KPLM Sukses Gelar Mini Kontes Louhan di Makassar | Makassar Today
Connect with us

Komunitas

KPLM Sukses Gelar Mini Kontes Louhan di Makassar

Published

on

MAKASSAR – Para penghobi ikan hias Louhan di Sulawesi, khususnya yang tinggal di Makassar, membentuk perkumpulan Komunitas Pencinta Louhan Makassar (KPLM).

Anggota dalam KPLM ini, menggelar kegiatan  yang diberi nama Mini Kontes Louhan Makassar dan diadakan pada tanggal 9-12 November 2017 di Carrefour Panakkukang.

Kegiatan ini terlaksana sesuai rencana berkat kerjasama semua anggota dan panitia yang dikoordinir oleh Jonatan. Demikian ditegaskan salah seorang anggota KPLM, Irwansyah Sukarana kepada media di Makassar, Selasa (14/11/2017).

Dijelaskan komunitasi ini, merupakan salah satu wadah entitas bagi para penghobi ikan hias Louhan di Sulawesi, khususnya Makassar.

KPLM  dibentuk guna memfasilitasi antusiasme para penghobi ikan hias Louhan, sekaligus mendorong berkembangnya hobi ikan hias Louhan.

“Kontes ini bertujuan menjalin persaudaraan dan kebersamaan antar sesama penghobi ikan hias Louhan di Kota  Makassar, menghidupkan kembali kecintaan masyarakat terhadap ikan hias
Louhan,” jelas Irwansyah.

Kontes juga bertujuan mendorong perkembangan kualitas ikan hias louhan dalam skala kompetisi,serta Menjadikan Kota Makassar sebagai barometer Komunitas ikan hias louhan di 
Indonesia.
 
Peserta kontes ini sebanyak 103 peserta yang terbagi dalam 8 (delapan) 
kategori dari seluruh Sulawesi. Kategori tersebut antara lain: kategori Prospek (size 12 cm).

Cencu C untuk cencu size 12 – 16 cm, Ching Hwa C untuk Ching Hwa size 12-16 cm, Cencu B untuk cencu size 16-23 cm, Ching Hwa B untuk Ching Hwa size 16-23 cm. Modern A untuk Cencu dan Ching Hwa size 23 cm, Free Marking untuk Cencu dan Ching Hwa non-marking ukuran all size, serta Klasik untuk Cencu dan Ching Hwa non-mutiara ukuran all size.

Sistem penjurian mengikuti standar Perhimpunan Pencinta Louhan Indonesia (P2LI). Juri yang dipercaya untuk menilai adalah Budy Triyono (Jakarta).

Acara ini bersifat terbuka gratis untuk pengunjung dan masyarakat pencinta ikan
hias secara umum. Acara juga diselingi dengan diskusi terbuka antara peserta dan juri, serta lelang terbuka ikan louhan dari ARIES Louhan Team sebanyak 5 ekor.

Daftar Pemenang Mini Kontes Louhan: kategori : Prospek, juara 1 Dennis
Kategori : Cencu C Juara 1 Stefannus Lee Kategori : Ching Hwa C juara 1 Dennis
Kategori : Cencu B Juara 1 Dennis Kategori : Ching Hwa B Juara 1 Dennis.
Modern A : Juara 1 Abinajwa Freemarking : Juara 1 Uta CHAT Klasik : Juara 1 Uta CHT
Grand Champion (GC) CCB7 Dennis  Baby Champion (BC) CCC15 Stefannus Lee. (Yahya)


Advertisement
loading...
Comments

Komunitas

Danny Ingin MTC Jadi Contoh Perilaku Tertib Berlalulintas

Published

on

By

Makassartoday.com – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengajak MTC (Makassar Tiger Club) tour keliling Makassar.

Ajakan itu disampaikan Danny saat mengukuhkan Badan Pengurus MTC Periode 2017-2019 di Baruga Anging Mammiri, Jumat (19/1/2018).

“Kita tour keliling Makassar sekali seminggu atau dua minggu sekali. Ramai – ramai,” ajak Danny.

Tur keliling Makassar dimaksudkan tidak sekedar konvoi mengitari kota. Tour itu juga memberikan edukasi etika berlalulintas di jalan umum. Misalnya, memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor berupa SIM dan STNK.

Kelengkapan kendaraan motor lainnya, seperti kaca spion, lampu sign, dan lampu stop juga kelengkapan pengendara seperti helm. Danny berharap, MTC dapat memberikan contoh perilaku tertib lalu – lintas bagi pengguna jalan yang lain.

Tertib lalu lintas kata Danny, harus dibudayakan di tengah – tengah masyarakat, apalagi jumlah pengendara motor baik roda dua ataupun empat terbilang besar di Makassar.

Tak jarang, kemacetan yang panjang juga diakibatkan oleh perilaku pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan lalu lintas. Contoh kecilnya, pengendara kerap menerobos traffic light saat lampu berwarna merah.

Lazim pula dijumpai, pengendara menghentikan kendaraan saat lampu berwarna merah di lajur yang mengharuskan berbelok kiri langsung.

Perilaku seperti inilah yang membutuhkan edukasi sehingga pengendara bisa menyadari sangat penting menghargai hak pengguna jalan yang lain.

“Perilaku tertib lalu lintas akan menghindarkan kita dari resiko kecelakaan di jalan raya,” ingat Danny.

Selain memberikan edukasi tertib lalu – lintas, Danny juga berharap MTC dapat mengisi ruang – ruang kreatifitas di Makassar dengan menggelar berbagai kegiatan positif. (*)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...