Wali Kota Danny Papar Inovasi "Pasikola" di ASIA Pacific Leadership Forum 2017 | Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Wali Kota Danny Papar Inovasi “Pasikola” di ASIA Pacific Leadership Forum 2017

Published

on

JAKARTA – Wali Kota Makassar Danny Pomanto menjadi pembicara pada Asia Pacific Leaders Forum on Open Government yang diselenggarakan oleh Kantor Staf Presiden bekerjasama dengan Bappenas dengan tema “Open Government for Inclusive Development” yang menghadirkan pejabat setingkat menteri, kepala daerah, organisasi masyarakat sipil, sektor swasta, media dan mitra pembangunan yang berasal dari negara-negara di wilayah Asia Pasifik bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Dalam paparannya, Wali Kota Danny mengawali dengan menerangkan 100 inovasi Kota Makassar dimana berasal dari 50 SKPD Kota Makassar yang diawali dari capturing issues menuju ke solusi, menjadi inovasi dan berbasis aplikasi.

Pasikola merupakan salah satu inovasi Angkutan Anak Sekolah yang hadir disaat kurangnya transportasi publik sekolah dan disaat bertambahnya jumlah kendaraan pribadi yang mencapai sekitar 1,5 juta kendaraan pribadi.

Lebih lanjut, wali kota berlatar Arsitek ini menjelaskan, segala bentuk inovasi ini juga menjadi bagian dari pelibatan masyarakat baik itu bottom-up ataupun top-down dan di “Pasikola” betul-betul menghadirkan peranan orangtua murid, pelajar dan supir angkutan Pasikola itu sendiri dan dari pihak pemerintah.

Alhasil, PASIKOLA juga melahirkan aplikasi e-Nassami suatu aplikasi berbasis GPS untuk memantau rute Pasikola anak sekolah. Keseluruhan rangkaian solusi, inovasi dan aplikasi ini tentunya menjadi bagian baru dari birokrasi Pemerintah Kota Makassar.

“Pembangunan itu haruslah memberi manfaat dan dapat dirasakan merata oleh masyarakat. Membangun gedung- gedung tinggi hanya bisa dinikmati segelintir orang saja. Karena itu, kita perioritaskan menciptakan ruang yang nyaman bagi masyarakat terlebih dahulu dengan meningkatkan pelibatan masyarakat melalui solusi dan inovasi” ujar Danny.

Selain Walikota Makassar, beberapa pembicara yang tampak hadir antara lain Bupati Luwu Utara Indah Putri, CEO Kotakita Paulista Surjadi, CEO Innovation Lab Anir Chowdhury dan Head ANSA-EAP Redempto Parafina.

Asia Pacific Leaders Forum ini berhasil mengumpulkan 650 representatif dari seluruh sektor yang tergabung dalam kemitraan OGP lima negara lain dalam wilayah Asia Pasifik, Australia, Papua Nugini, Sri Lanka, Pakistan, Afghanistan dan Kirghiztan. (*)


Advertisement
loading...
Comments

Sulsel

Deng Ical Terima Kunker Pemkot Sawahlunto

Published

on

By

Makassartoday.com – Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI, menyambut baik kedatangan rombongan Pemkot Sawahlunto, di Ruang Sipakalebbi, Kantor Balaikota Maakssar, Selasa (23/1/2018).

Kunjungan ini dalam rangka studi banding peningkatan wawasan dan pengetahuan SDM LPM se-Kota Sawalunto Provinsi Sumatera Barat, dan salah satunya adalah pelaksanaan study Komperatif dan Sharing informasi terhadap kelurahan dan LPM terbaik di Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus pengelolaan program pariwisata.

“Tentu saja dengan kedatangan rombongan Pemkot Sawahlunto ini membawa banyak berkah bagi Kota Makassar terutama sekali berkah ilmu yang bisa digunakan untuk lebih memperbaiki pelayanan kepada masyatakat,” ujar Deng Ical sapaan Wawali Makassar.

Tak hanya itu, dihadapan rombongan Pemkot Sawahlunto, Deng Ical juga menjelaskan tingkat pertumbuhan ekonomi Makassar saat ini 7,9 persen dan boleh dibilang dalam kurung waktu 15 tahun terahir kita tumbuh rata-rata 9 persen, bahkan pernah mencapai angka 11 persen pada tahun 2003 tetapi secara rata-rata itu adalah 9 persen dan tahun ini agak menurun sedikit 7,99 persen.

Meskipun kata dia, Provinsi Sulawesi Selatan itu tumbuh 6,8 persen dan Nasional 5,3 persen. Jadi kita selalu berada di atas rata-rata Provinsi dan Nasional.

“Dan itu semuanya karena Pemerintah telah berhasil mengatur potensi masyarakat. Karena jika di lihat rasio kemampuan pengelolaan sumber daya atau faktor-faktor produksi di Kota Makassar itu sudah mulai bergeser dari Pemerintah ke Masyarakat,” katanya

Sementara, Wakil Wali Kota Sawahlunto, Ismed SH mengatakan dipilihnya Kota Makassar sebagai tujuan pertama dikarenakan Makassar adalah Kota terbaik.

“Dari beberapa Kota, inilah Kota Makassar sebagai tujuan pertama kita untuk menambah ilmu. Apalagi Makasaar dikenal dengan banyak kegiatan yang berprestasi, sehingga itu yang kita ingin implementasikan di Kota Sawahlunto,” kata Ismed SH, Wawali Sawahlunto. (*)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...