Pendistribusian Berkas Dukungan Perseorangan Libatkan 75 Verifikator | Makassar Today
Connect with us
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text

Politik

Pendistribusian Berkas Dukungan Perseorangan Libatkan 75 Verifikator

Published

on

MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan menjamin proses pendistribusian berkas dukungan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar aman hingga ke 24 kabupaten dan kota.

Rencana penyerahan berkas dukungan rakyat milik IYL-Cakka ke KPU kabupaten/kota digelar hari ini sebelum sampai ke tangan masing-masing PPS sesuai sebaran dukungan hasil verifikasi administrasi.

Komisioner KPU Sulsel Bidang Teknis, Misna Attas menjelaskan, demi mengantisipasi adanya upaya gangguan baik pada saat pendistribusian berkas dukungan calon independen ke daerah hingga proses verifikasi faktual di PPS, pihaknya mengerahkan 72 petugas yang berasal dari kabupaten/kota.

“Ini akan membantu petugas PPS dan PPK di lapangan. Pengawalan serta pengawasan ini sangat penting demi keamanan berkas dukungan kandidat yang maju melalui jalur independen,” kata Misna.

Selain petugas dari penyelenggara pemilu, TNI, Polri dan Bawaslu juga ikut dilibatkan demi kelancaran pendistribusian berkas dukungan itu hingga ke PPS.

Sebelumnya, pihak KPU mengakui IYL-Cakka berhasil melewati situasi terberat yakni verifikasi administrasi. Sebab di tahapan inilah berkas diteliti lebih detail.

“Proses verifikasi administrasi dalam tahapan pencalonan di jalur independen adalah tahapan yang terberat dari semua tahapan yang ada,” urai Komisioner KPU Sulsel Faisal Amir.

Dia mengakui jika verifikasi administrasi sangat krusial karena dilakukan dengan cara data lewat elektronik. “Kalau dilihat dari proses. Masa krusial itu di verifikasi administrasi, karena kalau verifikasi faktual hanya penyesuaian,” kuncinya.

Menanggapi proses pengamanan dan pengawasan KPU dalam pendistribusian berkas dukungan IYL-Cakka ke daerah, Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Haris mengaku hal itu memang perlu dilakukan pengawalan.

Termasuk pelibatan pengamanan dari tim calon selain dari internal KPU, Bawaslu dan TNI/Polri.

“Namun baiknya lembaga-lembaga independen ikut dilibatkan dalam pengawalan serta pengawasan. Misalnya bukan dari Bawaslu. Maksudnya Ormas yang harus kawal yang independen, misalnya dia bagian secara tidak formal KPU dan Bawaslu,” kata Andi Haris.

Dia pun mengatakan, hal yang paling penting diawasi, bukti dukungan itu harus sampai ke PPS dalam keadaan aman dan tersegel. “Patut dicurigai, karena dalam perjalanan itu kita tidak tau, apakah ada gangguan atau apa,” ucapnya.

Untuk itu, dia meminta KPU agar transparan dalam setiap tahapan, sehingga tidak ada lagi kecurigaan dari masyarakat. (*)

BAGIKAN:
Comments

Politik

Ini Harapan Cicu di Hari Bhakti Adhyaksa Ke-58

Published

on

By

Makassartoday.com – Memperingati hari Bhakti Adhyaksa yang ke-58 dan hari ulang tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini yang ke-18 sepertinya tak ingin dilewatkan begitu saja oleh Ketua Partai NasDem Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi.

Dalam sebuah unggahan video, politisi cantik ini memberikan ucapan ulang tahun serta harapan kepada Kejaksaan agar selalu semangat dalam menegakkan hukum di negeri ini.

“Assalamualaikum, Wr. Wb. Saya drg. Andi Rachmatika Dewi, Ketua NasDem Kota Makassar mengucapkan, selamat ulang tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini yang ke-18 dan selamat hari Bhakti Adhyaksa yang ke-58, semoga insan-insan Adhyaksa tetap tegak dalam menegakkan hukum, jayalah Kejaksaan, selamat ulang tahun,” ucapnya dalam unggahan video tersebut.

Rachmatika Dewi atau yang lebih akrab disapa Cicu ini tidak serta merta memberi ucapan hari ulang tahun kepada Kejaksaan Republik Indonesia. Mantan Wakil Ketua DPRD Sulsel ini memang bagian dari keluarga besar Kejaksaan.

