indonesia ini memiliki alasan berbeda dimana Syamsul Chaeruddin yang selama 15 musim memperkuat tim Juku Eja mundur dengan alasan gagal membawa tim kesayangan tersebut merebut juara.

“Saya sudah 15 musim saya memperkuat PSM. Tapi, tidak sekalipun saya mempersembahkan trofi juara buat klub yang saya cintai ini. Saya akui gagal dan meminta maaf pada suporter yang selama ini setia mendukung PSM,” ujar Syamsul dengan kesedihan pada jumpa media seusai duel PSM vs Madura United di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Minggu (12/11/2017).

Pria yang pernah memperkuat Timnas di dua kali laga Piala Asia itu menyatakan, selama memperkuat PSM, dirinya sudah berusaha tampil total setiap kali dipercaya oleh pelatih. “Itu karena saya punya hasrat yang besar untuk membawa PSM juara,” kata Syamsul, yang hanya mampu membawa PSM dua kali jadi runner-up pada Liga Indonesia 2002-2004.

“Suasana tim sangat kondusif. Semua pemain punya motivasi dan keinginan yang besar untuk membawa PSM juara. Sayang, kami gagal menggapai gelar,” kata mantan Kapten PSM Makassar itu.


Sementara Penggawa Borneo FC, Punaryo Astaman  mengucapkan selamat tinggal usai menghadapi Arema FC di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (11/11/2017).

Ponaryo, yang akrab disapa Popon, membela Pesut Etam sejak turnamen Torabika Soccer Championship (TSC) 2016. Dalam kompetisi Liga 12017, dia hanya tampil 19 kali lantaran disibukkan jadwal kursus lisensi pelatih level A AFC yang digelar PSSI.

“Seperti yang saya sampaikan di awal musim, tahun ini adalah tahun terakhir saya di sepak bola profesional. Kenapa tidak kembali, kenapa tidak pulang, karena rumah bukan hanya tempat kita berasal, tapi rumah kadang kala di mana kita menentukan pilihan untuk tinggal,” kata pemain kelahiran Balikpapan tersebut, dilansir Instagram klub.

Ponaryo mengawali karier di sepak bola bersama tim PKT Bontang pada tahun 2000. Dia berkesempatan membela klub-klub besar di Liga Indonesia lainnya seperti Arema, Persija Jakarta, Sriwijaya FC hingga PSM Makassar.

Sementara di level timnas, Ponaryo tercatat mengoleksi 61 caps bersama Skuat Garuda. Dia juga menyumbangkan dua gol untuk Timnas Indonesia, termasuk pada Piala Asia 2004 ke gawang Qatar.

“Terima kasih. Tidak banyak yang bisa saya berikan, tapi terlalu banyak yang bisa saya kenang. Mohon maaf apabila ada kesalahan,” tutup Ponaryo. (BS)

Advertisement
Comments

Liga Indonesia

Tandang ke Barito Putera, PSM Kalah 2-1

Published

on

By

Makassartoday.com – Pekan ke-4 Laga lanjutan Gojek Liga 1 2018, PSM Makassar melawan tuan rumah Barito Putera yang berlangsung di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Senin (16/04/2018) sore berkahir dengan skor 2-1 untuk tuan rumah.

Jual beli serangan mulai berlangsung sejak babak pertama, hingga memasuki menit ke -16, Douglas Packer berhasil membobol gawang PSM Makassar yang dijaga oleh Sahahar Ginanjar.

Gol tersebut berawal dari tendangan penalti yang berhasil ditepis oleh Shahar Ginanjar, namun bola.muntah kembali diambil Douglas Packer hingga tercipta sepakan keras yang tak mampu ditepis oleh kiper PSM Makassar itu.


Memasuki menit ke-28 PSM Makassar berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 berkat gol yang dicetak oleh Ferdinand Sinaga atas umpan panjang dari pertahanan Tim Juku Eja.

Ferdinand Sinaga berhasil menembus pertahanan tim tuan rumah Barito Putera dan berhadapan head to head dengan kiper Barito, Adithya Harlan.

Menit ke-91+3 anak-anak Barito Putera kembali menambah keunggulan berkat servis yang sangat cerdik oleh Majas Cardoba yang berhasil masuk ke pojok kiri gawang Shahar Ginanjar.

Hingga peluit panjang berbunyi, berkat Gol tersebut PSM Makassar harus menelan kekalahan di kandang Barito Putera dengan Skor 2-1 atas PSM Makassar. (Tina)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler