Peserta DDJM Lembaga Pers Unismuh Belajar Teknik Investigasi | Makassar Today
Connect with us

Komunitas

Peserta DDJM Lembaga Pers Unismuh Belajar Teknik Investigasi

Published

on

Makassartoday.com – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Corong Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melaksanakan Diklat Dasar Jurnalistik Mahasiawa (DDJM) Redaktur XII di Rumah Adat Majene, Benteng Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Kegiatan yang bertema “Merekam Jejak dan Memberontak dengan Pena” tersebut bertujuan untuk melahirkan insan pers yang memiliki solidaritas, loyalitas, dedikasi dan senioritas.

Dalam diklat tersebut, ada beberapa materi yakni materi tentang Selayang Pandang LPM Corong, Kerangka Berpikir Ilmiah, Sejarah dan Arah Gerak Persma Indonesia serta kode etik, Teknik Wawancara dan Public Speaking, Memahami dan Mengenal Bahasa Jurnalistik, dan lain-lain.

Salah satu materi yang dihadirkan, yakni Reportase Investigasi yang dibawakan oleh pemateri, Syafril Rahmat, Pimpinan Makassartoday.com yang juga Sekretaris Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel,.

Reportase Investigasi yang merupakan liputan khusus dalam media massa bertujuan untuk membongkar fakta terkait kerugian masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dalam pemaparannya, Ariel, sapan akrabnya, berbagi pengalaman kepada para peserta tentang teknik dasar peliputan investigasi. Ia juga menekankan agar jurnalis dalam melakukan aktivitas peliputan selalu mengedepankan sikap profesionalisme sesuai kaidah yang berlaku.

Dia mendorong LPM Corong aktif menggelar diskursus media yang berkelanjutan agar LPM Corong dapat melahirkan calon jurnalis muda yang lebih kritis dan profesional.

“Saya harap bisa berkesinambungan dan LPM Corong bisa melahirkan calon-calon jurnalis yang kritis dan benar-benar menjadi jurnalis publik bukan private,” kunci mantan jurnalis Harian Berita Kota Makassar itu.

Sementara Ramadhan selaku Pimpinan Umum LPM Corong mengungkapkan bahwa DDJM tersebut merupakan wadah untuk para mahasiswa Unismuh Makassar yang memiliki minat dibidang jurnalistik dalam mengembangkan bakatnya.

“Harapan saya setelah diklat ini, semoga peserta mampu menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan di diklat ini untuk diterapkan dalam kerja – kerja jurnalis yang akan mereka lalui nantinya,”ungkap mahasiswa yang akrab disapa Rama itu.
(Tina)


Advertisement
loading...
Comments

Komunitas

Danny Ingin MTC Jadi Contoh Perilaku Tertib Berlalulintas

Published

on

By

Makassartoday.com – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengajak MTC (Makassar Tiger Club) tour keliling Makassar.

Ajakan itu disampaikan Danny saat mengukuhkan Badan Pengurus MTC Periode 2017-2019 di Baruga Anging Mammiri, Jumat (19/1/2018).

“Kita tour keliling Makassar sekali seminggu atau dua minggu sekali. Ramai – ramai,” ajak Danny.

Tur keliling Makassar dimaksudkan tidak sekedar konvoi mengitari kota. Tour itu juga memberikan edukasi etika berlalulintas di jalan umum. Misalnya, memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor berupa SIM dan STNK.

Kelengkapan kendaraan motor lainnya, seperti kaca spion, lampu sign, dan lampu stop juga kelengkapan pengendara seperti helm. Danny berharap, MTC dapat memberikan contoh perilaku tertib lalu – lintas bagi pengguna jalan yang lain.

Tertib lalu lintas kata Danny, harus dibudayakan di tengah – tengah masyarakat, apalagi jumlah pengendara motor baik roda dua ataupun empat terbilang besar di Makassar.

Tak jarang, kemacetan yang panjang juga diakibatkan oleh perilaku pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan lalu lintas. Contoh kecilnya, pengendara kerap menerobos traffic light saat lampu berwarna merah.

Lazim pula dijumpai, pengendara menghentikan kendaraan saat lampu berwarna merah di lajur yang mengharuskan berbelok kiri langsung.

Perilaku seperti inilah yang membutuhkan edukasi sehingga pengendara bisa menyadari sangat penting menghargai hak pengguna jalan yang lain.

“Perilaku tertib lalu lintas akan menghindarkan kita dari resiko kecelakaan di jalan raya,” ingat Danny.

Selain memberikan edukasi tertib lalu – lintas, Danny juga berharap MTC dapat mengisi ruang – ruang kreatifitas di Makassar dengan menggelar berbagai kegiatan positif. (*)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...