Ia merupakan putri sulung dari Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Andi Muh. Iqbal Arief, jadi tak heran jika tokoh muda Sulawesi Selatan ini begitu antusias membuat video ucapan yang kemudian ia upload ke akun media sosial miliknya. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Politik

Suami Indira Mulyasari Masuk Daftar Bacaleg Demokrat Makassar

Published

on

By

Makassartoday.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Makassar menempatkan nama Ali Wiria, yang tak lain adalah suami mantan calon Wakil Walikota Makassar, Indira Mulyasari sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) periode 2019-2024.

Suami mantan pasangan calon Moh Ramdhan’Danny’Pomanto itu masuk dalam Daftar Caleg Sementara (DCS) tingkat DPRD Kota Makassar di Daerah Pemilihan (Dapil) 3, Kecamatan Biringkanaya-Tamalanrea nomor urut 4.

Di dapil tersebut, juga tercatat nama legislator incumben Partai Demokrat, Abdi Asmara yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPC Demokrat Makassar dan Ketua Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kota Makassar.

Berikut Daftar Bacaleg Dapl 3 (Kecamatan Biringkanaya, Tamalanrea)

1. ABDI ASMARA
2. HIDAYAT
3. HJ VERAWATY
4. ALI WIRYA
5. MUHAMMAD SYAFII HASAN, ST
6. DEWI NATALIA, SE.,AK.,M.SI.
7. HARRY KURNIA PAKAMBANAN.,SE
8. NURMAN SULAIMAN
9. SURYANI SYAMSUDDIN
10. SYARIFUDDIN BADOLLAHI
11. NURDIANA, SE

(Wiwi)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Politik

Berikut Daftar Bacaleg Demokrat Makassar 2019

Published

on

By

Makassartoday.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Makassar resmi mendaftarkan 50 bakal calon legislatif (bacaleg) mereka ke
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar.

Penyerahan berkas bacaleg Partai Demokrat berlangaung di kantor KPU Makassar, Senin (17/7/2018) lalu.

Berikut rekapitulasi daftar bacaleg
Partai Demokrat Makassar periode 2019-2024

DAPIL 1 (KEC. UJUNG PANDANG, MAKASSAR, RAPPOCINI)

1. NURYANTO G LIWANG
2. HAMDANINGSIH, SH, MH
3. ZULKIFLI THAHIR, SE
4. IMRAN ISGAR
5. MUH. PUTRA YANA PRATAMA
6. MISMAYA ALKHAERAT
7. REZKI
8. IR. ANDI MUHAMMAD AKBAR, MT
9. CHRISTOPHER AVIARY

DAPIL 2 (KEC. TALLO, WAJO, UJUNG TANAH, BONTOALA, KEP. SANGKARRANG)

1. HJ. FATMA WAHYUDDIN, ST., MM
2. IR. H. HAERUDDIN HAFIED
3. RIFAN ARFANDY
4. BASDIR, SE
5. MUH FADEL AUSTIN RAMADHAN
6. DELLA TRISNAWATY DAIPAHA
7. FIASTARUDDIN AGAM, S.SOS, M.SI
8. TJIANG CHUEN LING
9. ASMA ARIEF
10. H. RAY SURYADI ARSYAD, S.IP

DAPIL 3 (KEC. BIRINGKANAYA, TAMALANREA)

1. ABDI ASMARA
2. HIDAYAT
3. HJ VERAWATY
4. ALI WIRYA
5. MUHAMMAD SYAFII HASAN, ST
6. DEWI NATALIA, SE.,AK.,M.SI.
7. HARRY KURNIA PAKAMBANAN.,SE
8. NURMAN SULAIMAN
9. SURYANI SYAMSUDDIN
10. SYARIFUDDIN BADOLLAHI
11. NURDIANA, SE

DAPIL 4 (KEC. PANAKKUKANG, MANGGALA)

1. ADI RASYID ALI
2. HJ. HERLINA AMIN NOOR, SH
3. IR SOEWARNO SUDIRMAN
4. HAIRIL KAMARUDDIN, SE
5. HASNA LINGGA RUA, BSC
6. EMBON YUNICA
7. AWALUDDIN LASENA
8. ANDI RAHMAT HIDAYAT
9. RINI ARYANI, SE.MM
10. SITI AISYA. RM

DAPIL 5 (KEC. MAMAJANG, MARISO, TAMALATE)

1. SUSUMAN HALIM, SE
2. SYARIFUDDIN DG. JARRE, SE
3. ANNISA TYAS PALUPI
4. M. ARIFIN DG. KULLE, SE
5. ANDI NASRUN TAHIR
6. SRI PRATIWI
7. DRS. DANIEL PAKAMBANAN, M.SI
8. DRS. CHAIRUL A. TAU
9. HENNI HANDAYANI, SE
10. ABDUL NASIR DG NGERANG

(Wiwi)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya