Bawaslu Janji Proses Hilangnya Dukungan IYL-Cakka | Makassar Today
Connect with us

Politik

Bawaslu Janji Proses Hilangnya Dukungan IYL-Cakka

Published

on

Makassartoday.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulsel berjanji akan segera memproses laporan Tim pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), terkait temuan selama tahap verifikasi faktual dukungan jalur perseorangan di tingkat penyelenggara.

Komisioner Divisi Hukum Bawaslu Sulsel, Asry Yusuf yang dikonfirmasi mengatakan, laporan yang telah diterima oleh Bawaslu akan segera ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada. Mulai dengan pengumpulan bukti-bukti dari pelapor dan klarifikasi dari terlapor.

“Seperti biasa, setiap laporan kita tindak lanjuti, bagaimana seharusnya. Kita akan melakukan dan meminta bukti-bukti yang kuat dari pelapor dan sekaligus kita akan melakukan klarfikasi dan meminta keterangan pada pihak yang dilaporkan. Selanjutnya kami akan melakukan kajian dan akan menyampaikan hasil dari penanganan kami,” kata Asry, Kamis (4/1/2018).

Ia mengaku memang ada beberapa hal yang menjadi temuan Bawaslu. “Memang ada temuan-temuan dan perbaikan ditingkat bawah. Kalaupun ada hal-hal yang luput dari hasil pengawasan dan itu muncul pada saat rekapitulasi ditingkat provinsi itulah kemudian bisa dilaporkan,” terangnya.

Sehingga, kata dia, apabila ada hal yang dirasa merugikan, kandidat dapat mengajukan keberatan ke Bawaslu untuk segera ditindaki. Dan selanjutnya akan dilakukan sidang pemeriksaan sengketa.

“Karena rekapitulasi di tingkat provinsi ini bisa menjadi objek sengketa, kalau ada pihak yang merasa dirugikan bisa mengajukan sengketa ke Bawslu. Kita akan melakukan sidang pemeriksaan sengketa, itu dimungkinkan,” tuturnya.

Terkait jadwal pelaksanaan penyelidikan laporan dari Tim Hukum IYL-Cakka, Asry menuturkan belum ada jadwal pastinya. Ia hanya menyebutkan, hal itu akan dilakukan dalam kurun waktu yang tidak lama lagi.

“Kita akan agendakan itu, untuk pengambilan keterangan, InsyaAllah secepatnya akan kita lakukan itu,” kata dia.

Sebelumnya Tim Hukum Bakal Calon Gubernur Sulsel dan Wakilnya, IYL-Cakka resmi melapor ke Bawaslu, Laporan ini terkait temuan Tim IYL-Cakka selama tahap verifikasi faktual dukungan jalur perseorangan di tingkat penyelenggara. Seperti KPU, PPK dan PPS.

Tim Hukum IYL-Cakka diwakili Yusri Yunus dan Djaelani. Mereka melaporkan tujuh KPU. Yakni KPU Sulsel (Terlapor 1), KPU Bulukumba (Terlapor 2), KPU Sinjai (Terlapor 3), KPU Wajo (Terlapor 4), KPU Lutra (Terlapor 5) dan KPU Gowa (Terlapor 6).

Tim Hukum IYL-Cakka merasa banyak dirugikan, karena banyaknya dukungan yang dianggap dihilangkan, digelapkan, membuat tidak dapat dipakai oleh penyelenggara. Setelah diadakan rekapitulasi penghitungan hasil verifikasi faktual di tingkat Provinsi pada tanggal 2 Januari 2018, Tim IYL-Cakka mengetahui bahwa hanya melakukan verifikasi terhadap dokumen-dokumen pendukung

“Dengan kata lain, Terlapor 1 sampai Terlapor 6 telah menghilangkan dan atau menggelapkan, membuat tidak dapat dipakai serta menempatkan keterangan tidak benar pada BA.5-KWK, BA.6-KWK, BA.7-KWK dan BA.8-KWK. Yaitu sejumlah tidak kurang dari 6.744 dokumen pendukung,” kata Yusri. (*)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Politik

Tak Mau Kalah, Relawan Ini Berlomba-lomba Pasang Spanduk Pilih Appi-Cicu

Published

on

By

Makassartoday.com – Ada-ada saja yang dilakukan oleh masyarakat Makassar, khususnya relawan dan simpatisan untuk mendukung pasangan calon tunggal di Pilwali Makassar, yakni Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu).

Melalui alat peraga, simpatisan Appi-Cicu menyerukan untuk memilih pemimpin yang tepat, yang mampu membawa perubahan dan amanah terhadap keinginan rakyat. Sebab kolom kosong sama sekali tidak akan bisa memberikan perubahan sesuai dengan harapan masyarakat.

Sejak kamis 21 Juni 2018, mulai massif beredar berbagai kacam peraga kampanye hampir di seluruh titik di Kota Makassar. Ada beberapa macam pesan yang sangat bermakna dari peraga berupa meme yang mulai disebar.

“Sama-samaki bersihkan lingkungan. Adipura mini ORT/ORW,” pesan pada spanduk lengkap dengan foto dan ajakan memilih Appi-Cicu.

Tidak hanya itu saja, di tempat yang berbeda juga terlihat peraga yang serupa dengan berbagai macam pesan. Diantaranya “Mauki bayar PBBta menurun dan rasional? Pilihki Appi-Cicu” dan “Pemandi jenazah makin sejahtera. Wattunnami! Pilihki Appi-Cicu”.

Tidak hanya itu saja, pesan pembangunan infrastruktur dan fasilitas pelayanan dasar masyarakat juga digelorakan melalui alat peraga tersebut. Mulai dari pembangunan puskesmas antar pulau dan bangunan sekolah.

Seperti “Bangun Puskesmas antar pulau. Wattunnami! Pilihki Appi-Cicu” dan “Bangun Sekolah dan Gedung Guru. Tawwa. . Pilihki Appi-Cicu” serta “Rehabilitasi Kampung Kumuh. Iyo Tawwa… Pilihki Appi-Cicu”.

Diketahui, ada beberapa macam dukugan melalui alat peraga serupa dengan pesan yang berbeda. Hanya saja, hingga berita diturunkan hanya ada beberapa yang sempat di dokumentasikan oleh wartawan.(*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Politik

Besok, Appi-Cicu Kampanye Akbar di Lapangan Hertasning

Published

on

By

Makassartoday.com – Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu), akan menggelar kampanye akbar di lapangan Hertasning, Sabtu (23/6/2018) mendatang.

Sebelumnya tim Appi-Cicu meminta agar kampanye akbar bisa berlangsung di lapangan karebosi, namun pihak KPU Makassar menetapkan lapangan Hertasning sebagai lokasi kampanye.

Kampanye Akbar sebagai agenda sosialisasi terakhir jelang masa tenang sebelum pencoblosan diprediksi akan dihadiri puluhan ribu massa pendukung Appi-Cicu.

Momen tersebut juga dimanfaatkan tim Appi-Cicu untuk mempersembahkan hiburan bagi para pendukung, tim relawan yang telah bekerja untuk mewujudkan Makassar yang lebih baik.

Adapun berbagai item kegiatan dalam Kampanye Akbar nantinya diantaranya menghadirkan sejumlah artis atau penyanyi ibukota. Seperti Cici Paramida, Evi Masamba, Selfi KDI, dan Sitti KDI.

Tak hanya itu, Sekretaris tim Appi-Cicu, Ramli Manong, menuturkan bahwa saat Kampanye Akbar juga akan ada pemecahan rekor yang akan dicatatkan oleh Musium Rekor Indonesia (MURI).

“Yang menarik kita juga akan merancang senam massal ACO-ACO atau Appi-Cicu Oke yang telah populer di masyarakat, senam massal ini juga akan dicatatkan di MURI,” tuturnya saat dikonfirmasi, Jumat (22/6/2018). (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Politik

Sebelum Kampanye, IYL-Cakka Ziarah ke Makam Syekh Yusuf

Published

on

By

Makassartoday.com – Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) terlebih dahulu melakukan ziarah ke makam Syekh Yusuf di Katangka Gowa, sebelum bertolak ke lokasi kampanye pamungkasnya di Lapangan Karebosi, sore ini.

IYL dan Cakka ziarah ke makam tokoh kharismatik Sulsel yang mendunia ini, usai menunaikan Shalat Jumat di Masjid Tua Katangka. Turut mendampingi Ketua Tim Rumah Kita, Bahar Ngitung.

Menziarahi makam para perjuang dan tokoh kharismatik Sulsel menjadi rutinitas IYL dan keluarga besarnya diberbagai momentum. Seperti yang dilakukan duet ini sebelum meresmikan rumah kita di Kabupaten Wajo. Maupun saat Cakka ke Makam Datu Tiro di Bulukumba.

Sebelum Shalat Jumat, Ichsan YL bersama mantan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo juga menghadiri apel siaga kebangsaan Forum Komunikasi Putra-Putri TNI/Polri( FKPPI) di anjungan Pantai Losari, pagi tadi.

Sekedar diketahui, hari ini merupakan kampanye pamungkas pasangan nomor urut 4. Kampanye ini akan menjadi salah satu panggung pembuktian jika koalisi rakyat memang berada dibarisan pasangan independen ini.

Berdasarkan pantauan, di lokasi kampanye akbar di Lapangan Karebosi mulai dipenuhi koalisi rakyat yang datang dari berbagai penjuru di Kota Makassar, maupun wilayah sekitarnya. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya