Dewan Minta Pemkot Optimalkan Penerimaan Daerah Tahun 2018 | Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Dewan Minta Pemkot Optimalkan Penerimaan Daerah Tahun 2018

Published

on

MAKASSAR – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Pokok tahun 2018 mulai memasuki tahap pembahasan.

Setelah sebelumnya digelar paripurna tentang Penjelasan Umum Wali Kota Makassar terkiat RAPBD Pokok 2018, kali ini kembali digelar paripurna pandangan fraksi-fraksi atas penjelasan tersebut, Selasa (14/11/2017).

Salah satu fraksi yang memberikan pandangan, yakni Fraksi Golkar memfokuskan pada penerimaan daerah, dimana pada tahun 2016 lalu terjadi penundaan dana perimbangan sebagai akibat dari rendahnya penerimaan Negara dari sektor pajak dari apa yang diproyeksikan sebelumnya.

Juru Bicara Fraksi Partai Golkar, Sahruddin Said memaparkan, bahwa fraksinya berpandangan bahwa segala bentuk potensi penerimaan daerah pada tahun 2018 harus dihitung dan diproyeksikan dengan saksama.

Selain meminta optimalisasi penerimaan daerah, Fraksi Golkar juga meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk lebih memberdayakan lembaga suporting, seperti RT/RW dan LPM agar dapat mengoptimalkan partisipasi masyarakat.

“Keberadaan lembaga-lembaga supporting pemerintahan tersebut dalam menggalang dan meningkatkan partisipasi masyarakat cukup penting artinya, oleh karena itu pembinaan dan pemberdayaan lembaga-lembaga ini sepatutnya mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Makassar,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Juru Bicara Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Haslinda Wahab bahwa Pemkot Makassar harus segera mewujudkan insentif yang telah dijanjikan terhadap lembaga-lebaga supporting pemerintahan seperti RT, RW dana LPM agar kinerja Lembaga tersebut  bisa semakin maksimal. (Adhit)


Advertisement
loading...
Comments

Sulsel

KPU Makassar Lakukan Cara Unik Saat Coklit

Published

on

By

Makassartoday.com – Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Mulai dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Setelah melakukan apel akbar 20 Januari 2018 di Lapangan Karebosi Makassar lalu, petugas PPDP mulai menjalankan tugasnya mendatangi rumah warga untuk melakukan pencoklitan data pemilih, yakni mencocokkan DP4 dengan KK yang miliki oleh warga.

Untuk menarik perhatian warga, petugas PPDP menggunakan pakaian yang dapat menarik perhatian warga, seperti di kelurahan Rappokalling Kecamatan Tallo petugas PPDP mengenakan pakaian yang sengaja mengundang perhatian.

Sementara di kelurahan lainnya, petugas PPDP ada yang menggunakan Baju Bodo khas Sulsel. Sedangkan anggota PPK dan PPS yang ikut mendampingi petugas PPDP dalam melakukan pencoklitan menggunakan pakaian seragam.

Pencocokan dan Penelitian ini dilakukan berbeda dengan Pemilihan-pemilihan sebelumnya yang masih manual. Sekarang berbasis aplikasi, semua petugas PPDP menggunakan Hp android dan mendownlood aplikasi Lion PPDP KPU Makassar.

Yang unik lagi ada petugas PPDP berumur 50 tahun lebih mengenakan seragam sekolah SMP untuk mencoklit data warga. (Rusdi)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...