Peserta DDJM Lembaga Pers Unismuh Belajar Teknik Investigasi | Makassar Today
Connect with us

Komunitas

Peserta DDJM Lembaga Pers Unismuh Belajar Teknik Investigasi

Published

on

Makassartoday.com – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Corong Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melaksanakan Diklat Dasar Jurnalistik Mahasiawa (DDJM) Redaktur XII di Rumah Adat Majene, Benteng Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Kegiatan yang bertema “Merekam Jejak dan Memberontak dengan Pena” tersebut bertujuan untuk melahirkan insan pers yang memiliki solidaritas, loyalitas, dedikasi dan senioritas.

Dalam diklat tersebut, ada beberapa materi yakni materi tentang Selayang Pandang LPM Corong, Kerangka Berpikir Ilmiah, Sejarah dan Arah Gerak Persma Indonesia serta kode etik, Teknik Wawancara dan Public Speaking, Memahami dan Mengenal Bahasa Jurnalistik, dan lain-lain.

Salah satu materi yang dihadirkan, yakni Reportase Investigasi yang dibawakan oleh pemateri, Syafril Rahmat, Pimpinan Makassartoday.com yang juga Sekretaris Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel,.

Reportase Investigasi yang merupakan liputan khusus dalam media massa bertujuan untuk membongkar fakta terkait kerugian masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dalam pemaparannya, Ariel, sapan akrabnya, berbagi pengalaman kepada para peserta tentang teknik dasar peliputan investigasi. Ia juga menekankan agar jurnalis dalam melakukan aktivitas peliputan selalu mengedepankan sikap profesionalisme sesuai kaidah yang berlaku.

Dia mendorong LPM Corong aktif menggelar diskursus media yang berkelanjutan agar LPM Corong dapat melahirkan calon jurnalis muda yang lebih kritis dan profesional.

“Saya harap bisa berkesinambungan dan LPM Corong bisa melahirkan calon-calon jurnalis yang kritis dan benar-benar menjadi jurnalis publik bukan private,” kunci mantan jurnalis Harian Berita Kota Makassar itu.

Sementara Ramadhan selaku Pimpinan Umum LPM Corong mengungkapkan bahwa DDJM tersebut merupakan wadah untuk para mahasiswa Unismuh Makassar yang memiliki minat dibidang jurnalistik dalam mengembangkan bakatnya.

“Harapan saya setelah diklat ini, semoga peserta mampu menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan di diklat ini untuk diterapkan dalam kerja – kerja jurnalis yang akan mereka lalui nantinya,”ungkap mahasiswa yang akrab disapa Rama itu.
(Tina)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Komunitas

IDI Makassar Berbagi Kaum Duafah di Bulan Ramadan

Published

on

By

Makassartoday.com – Dokter Spesialis dan Dokter Umum yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar mangisi Ramadan dengan kaum duafah.

Para dokter ini menyalurkan bantuan berupa sembako yang dipusatkan di Kelurahan Panambungan, Kecamatan Mariso, Selasa (12/6/2018).

Tak hanya sembako, para dokter ini juga menyerahkan pakaian layek pakai, yang terkumpul dari donator anggota IDI Kota Makassar serta kas organisasi.

“Ini bentuk kepekaan IDI Makassaar terhadap kaum duafa. Semua yang disumbangkan adalah hasil penggeledahan dana dari anggota dan kas IDI Makassar. Kami senang karena bisa berbagi di bulan suci ini,” ujar Ketua Panitia dokter Azizah Anoez.

Di tempat yang sama Ketua IDI Makassar, Siswanto Wahab menambahkan, kegiatan amaliah Ramadan yang dilakukan pihaknya adalah bentuk kepedulian terhadap sesama.

Menurutnya, kegiatan ini sudah merupakan agenda tahunan IDI serta juga aktif melaksanan pengabdian masyarakat berupa pengobatan gratis. (Tina)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Komunitas

Forum Driver Online Makassar Gelar Sahur On The Road

Published

on

By

Makassartoday.com – Jelang akhir Ramadhan Forum Driver Online Makassar mengadakan kegiatan “Sahur On The Road” Minggu (10/6/2018) subuh.

Gabungan dari beberapa komunitas driver online ini tak ingin ketinggalan berbagi kebaikan di bulan suci. Dalam acara tersebut, setidaknya ada 25 komunitas yang ikut bergabung dan kabarnya, anggaran yang digunakan untuk acara tersebut merupakan sumbangsih dari setiap anggota komunitas.

“Alhamdulillah kami sedikit bisa menyisihkan penghasilan. Di bulan ramadhan kita memang harus berbuat yang lebih baik insya Allah rezeki juga akan lebih baik,” ujar Zul, salah satu anggota komunitas.

Rute yang dilewati, start dari GTC melewati Jalan Sudirman dan AP. Pettarani kemudian finish di Pantai Losari. Kabarnya agenda tersebut akan menjadi agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap tahun. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Komunitas

Alumni 95 SMA 6 Makassar Bagi-bagi Takjil ke Pengguna Jalan

Published

on

By

Makassartoday – Banyak cara berbagi kebaikan di bulan Ramadan, salah satunya dengan membagikan jajanan buka puasa (takjil) ke pengguna jalan dan kaum duafa.

Seperti yang dilakukan puluhan Alumni SMA Negeri 6 Makassar angkat 1996 . Kegiatan Amaliyah Ramadan yang digelar setiap bulan Ramadan itu berlangsung di perempatan lampu merah Pasar Daya, Kecamatan Biringkanaya, Sabtu (2/6/2018) sore.

Sebanyak 750 dia berisi takjil dibagikan secara gratis kepada sejumlah pengguna jalan serta para kaum duafa yang ada di wilayah tersebut.

“Ini merupakan kegiatan tahunan yang anggarannya bersumber dari swadaya alumni. Kita senang bisa ikut berbagi kebikan. Kegiatan ini juga membuktikan eksistensi positif para alumni kita di tengah masyarakat,” ujar Ketua IKA SMAN 6 Makassar Angkatan 1995, Abd Rahman. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya