Lakpesdam-NU Soroti Postur Anggaran 2018 Pemda Maros | Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Lakpesdam-NU Soroti Postur Anggaran 2018 Pemda Maros

Published

on

MAROS – Peneliti Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam-NU) Kabupaten Maros, Arfah Arsyad menanggapi postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Maros, tahun 2018.

Menurutnya terjadi peningkatan dari sebelumnya 2017 sebesar 1,3 triliiun lebih menjadi 1,4 triliiun lebih di tahun depan 2018.

Arfah merinci, APBD Maros TA. 2018 telah ditetapkan sebesar 1.420.036.747.763 dengan rincian sebagai berikut, Belanja Tidak Langsung sebesar, 720.684.210.763 dan Belanja Langsung sebesar, 669.352.537.000, artinya belanja tidak langsung masih jauh lebih besar dibanding belanja langsung, artinya belanja tidak langsung lebih besar 51.331.437.763 dari belanja langsung.

“Idealnya belanja langsung harus lebih besar dari belanja tidak langsung, karena belanja langsung yang berkaitan dengan pembangunan fasilitas publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat banyak,” beber Mantan Ketua PC PMII Kabupaten Maros ini.

Data menunjukkan, ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memperoleh penambahan anggaran dari tahun sebelumnya, diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PU, Dinas Perumahan dan Pemukiman, BPBD dan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB.

Ia menambahkan, beberapa Dinas strategis lain mestinya bertambah anggaran dan programnya, misalnya Dinas Pemuda, Seni dan Olahraga (Dispori) mestinya ada alokasi anggaran yang cukup untuk membenahi dan membangun seluruh fasilitas olah raga yang ada di kecamatan-kecamatan utamanya lapangan sepak bola dan anggaran untuk kegiatan kepemudaan, kesenian dan olah raga harus bertambah secara signifikan.

“Dinas KUMKM misalnya, selama ini hanya diberi anggaran untuk buat fasilitas fisik berupa bangunan pasar, sementara program one distric dan one product tidak pernah dianggarkan di Rencana Kerja Anggaran (RKA) SKPD tersebut padahal program itu adalah janji kampanye Bupati Maros, Hatta Rahman bersama Wakilnya Harmil Mattotorang,” tandasnya.

Sementara diakhir tahun ini, bulan desember anggota DPRD Maros melakukan pemborosan anggaran dengan melakukan kunjungan kerja setiadaknya dua kali di bulan Desember ini.

“Mungkin ini cara mereka untuk menghabiskan anggaran yang masih tersisa diakhir tahun,” kuncinya. (Lam)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Sulsel

Operasi Pencarian Korban KM Arista Resmi Dihentikan

Published

on

By

Makassartoday.com – Basarnas Kota Makassar menyatakan telah mengakhiri operasi pencarian korban KM Arista yang tenggelam di perairan Makassar, Rabu (13/6/2018) lalu.

Proses pencarian korban kapal tenggelam dihentikan pada hari ketujuh, setelah Tim SAR Gabungan melakukan pencarian satu korban yang belum ditemukan di wilayah Barat Laut perairan Gowa-Takalar, Selasa (19/6/2018) siang tadi.

Adapun satu korban yang hingga kini belum diketahui nasibnya diketahui berjenis kelamin perempuan bernama Rusdah (28). Tiga hari terakhir pencarian korban, dinyatakan nihil oleh pihak Basarnas.

Dalam laporan tertulisnya, Basarnas Makassar secara resmi menutup operasi pencarian korban KM Arista setelah hari ketujuh, sekaligus hari terakhir.

“Basarnas mengaku telah mengerahkan seluruh kemampuan dan potensi beserta ALUT yang dimiliki secara maksimal dan berhasil menemukan 72 dari 73 korban KM Arista dengan rincian 55 korban selamat, 17 korban meninggal dunia, dan 1 korban belum berhasil ditemukan,” tulisnya. (Faiz)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Sulsel

Ribuan Alumni Teknik Unhas Kumpul di Malam Puncak Reuni Nasional

Published

on

By

Makassartoday.com – Ribuan Alumni Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) berkumpul guna menghadiri Malam Puncak Reuni Nasional sekaligus Halal Bi Halal Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Teknik Unhas,
Senin (19/6/2018), bertempat di Nipah Mall Makassar.

Acara yang dikemas dengan konsep meriah ini turut dihadiri Wali Kota Makassar, Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, Rektor Unhas, Dwia Aries Tina, Dekan FT-UH, Ir Arsyad Thaha, Ketua Umum IKA Teknik Unhas, Haedar A Karim, dan Ketua-ketua IKA tiap Jurusan serta jajaran pengurus IKA Teknik Unhas.

Ketua Panitia Pelaksana, Jusman Sikki, dalam sambutannya mengutarakan makna dari simbol pemersatu Teknik Unhas, yang tidak lain adalah simbol ‘Tengkorak’.

“Makna dari tengkorak itu adalah spirit bagi anak-anak teknik untuk mengarungi kehidupan yang begitu keras. Tengkorak bukan dilihat dari bentuk simbolnya, melainkan maknanya,” ungkap Jusman Sikki.

Sekedar diketahui, simbol tengkorak memang merupakan ciri khas dari lembaga kemahasiswaan Fakultas Teknik Unhas yang kerap ditampilkan kader-kader Teknik Unhas di berbagai kegiatan.

Simbol ini sendiri secara turun temurun telah menjadi simbol pemersatu baik antar mahasiswa Teknik Unhas maupun para alumninya.

Sementara itu, Ketua Umum IKA Teknik Unhas, Haedar A Karim, dalam sambutannya mengucapkan apresiasi kepada IKA Teknik Mesin Unhas yang di tahun ini telah berhasil menyelenggarakan Reuni Nasional dan Halal Bi Halal 2018 sebagai Panitia Pelaksana.

“Alumni Teknik Unhas sebanyak 26 ribu orang, dan semuanya memiliki potensi yang sangat besar. IKATEK Unhas juga punya badan otonom yang melakukan aktivitas positif bagi para alumni. Yang terakhir, kita juga bakal mengadakan lembaga otonom bernama ‘Sinergi Alumni’ yang Insya Allah bisa memberikan efek positif bagi adik-adik kita yang baru menyelesaikan studi kuliahnya,” papar Haedar Karim.

Selain malam puncak acara yang digelar pada Senin malam, 19 Juni 2018, Panitia Pelaksana juga menghelat beragam kegiatan lainnya seperti Penanaman Pohon, Lomba Pertandingan Domino, dan Pertandingan Futsal Home Zweet Home yang dimeriahkan oleh para alumni Teknik Unhas dari berbagai angkatan. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Sulsel

Open House Hari Kedua, Rujab Kapolda Sulsel Dibanjiri Tamu

Published

on

By

Makassartoday.com – Polda Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono menggelar open house Idul Fitri 1439 H di Rumah Jabatan (Rujab) Kapolda Sulsel, Jl Mappaoudang, Makassar, Sabtu (16/06) pagi.

Oang nomor satu di Polda Sulsel itu tampak didampingi Ketua Bhayangkari Sulsel, Anna Umar Septono beserta Pejabat Utama Polda Sulsel.

Pada saat kegiatan, Irjen Umar menyambut tamunya satu persatu yang datang ke kediamannya, diantaranya yang datang, Wakapolda Sulsel serta beberapa Kapolres dari jajaran berserta Forkopimdanya masing – masing wilayah.

Walaupun ini adalah hari kedua digelarnya Open House, Rujab Kapolda Sulsel tetap mampak ramai didatangi tamu. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya