Resmikan Pekarong di Kampung Buyang, Danny Disambut Histeris Warga | Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Resmikan Pekarong di Kampung Buyang, Danny Disambut Histeris Warga

Published

on

Makassartoday.com – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto meresmikan Pekarong (Pemadam Kebakaran Lorong) di Jl Flamboyan Barat, No. 42, RW 4, RT D, Kelurahan Kampung Buyang, kecamatan Mariso, Minggu (7/1/2018).

Danny disambut histeris warga saat tiba di Kampung Buyang. Meski diguyur hujan deras, Danny bersama warga tetap semangat mengikuti peresmian sore itu.

Pekarong salah satu inovasi yang dihadirkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar yang khusus melayani lorong – lorong yang rawan kebakaran.

Bentuknya sederhana, terdiri dari tandon berkapasitas 2 kubik atau 2.000 liter air, mesin pemompa portable yang dilengkapi konektor, dan selang air dengan daya jangkau hingga 150 meter.

Alat ini juga dilengkapi lonceng yang berfungsi sebagai alarm saat terjadi kebakaran, dan Apar (Alat Pemadam Api Ringan) berupa tabung yang berisi karbon dioksida sebagai bahan pemadamnya.

“Kebakaran harus dicegah dengan menghindari faktor resiko terjadinya kebakaran. Kalaupun terjadi, penanganan 4 menit awal sangat menentukan. Semakin cepat tertangani semakin sedikit korban, baik materi ataupun non materi,” jelas Danny.

Melihat pentingnya Pekarong dalam penanganan kebakaran, Danny berinisiatif menambah anggaran pengadaan Pekarong di APBDP 2018 nanti. Harapannya, alat itu dapat memberikan bantuan teknis ekstra cepat sebelum armada Damkar tiba di lokasi kebakaran.

Saat peluncuran Pekarong, dilakukan simulasi pemadaman api dengan menggunakan Pekarong. Di simulasi itu, warga terlihat sigap dalam memadamkan api yang mampu dikuasai kurang dari 4 menit. (Id)


Advertisement
loading...
Comments

Sulsel

KPU Makassar Lakukan Cara Unik Saat Coklit

Published

on

By

Makassartoday.com – Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Mulai dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Setelah melakukan apel akbar 20 Januari 2018 di Lapangan Karebosi Makassar lalu, petugas PPDP mulai menjalankan tugasnya mendatangi rumah warga untuk melakukan pencoklitan data pemilih, yakni mencocokkan DP4 dengan KK yang miliki oleh warga.

Untuk menarik perhatian warga, petugas PPDP menggunakan pakaian yang dapat menarik perhatian warga, seperti di kelurahan Rappokalling Kecamatan Tallo petugas PPDP mengenakan pakaian yang sengaja mengundang perhatian.

Sementara di kelurahan lainnya, petugas PPDP ada yang menggunakan Baju Bodo khas Sulsel. Sedangkan anggota PPK dan PPS yang ikut mendampingi petugas PPDP dalam melakukan pencoklitan menggunakan pakaian seragam.

Pencocokan dan Penelitian ini dilakukan berbeda dengan Pemilihan-pemilihan sebelumnya yang masih manual. Sekarang berbasis aplikasi, semua petugas PPDP menggunakan Hp android dan mendownlood aplikasi Lion PPDP KPU Makassar.

Yang unik lagi ada petugas PPDP berumur 50 tahun lebih mengenakan seragam sekolah SMP untuk mencoklit data warga. (Rusdi)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...