Ratusan Warga Binaan Rutan Kelas 1 Makassar Wisuda Baca Al-Qur'an | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Ratusan Warga Binaan Rutan Kelas 1 Makassar Wisuda Baca Al-Qur’an

Published

on

MAKASSAR – Menjadi seorang narapidana (napi) ataupun tahanan bukanlah sebuah cita-cita atau harapan seseorang, akan tetapi menjadi jalan takdir rahasia Ilahiyah yang telah termaktub. Selain menjadi jalan Muhasabah atau Introspeksi diri, juga menjadi jalan Hidayah Allah Subhanahu Wata’ala.

Hal itu pula yang mendorong pihak pengelola Rumah Tahanan (Rutan) Kelas Ini Makassar menggelar program kerohanian bagi warga binaan yang beragama Muslim.

Sebanyak 150 warga binaan yang menjadi santri program kerohanian menjalani Wisuda Akbar ke-4 dalam rangkaian peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad Saw yang berlangsung di Masjid Nurul Iman di kompleks Rutan Kelas 1 Makassar, Sabtu (16/12/2017).

H. Soeardy selaku Ketua Pembina Masjid mengatakan, para santri yang menjalani proses wisuda adalah santri yang menjalani program Tasyakuran Dirosa, yang telah sukses belajar mengenal huruf dari “Alif” hingga mampu membaca Al-Qur’an besar dengan metode Dirosa yang dikenalkan oleh Lembaga Wahdah Islamiyah.

“Sebanyak 30 santri binaan lainnya ikut dalam kategori hafalan surah pilihan. Dimana pada Wisuda Akbar 1-3 sudah ada sekitar 5 surah pilihan dan Juz 30 yang telah dikuasai dan khusus di Wisuda Akbar 4 ini, surah pilihannya adalah Surah Al-Fath untuk santri pria dan surah Al-Mulk untuk santri wanita,” jelasnya.

Dukungan dari seluruh pihak, lanjut dia, tentunya menjadi hal utama kesuksesan pembinaan kerohanian bagi warga binaan Rutan Kelas 1 Makassar, dimana kegiatan ini berada dalam pengawasan langsung Kepala Rutan Kelas 1 Makassar, serta bagian terkait antara lain Kepala Seksi pelayanan Tahanan, Kepala Keamanan, dan Kepala Sub Seksi Bantuan Hukum dan Pelayanan serta seluruh pegawai.

“Harapan kami adalah, Warga Binaan setelah menjalani hukuman selain dapat diterima juga membawa pulang ole-ole, yaitu Ilmu Agama dan Alquran sebagai bekal duunia akhirat,” ujar Mujiarto selaku Kepala Rutan Kelas 1 Makassar. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Comments

Trending