10 Dampak Negatif Kurang Minum Air Putih | Makassar Today
Connect with us

Health

10 Dampak Negatif Kurang Minum Air Putih

Published

on

Air adalah komponen utama organ vital, seperti otak, hati, dan jantung. Air putih penting untuk tulang Anda dan bahkan ruang antara sel Anda. Itu sebabnya minum air putih terlalu sedikit bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Berikut uraian 10 penyesalan yang akan terjadi jika kurang minum air putih :

1. Dehidrasi kulit

Selain menggunakan krim pelembab dan perawatan alami lainnya, solusi terbaik untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi adalah cukup minum air. Elastisitas kulit Anda bergantung pada keseimbangan air yang cukup. Untuk mengetahui apakah kulit Anda mengalami dehidrasi, lakukan tes berikut ini:

Dengan lembut cubit kulit dan lihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kembali ke posisi normalnya. Jika Anda mengalami dehidrasi, kulit akan sangat perlahan kembali ke bentuk semula. Jika tidak dehidrasi, akan segera kembali.

Anda juga bisa menguji suhu kulit, terutama wajah, untuk melihat apakah itu mengalami dehidrasi. Biasanya, tubuh membutuhkan banyak air untuk mempertahankan suhu yang ideal. Ini berarti bahwa jika kulit Anda lebih panas dari biasanya, Anda mungkin perlu lebih banyak minum air putih.

2. Sembelit

Konstipasi membuat sulit buang air besar secara normal, dan salah satu penyebab utamanya adalah kurang minum air.Jika usus bertugas membentuk tinja, usus besar akan mengeluarkan banyak air untuk mempermudah keluarnya. Bila tidak ada cukup air akan menyulitkan untuk membuang tinja dan bisa menyebabkan sakit perut.

Salah satu masalah yang berhubungan langsung dengan sembelit adalah wasir, yang disebabkan oleh usaha yang harus dilakukan usus untuk menghilangkan kotoran yang sangat padat atau kering.

Pastikan Anda bebas sembelit dan wasir dengan selalu cukup minum air putih setiap hari.

3. Kram Otot

Kram otot biasanya terkait dengan aktivitas fisik, tapi bisa juga dikaitkan saat tubuh Anda kekurangan air.

Dengan adanya tingkat cairan yang tidak mencukupi dalam tubuh, Anda mengalami ketidakseimbangan pasokan elektrolit dan mineral Anda. Komponen ini sangat penting untuk fungsi otot Anda.

Inilah sebabnya mengapa sebaiknya Anda tetap terhidrasi saat berolahraga atau beraktivitas, karena Anda kehilangan air dan mineral melalui keringat Anda.

4. Kelelahan

Tidak cukup minum air putih secara langsung mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda dan bisa menyebabkan kelelahan. Bila Anda tidak memiliki cukup cairan, sel Anda memperlambat aktivitas mereka dan menghasilkan lebih sedikit energi. Orang yang menderita dehidrasi sering lelah dan mengantuk karena alasan ini. Untungnya, efek kelelahan bisa diatasi dengan minum air putih.

Sebaiknya makan buah dan sayuran yang mengandung banyak air untuk meningkatkan jumlah cairan di tubuh Anda. Selain asupan vitamin, buah seperti semangka dan jeruk memberi gula yang secara alami meningkatkan tingkat energi Anda.

5. Mulut kering


Masalah dengan mulut kering sering dikaitkan dengan kebersihan mulut dan pencernaan makanan yang tepat. Saran terbaik saat Anda memiliki mulut kering adalah segera minum air.

Gejala mulut kering: sensasi lengket atau kering, air liur tebal, nyeri atau terbakar di mulut atau lidah, bibir pecah-pecah atau di sudut mulut, lidah kering dan kasar, kesulitan mengunyah, mencicipi makanan, atau menelan.

6. Migrain

Sebagian besar, migrain berhubungan dengan dehidrasi. Bila Anda tidak minum cukup air, pembuluh darah Anda akan membesar, yang menyebabkan sakit kepala hebat. Ingat bahwa dehidrasi tidak hanya terjadi pada hari dengan suhu tinggi. Selama Anda minum cukup air, Anda akan memiliki keseimbangan yang memadai dan akan mengurangi risiko terkena migrain.

7. Tekanan Darah Tinggi

Kurang minum akan mengurangi volume darah di pembuluh darah Anda saat idealnya, mereka harus ‘kenyang’.

Agar organ tubuh Anda berfungsi dalam kondisi dehidrasi, tubuh Anda melepaskan hormon histamin. Zat ini menyebabkan pembuluh darah dan arteri berkontraksi, yang menyebabkan peningkatan tekanan darah Anda.

Banyak minum air juga meningkatkan sirkulasi, mengurangi penumpukan racun dan zat berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

8. Masalah dengan ginjal Anda

Minum banyak air merangsang fungsi ginjal yang tepat. Ginjal Anda bertanggung jawab untuk mengeluarkan racun, urea, dan garam dari tubuh Anda. Bila ginjal Anda tidak dapat melakukan fungsi vital ini, masalah kesehatan tertentu akan muncul, seperti batu ginjal.

Menjaga kesehatan ginjal artinya Anda berkontribusi terhadap keseimbangan metabolik tubuh Anda dan membantu mencegah gangguan dan penyakit kronis.

9. Berat badan

Terkadang, gejala kelaparan bisa menjadi bingung dengan haus. Beberapa orang akan makan, padahal tubuh mereka sebenarnya menuntut cairan.

Ini adalah faktor penting yang perlu diingat saat merawat berat badan dan kesehatan Anda. Anda juga harus tahu bahwa minum air mempercepat metabolisme Anda, yang meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar.

Sebagian besar makanan biasanya membutuhkan beberapa gelas air setiap hari untuk alasan ini. Ingat bahwa Anda harus minum air putih, bagaimanapun, tanpa tambahan gula atau penyedap buatan.

10. Nyeri sendi

Jika Anda pernah merasakan nyeri sporadis di persendian Anda, sangat mungkin Anda tidak cukup minum air putih.

Tulang rawan Anda, yang membantu membatasi gesekan di dalam persendian Anda, terdiri dari 70 persen air. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memiliki banyak cairan sehingga tulang rawan Anda dapat mempertahankan bentuknya yang tepat, yang memungkinkan pergerakan di antara tulang-tulang.

Jumlah air yang harus Anda minum tergantung pada faktor-faktor seperti usia, tingkat aktivitas fisik, cuaca, dan kesehatan Anda. Karena itu penting untuk fungsi vital tubuh Anda, Anda harus meningkatkan asupan air agar tetap sehat. (*)

Advertisement
Comments

Women

Mengenal Ciri Wanita Yang Ingin Menikah!

Published

on

By

Makassartoday.com – Wanita adalah makhluk misterius yang sulit ditebak. Dari mulut, mereka mengatakan “Iya” tapi di hati mereka mengatakan “Tidak”. Jadinya kamu yang bingung.

Sudah bukan pertanyaan lagi kalau wanita lebih cepat ingin menikah dibanding pria. Bukan berarti kamu bisa cuek saja apalagi kalau kamu sudah dalam hubungan yang serius. Menunda terlalu lama tidak baik untuk sebuah hubungan karena akan menimbulkan konflik yang berkepanjangan.

Kalau kamu belum punya pasangan dan sudah siap untuk menikah, jangan khawatir. Tidak perlu agresif dalam mendekati para wanita. Justru kalau pria terlalu agresif, membuat wanita tinggi hati. Mereka akan berusaha untuk jual mahal. Bisa-bisa kamu bakalan ditolak mentah-mentah. Caranya mudah. Cukup mengamati jawaban dari bahasa tubuh mereka saja.

Kalau kamu melihat gerak-gerik berikut pada setiap wanita, siap-siaplah bertindak. Selamat membaca!

1. Mulai sering upload foto anak kecil atau foto bersama anak kecil di media sosial.

Jika kamu sudah siap untuk menikah namun belum ketemu pasangan, jangan galau! Banyak jalan menuju Arab. Salah satunya dengan memperhatikan foto teman-teman wanita kamu di media sosial terutama BBM. Biasanya, setiap hari para wanita akan mengganti foto profil namun setiap hari juga foto yang diganti ada anak kecilnya. Kalau kamu melihat tanda seperti itu, berarti sang wanita menitipkan pesan “Aku mau nikah.”

Kalau sudah punya hubungan dengan wanita itu, maka kamu jangan pura-pura lugu dan tidak tahu. Segera datangi orang tuanya dan minta untuk menikah. Kadang-kadang wanita tidak mau memberitahukannya.

2. Mulai sering membicarakan tentang pernikahan.

Sedang ngumpul-ngumpul bersama teman-teman pasti sering tema pembahasan tentang pernikahan. Itu juga tanda lho! Orang-orang itu udah kepengen kali untuk menikah. Bagi wanita dan pria, kalian harus jeli. Ini adalah peluang emas untuk menggaet pasangan karena kalian sedang berada di komunitas yang kepengen menikah segera.


3. Mulai nonton atau baca tentang hal-hal yang berbau pernikahan.

Kalau jumpa wanita di toko buku yang sedang melihat-lihat buku tentang pernikahan atau jumpa di toko kaset, boleh langsung tanya “Mau nikah, dek ya?” Mudah-mudahan tidak ditabok sama buku, ya. Kalau ditabok, anggap aja sebagai awal sebuah hubungan perkenalan. Minta nomor HP, pin BBM, dan langsung PDKT. Jangan tunggu lama karena proses untuk wanita dengan tanda-tanda seperti itu, akan cepat proses jadiannya. Langsung ajak nikah.

4. Mulai sering update status tentang cinta di media sosial.

Coba perhatikan status wanita-wanita di media sosial Facebook dan BBM. Pasti akan banyak sekali yang menuliskan status galau atau memasang foto kata-kata motivasi tentang pernikahan. Jangan dianggap biasa aja! Sebenarnya mereka tidaklah galau tetapi sedang menyampaikan sebuah sandi rahasia “Aku mau nikah, aku mau dilamar.” Jangan mikir lagi! Langsung PING aja wanita itu dan ajak nikah.

5. Mulai sering datang di acara pernikahan teman.

Ada undangan pernikahan dari teman. Kamu harus datang karena di sana kamu akan mendapatkan banyak sekali wanita-wanita yang siap untuk dilamar. Seperti orang jaman dulu, sering dapat jodoh pada saat pesta pernikahan orang lain. Tandanya mudah. Tinggal lihat saja wanita yang datang tidak dengan pasangannya. Itulah dia, sang wanita yang mulai ingin menikah.

Salah satu alasan wanita-wanita ini datang pada saat pernikahan teman adalah supaya tidak enak telah diundang, menyambung silaturrahmi, tapi sebenarnya ada alasan lain yang disembunyikan yaitu supaya sang wanita diperhatikan oleh para pria yang jomblo di pesta itu, didekatin, dan pada akhirnya diajak nikah.

Ini hanyalah penelitian non ilmiah dan pernah dipresentasikan di hadapan ratusan orang bagi sepuluh di grup media sosial rahasia. Kalau benar, Alhamdulillah. Kalau salah, ya sudah.

(Sumber: hipwee)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler