PPK Tallo Gelar Bimtek PPDP di 15 Kelurahan | Makassar Today
Connect with us

Sulsel

PPK Tallo Gelar Bimtek PPDP di 15 Kelurahan

Published

on

Makassartoday.com – Untuk memberikan pemahaman dan kemudahan melaksanakan Coklik (Pencocokan dan Penelitian) terhadap Petugas PPDP di wilayahnya, PPK Kecamatan Tallo melaksanakan Bimtek (Bimbingan Teknis) dengan mendatangi 15 kelurahan mulai 11-13 Januari 2018.

Bimtek ini untuk mempermudah petugas PPDP melaksanakan tugasnya nanti ketika turun langsung ke masyarakat. Coklit yang dilakukan saat ini tidak sama yang sebelumnya, karena sekarang mendata atau mencoklik dengan memakai aplikasi yang dibuat oleh KPUD Makassar dengan cara mendownload.

“Hari ini kami melakukan sosialisasi kepada seluruh PPDP di wilayah Talloi terkait sistem pendataan melalui aplikasi PDP KPUD Kota Makassar,” jelas Rosnaini selaku PPK Tallo Divisi Sosialisasi.

Lanjutnya, bahwa coklik serentak dilaksankan 20 Januari 2018, mulai dari tingakt KPU RI, KPUD Provinsi, KPUD Kab/Kota, PPK, PPS dan PPDP. Pada coklik serentak diharapkan mendatangi minimal 5 rumah. Untuk hari selanjutnya mendatangi sebanyak-banyaknya rumah untuk dicoklik.

Untuk memeriahkan dan menarik perhatian Masyarakat, maka KPUD Mks melibatkan tokoh masyarakat, artis, dan mantan pejabat untuk mendatangi rumah masyarakat untuk mencoklik. (*)


Advertisement
loading...
Comments

Sulsel

KPU Makassar Lakukan Cara Unik Saat Coklit

Published

on

By

Makassartoday.com – Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Mulai dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Setelah melakukan apel akbar 20 Januari 2018 di Lapangan Karebosi Makassar lalu, petugas PPDP mulai menjalankan tugasnya mendatangi rumah warga untuk melakukan pencoklitan data pemilih, yakni mencocokkan DP4 dengan KK yang miliki oleh warga.

Untuk menarik perhatian warga, petugas PPDP menggunakan pakaian yang dapat menarik perhatian warga, seperti di kelurahan Rappokalling Kecamatan Tallo petugas PPDP mengenakan pakaian yang sengaja mengundang perhatian.

Sementara di kelurahan lainnya, petugas PPDP ada yang menggunakan Baju Bodo khas Sulsel. Sedangkan anggota PPK dan PPS yang ikut mendampingi petugas PPDP dalam melakukan pencoklitan menggunakan pakaian seragam.

Pencocokan dan Penelitian ini dilakukan berbeda dengan Pemilihan-pemilihan sebelumnya yang masih manual. Sekarang berbasis aplikasi, semua petugas PPDP menggunakan Hp android dan mendownlood aplikasi Lion PPDP KPU Makassar.

Yang unik lagi ada petugas PPDP berumur 50 tahun lebih mengenakan seragam sekolah SMP untuk mencoklit data warga. (Rusdi)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...