Trump: Saatnya Akui Yerusalem Ibu Kota Israel | Makassar Today
Connect with us
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text

Internasional

Trump: Saatnya Akui Yerusalem Ibu Kota Israel

Published

on

WASHINGTON – Presiden Donald Trump sudah mengumumkan pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat ke Yerusalem dan mengakuinya sebagai ibu kota Israel, walau sejak awal ditentang oleh sejumlah pihak.

Dalam pidatonya di Gedung Putih, Rabu (6/12/2017), Presiden Trump mengatakan ‘sudah saatnya untuk mengakui secara resmi Yerusalem sebagai ibu kota Israel’.

“Hari ini Yerusalem adalah kursi bagi pemerintah modern Israel, rumah bagi parlemen Israel, Knesset, rumah bagi Mahkamah Agung,” tuturnya.

Dia juga menambahkan Israel memiliki hak untuk menentukan ibu kotanya dan penundaan penetapan Yerusalem sebagai ibu kota Israel selama ini tidak membawa apapun dalam mencapai perdamaian.

Menurut Trump, Amerika Serikat tetap berkomitmen pada solusi dua negara dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina.

Pemerintah Indonesia sebelum pengumuman di Gedung Putih ini sudah mengingatkan bahwa keputusan pemindahan kedutaan besar itu akan memperburuk konflik Palestina-Israel.

“Jelas posisi Pemerintah Indonesia sependapat mendukung Palestina agar Amerika Serikat tak memindahkan kantor kedutaannya (dari Tel Aviv) ke Jerusalem,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantornya, Rabu (6/12/2017). (BS)

BAGIKAN:
Comments

Internasional

Danny Pembicara di World City Summit 2018 Singapura

Published

on

By

Makassartoday.com – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto kembali memperoleh kehormatan untuk menjadi pembicara di level Internasional.  

Wali Kota Makassar diundang menjadi pembicara pada World City Summit 2018 dan Asean Development Bank 2018 sekaligus pada Asean Mayor Forum 2018, Sabtu (7/7/2018), di Lotus Room Marina Bay Sands Level 4.  

Danny Pomanto menjadi pembicara pada Asean Mayor Forum 2018 Bersama beberapa kepala daerah di Indonesia seperti Anies Baswedan, Tri Rismaharani, Airin Rachmi dan Emil Dardak yang khusus diundang pada forum tersebut.  

Danny dalam persentasenya menjelaskan bagaimana posisi Kota Makassar hingga  saat ini apalagi setelah dihelatnya ajang  AMF 2015 di Kota Makassar.

“Pengakuan terkini dari dunia internasional tentang Makassar sudah menjadi Salah Satu Kota Cerdas dalam Sambutan Presiden Jokowi pada KTT Asean pada bulan April 2018 lalu,” Ucap Danny.  

Ia juga menyebutkan berbagai inovasi dan prestasi yang ditorehkan Makassar dalam kurun waktu 3-4 tahun terakhir ini yakni meraih sebanyak 140 penghargaan.  

Serta peningkatan pertumbuhan ekonomi tertinggi se Indonesia dan angka inflasi yang rendah.  

Selain itu, Danny juga berfokus dalam kebijakan perempuan di Kota Makassar. Katanya, Makassar memberikan perhatian yang cukup serius kepada kesetaraan gender.  

Terbukti dengan Makassar menjadi salah satu kota yang mendapat perhatian serius dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan.  

“Sejak 2014, ketika saya ditunjuk sebagai Walikota Makassar, saya punya konsep perencanaan dan pengembangan kota yang juga perlu mengambil suara perempuan. Saya percaya perannya perempuan di pemerintahan Urban perlu ditingkatkan lebih lanjut,” jelasnya.  

Di Makassar, perempuan diakui sebagai warga negara yang setara bagi laki-laki. Dan kita memiliki definisi sendiri tentang konsep yang sama ini.  

“Sebagai Walikota, saya membuka peluang besar untuk  mendukung perubahan yang responsif gender terhadap situasi wanita, dan kebutuhan wanita sebagai pembentuk masa depan perkotaan, dan tidak terus menganggap mereka sebagai pengguna pasif kota,” pungkas Danny.  

Olehnya itu, Danny mengajak semua masyarakat agar melupakan sejenak isu politik yang terus bergulir. Dan sedikit menoleh ke arah perubahan Makassar yang terus maju ini.  

Ia menambahkan jikalau politik itu tidak boleh destruktif, politik itu hanya sebuah jalan untuk membawa kota ke pentas dunia.  

Kota Makassar selalu disebut di setiap pidato asean  di Singapore dan sangat berkesan.  

“Rasanya bangga membawa Kota Makassar menjadi disegani di 1000 kota di Asean. Mari kita lupakan politik, bersama membangun masa depan Kota Makassarta. Kota kita semua bukan Kota Kotak Kosong,” pungkas Danny. (hms)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Internasional

Tak Punya Garasi, Jangan Harap Bisa Beli Mobil di Negara Ini!

Published

on

By

Makassartoday.com – Sejumlah negara maju telah lama menerapkan aturan kepemilikan kendaraan roda empat (mobil) dengan syarat memiliki garasi.

Aturan itu dikeluarkan pemerintah lantaran melihat dampak negatif dari tingkat populasi kendaraan, salah satunya kemacetan lalulintas.

Di Jepang, kalau mau punya mobil, harus punya sertifikat lahan parkir.

Dilansir dari reinventingparking.org,, hukum di Jepang memang sangat ketat kepada para pemilik mobil. Para pemiliknya diharuskan membuktikan bahwa mereka memiliki lahan parkir atau setidaknya akses ke tempat parkir terdekat. Jika tidak punya, maka para pemilik akan bersiap dengan urusan administrasi yang cukup ribet.

Sertifikat kepemilikan lahan parkir di Jepang disebut sebagai shako shomei sho. Para pemilik mobil harus mendaftarkan ulang mobil mereka jika mereka ingin mengganti alamat karena pindah rumah atau penyebab lainnya.

Aturan ini diklaim oleh Pemerintah sebagai pencegah orang-orang kehabisan tempat parkir dan memberikan kesempatan kepada semua orang untuk memperoleh hak mereka mendapatkan tempat parkir. Aturan ini diklaim sudah ada sejak 1962 dan telah diterapkan di kota-kota besar. 

Jepang juga dikenal sebagai salah satu negara produsen otomotif terbesar di dunia. Bahkan pasar potensial produk otomotif Jepang menyasar konsumen di Indonesia.

Sementara permasalahan kemacetan di kota-kota besar di tanah air masih saja menjadi pekerjaan rumah pemerintah setempat.

Sejauh ini belum ada upaya tegas dalam kebijakan kepemilikan kendaraan bagi warga di Indonesia. Di Makassar, belum ada regulasi yang mengatur tentang syarat garasi kendaraan.

Sebaliknya, kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia terbilang cukup mudah, terlebih sejak menjamurnya diler dan perusahaan pembiayaan.

Di kota Manila, Filipina malah lebih ekstrim. Pemda setempat akan menarik semua kendaraan yang diparkir secara ilegal di sepanjang jalan perumahan, perkampungan, dan trotoar jalanan. Hal ini merupakan bagian dari upaya menghidupkan kembali kebijakan No Garage No Car atau yang artinya “tidak ada garasi, tidak ada mobil”.

Walikota Manila, Joseph Estrada mengatakan bahwa langkah ini harus diambil karena masyarakat tidak segera menggubris peraturan yang ada meski sosialisasi sudah sering disosialisasikan. Masih banyak masyarakat yang tidak punya garasi, tapi nekat membeli mobil. Alhasil, mereka pun memarkir kendaraan di pinggir jalan. Tercatat, pada bulan Januari silam, lebih dari 20 kendaraan diamankan oleh Pemda setempat akibat kepergok memarkir mobil di pinggir jalan.

Estrada mengatakan bahwa hal ini sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Presiden Filiphina, Duterte, agar area yang padat penduduk tidak penuh karena kebanyakan mobil yang diparkir di luar rumah. (bs)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Internasional

Sejumlah Restoran KFC di Inggris Tutup, Alasannya Karena Ini!

Published

on

By

Makassartoday.com – Sejumlah restoran cepat saji asal Amerika Serikat, Kentucky Fried Chicken atau KFC, di Inggris tutup. Alasannya sungguh mengejutkan.

Cabang KFC di Bristol, Berkshire, Cheshire, Devon, Newcastle, Suffolk dan Surrey terdampak oleh urusan partner pemasok ayam untuk KFC.

Tanda-tanda ditempatkan di pintu gerai KFC di seluruh negeri yang mengatakan bahwa restoran ditutup karena “beberapa masalah dengan pengiriman stok ayam hari ini”.

Ratusan orang memposting pesan kemarahan di Twitter, setelah menemukan bahwa Kentucky Fried Chicken telah kehabisan ayam goreng.

Beberapa dari mereka yang mengunjungi toko-toko yang terkena dampak pergi ke restoran KFC terdekat hanya untuk menemukan tanda yang sama telah ditempatkan di sana juga.

Seorang pelanggan bercanda menggambarkan situasinya sebagai “akhir dunia”.

Summer Thomas berkata, “Ohhhh KFC, apa yang Anda pikirkan saat bermain di dekat hampir setiap cabang di Bristol karena Anda kehabisan ayam! Ini pada dasarnya adalah akhir dari dunia.”

Juru bicara KFC segera mengeluarkan pernyataan seputar penutupan gerainya akibat pemasokan ayam segar yang bermasalah.

“Kami memiliki partner baru dalam pengiriman, tapi mereka memiliki beberapa masalah dalam menyediakan ayam segar ke 900 restoran. Bagi mereka masalah itu cukup kompleks,” kata seorang juru bicara KFC di Inggris.

“Kami tidak akan berkompromi dengan kualitas, jadi beberapa restoran kami di Inggris terpaksa kami tutup, menu dikurangi, atau jam yang dipersingkat selama akhir pekan.”

“Kami ingin berterima kasih kepada tim restoran kami yang luar biasa, yang bekerja sepanjang waktu untuk membuat kami bangkit dan beroperasi lagi,” ucap juru bicara KFC itu. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya