Politik

Deklarasi NH-Aziz Disebut Sukses, Nurmal: Ini Pesan Nyata Bagi Rivalnya!

MAKASSAR – Kesuksesan dan kemeriahan deklarasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel, Nurdin Halid dan Aziz Qahhar Mudzakkar di Lapangan Karebosi, Jumat (17/11/2017) malam, merupakan pesan tegas dan nyata kepada para calon rival paslon ini.

Selain karena pelaksanaan acaranya yang megah dan meriah, juga karena deklarasi itu dihadiri oleh banyak tokoh yang berpotensi menjadi vote getter alias pengumpul suara.

“Kita bisa melihat kehadiran dua tokoh Tanri Bali Lamo dan Burhanuddin Andi, mantan bakal calon gubernur dan wakil gubernur jelas membuat potensi pertambahan dukungan NH-Aziz. Ini juga membuktikan kemampuan komunikasi politik NH-Aziz jauh lebih maju dari NA-Ass dan IYL Cakka,” ujar Nurmal Idrus, Direktur

Lembaga Bantuan Teknis dan Manajemen Pemilu, Nurani Strategic. “Strategi mereka untuk mendekati figur yang tak jadi maju adalah strategis,” ujar Nurmal.

Selain itu, kehadiran tokoh-tokoh berpengaruh di Sulsel seperti Amin Syam dan Aksa Mahmud cukup membantu NH-Aziz dalam meningkatkan elektabilitas.

Antusiasme massa serta kemegahan acara juga menunjukkan tim paslon ini punya manajemen yang baik.

“Tak mungkin semegah itu dan sebanyak itu massa yang hadir tanpa manajemen yang baik. Mereka menguasai teknik pengerahan massa yang sangat berguna untuk mobilisasi pemilih. Ini saya pikir tes case mereka memobiisasi pemilih ke TPS karena massanya berasal dari semua daerah,” tambahnya.

Nurmal memuji keputusan NH Aziz memilih pelaksanaan acara pada malam hari. “Sebelumnya saya berpikir ini sangat beresiko terutama karena gampang disabotase dan pasti sulit mengerahkan massa. Tapi ternyata justru itu membuat acara menjadi meriah karena terlihat megah dan mereka akhirnya bisa mengukur kemampuan pengerahan massa yang sulit dilakukan jika malam hari,” katanya.

Menurur Nurmal, kekuatan NH Aziz adalah di infrastruktur politik. “Kalau NH-Aziz mampu mengkonsolidasi dan mengendalikan semua infrastruktur politik mereka dengan baik, maka pasangan bisa dengan mudah memenangkan pilkada. Mereka mesti harus mampu mengendalikan dengan baik kekuatan-kekuatan 6 parpol koalisi, para kepala daerah di bawah mereka dan kekuatan tim ustad Aziz yang ausah teruji. Dan, saya lihat acara deklarasi tadi malam adalah uji coba mereka atas kekuatan-kekuatan itu dan menurut saya itu sukses,” tukas mantan Ketua KPU Makassar ini. (Rusdi) 

alterntif text

BAGIKAN:
alterntif text
loading...
Comments

Terpopuler

loading...
To Top