Keren, Pemuda Manuruki Benahi Lorong Lewat Lomba Mural | Makassar Today
Connect with us

Komunitas

Keren, Pemuda Manuruki Benahi Lorong Lewat Lomba Mural

Published

on

Makassartoday.com – Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen. Mural sering pula dijadikan ajang perlombaan seni kreatif oleh sebagian masyarakat di Indonesia.

Di Makassar, Mural mulai ramai di beberapa arel gank (lorong-lorong). Salah satu yang diperlombakan berada di salah satu lorong di Jl Sultan Alauddin IV, Kelurahan Mannuruki, Kecamatan Tamalate.

Lomba Mural diinisasi oleh kelompok mahasiswa Fakultas Teknik UMI pencinta Mural yang bekerjasama dengan Pemuda Karang Taruna Kelurahan Mannuruki.

Lomba Mural yang bertemakan “Makassar yang Berbudaya” itu, dianggap membawa nilai positif bagi masyarakat setempat dan bahkan mendapat apresiasi dari pemerintah kelurahan setempat.

“Kami harapkan dengan adanya kegiatan lomba mural seperti ini bisa memberikan wadah tersendiri bagi anak muda kreatif yang ingin menyalurkan bakatnya secara positif dan juga membatu pihak pemerintah dalam pembenahan lorong-lorong yang ada di Kota Makassar khususnya di Kelurahan Mannuruki,” ucap Lurah Mannuruki, Ari Fadli, Rabu (27/12/2017).

Sementara pihak panitia lomba Khalikul Fauzan dan Junior mengungkapkan, ide awal penataan lorong melalui lomba Mural berawal dari usulan warga yang menginginkan perubahan mendasar terhadap kawasan hunian yang mereka tinggali.

Usulan itu, lanjut Khalikul Fauzan, kemudian ditampung dan dikembangkan dengan melihat keberhasilan Kota Makassar menata lorong yang mampu memberikan nilai positif, dan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam menata lingkungan.

Beberapa tulisan seperti, “Say No to Drugs”, “Stop Kekerasan”, “Makassar Tidak Rantasa”, serta ikon Kota Makassar lain, adalah tema yang diperlombakan oleh panitia.

“Intinya kami ingin memberikan pesan positif kepada masyarakat,” ujarnya.

Adapun peserta lomba berasal dari individu, kelompok pemuda yang mempunyai kreatifitas mural, dan para mahasiswa dari fakultas teknik arsitektur dari berbagai perguruan tinggi di Makassar.

Sementara pemenang dalam lomba ini akan diberikan apresiasi berupa uang pembinaan, dan sertifikat. (Rusdi)


Advertisement
loading...
Comments

Komunitas

Danny Ingin MTC Jadi Contoh Perilaku Tertib Berlalulintas

Published

on

By

Makassartoday.com – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengajak MTC (Makassar Tiger Club) tour keliling Makassar.

Ajakan itu disampaikan Danny saat mengukuhkan Badan Pengurus MTC Periode 2017-2019 di Baruga Anging Mammiri, Jumat (19/1/2018).

“Kita tour keliling Makassar sekali seminggu atau dua minggu sekali. Ramai – ramai,” ajak Danny.

Tur keliling Makassar dimaksudkan tidak sekedar konvoi mengitari kota. Tour itu juga memberikan edukasi etika berlalulintas di jalan umum. Misalnya, memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor berupa SIM dan STNK.

Kelengkapan kendaraan motor lainnya, seperti kaca spion, lampu sign, dan lampu stop juga kelengkapan pengendara seperti helm. Danny berharap, MTC dapat memberikan contoh perilaku tertib lalu – lintas bagi pengguna jalan yang lain.

Tertib lalu lintas kata Danny, harus dibudayakan di tengah – tengah masyarakat, apalagi jumlah pengendara motor baik roda dua ataupun empat terbilang besar di Makassar.

Tak jarang, kemacetan yang panjang juga diakibatkan oleh perilaku pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan lalu lintas. Contoh kecilnya, pengendara kerap menerobos traffic light saat lampu berwarna merah.

Lazim pula dijumpai, pengendara menghentikan kendaraan saat lampu berwarna merah di lajur yang mengharuskan berbelok kiri langsung.

Perilaku seperti inilah yang membutuhkan edukasi sehingga pengendara bisa menyadari sangat penting menghargai hak pengguna jalan yang lain.

“Perilaku tertib lalu lintas akan menghindarkan kita dari resiko kecelakaan di jalan raya,” ingat Danny.

Selain memberikan edukasi tertib lalu – lintas, Danny juga berharap MTC dapat mengisi ruang – ruang kreatifitas di Makassar dengan menggelar berbagai kegiatan positif. (*)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...