212 Ribu Orang Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan di California Selatan | Makassar Today
Connect with us

Internasional

212 Ribu Orang Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan di California Selatan

Published

on

CALIFORNIA – Kebakaran hutan dahsyat yang menghanguskan California Selatan, Amerika Serikat (AS) dalam beberapa hari terakhir belum juga padam. Sejauh ini satu orang tewas dan sekitar 10 orang lainnya termasuk empat petugas pemadam kebakaran mengalami luka-luka.

Yang mengenaskan, lebih dari 50 ekor kuda pacuan yang terjebak di kandang mereka, mati karena kebakaran ini.

Korban tewas pertama dalam kebakaran yang melanda sejak pekan ini, diidentifikasi sebagai seorang wanita bernama Virginia Pesola (70). Pesola ditemukan tewas di dalam mobilnya, yang berada di jalur evakuasi dekat lokasi kebakaran hutan yang dijuluki ‘Thomas Fire’ pada Rabu (6/12/2017) waktu setempat. Pesola diyakini tewas dalam kecelakaan saat dirinya mengungsi ke tempat aman.

Kantor pemeriksa medis Ventura County menyatakan penyebab kematian Pesola adalah luka benturan parah, kemudian terlalu banyak mengisap asap kebakaran dan sejumlah cedera akibat panas api. Pemeriksa medis Christopher Young menyebut, Pesola mengalami kecelakaan mobil di Santa Paula usai menghirup asap kebakaran terlalu banyak dan mengalami luka bakar.


Enam titik api besar terus berkobar di sejumlah wilayah berbeda di California bagian selatan, mulai dari San Diego yang dekat Pasifik hingga ke Santa Barbara County. Setidaknya 8.700 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan yang meluas dengan cepat ini.

Nyaris 700 bangunan hancur akibat kebakaran hutan ini, dengan 212 ribu orang terpaksa mengungsi dari rumah masing-masing. Aliran listrik ke ribuan rumah warga terputus akibat kebakaran. Otoritas setempat menyebut enam warga dan empat petugas pemadam mengalami luka-luka.

Pada Sabtu (9/12) waktu setempat, petugas pemadam mengalami tekanan lebih besar setelah angin Santa Ana yang kencang dan kering datang mendekat dan berpotensi memperburuk situasi. Angin Santa Ana diperkirakan bisa berhembus hingga 88 kilometer per jam.

“(Angin Santa Ana) Berpotensi membuat api yang kini masih berkobar, berisiko semakin menyebar luas,” ucap juru bicara Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California, Lynne Tolmachoff.

Berkobar selama lima hari terakhir, Thomas Fire dan lima titik api lainnya dilaporkan telah menghanguskan area seluas 64 ribu hektare. Dari angka itu, Thomas Fire yang merupakan titik api paling besar dilaporkan menghanguskan area seluas 57 ribu hektare.

Advertisement
Comments

Internasional

Kursi Roda Tersangkut, Pria Disable Ini Melaju Kencang Bersama Truk

Published

on

By

Makassartoday.com – Seorang pria 21 tahun punya perjalanan yang akan dikenang seumur hidup ketika kursi roda listrik yang ia gunakan bersarang di depan karburator dari semi trailer dan didorong di jalan raya sepanjang 6,5 KM kilometer dengan

Ben Carpenter tidak terluka tetapi dibawa ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan. Dia telah diselamatkan dari kursi rodanya dengan sabuk pengaman. Carpenter, yang telah distrofi otot, mengatakan kepada sebuah
stasiun televisi bahwa ia berpikir ia tidak bisa selamat dalam perjalanan ekstrem itu.


Saat itu Carpenter menyeberang di persimpangan di Paw Paw, sekitar 140 mil sebelah barat Detroit. Lampu berubah menjadi hijau sementara anaknya berada di depan sebuah truk, yang mulai bergerak. Kursi roda yang dia
naiki tersangkut di kisi-kisi truk tersebut.

Seorang pengemudi yang melihat kejadian itu menelepon polisi dan sepasang polisi yang sedang menyamar kebetulan berada di dekatnya dan melihat apa yang terjadi.

Mereka menepikan truk dan mengatakan kepada sang sopir truk yang terbengong-bengong. Kursi itu tidak rusak kecuali kehilangan sebagian besar karet di roda. (*)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler