Video: Detik-detik Ambruknya Salasar Lantai 1 Tower II BEI | Makassar Today
Connect with us

Nasional

Video: Detik-detik Ambruknya Salasar Lantai 1 Tower II BEI

Published

on

Makassartoday.com – Selasar lantai 1 Tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) ambruk pada Senin (15/1/2018) sekita sekitar pukul 12.10 WIB.

Peristiwa ini sempat terekam camera pengawas CCTV di gedung tersebut. Suara ambruk selasar cukup kencang hingga sempat disangka suara petir oleh warga di sekitar gedung.

Seorang saksi bernama Riko Dhika mengatakan peristiwa itu terjadi sesaat sebelum dia masuk ke lobi tengah di antara Tower I dan Tower II. Tiba-tiba dia mendengar suara kencang.

“Saat masuk, tiba-tiba ada suara runtuh. Saya kira suara petir, ternyata ada yang roboh,” ujar Riko dilansir dari detikcom, Senin (15/1/2018).

“Pas jatuh, suara teriakan,” imbuhnya.

Saat itu, dia tidak jadi masuk ke BEI. Para petugas juga meminta orang-orang keluar dari BEI.

“Saya nggak jadi masuk, disuruh keluar,” ucapnya.

Sekitar 50 mahasiswa dari Universitas Bina Darma, Palembang, jadi korban luka akibat kejadian tersebut. Pihak BEI menempatkan dua orang staf di rumah sakit tempat perawatan korban.

“Saat ini masih ada 50-an mahasiswa tamu Bursa di RS, ada yang dioperasi juga. Kami menempatkan dua staf kami di setiap rumah sakit dan memastikan semua dirawat dengan baik. Beberapa orang tua dan dekan sudah datang dan kami layani semua,” ujar Direktur Utama BEI Tito Sulistio dalam keterangan tertulisnya.

Mahasiswa menjadi korban luka ambruknya selasar saat datang dalam program kunjungan kampus ke BEI. BEI memang membuka kunjungan mahasiswa agar mengenal langsung dunia pasar modal.

Sementara itu, pihak pengelola gedung BEI, Cushman & Wakefield Indonesia, sudah menegaskan akan bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Perusahaan akan menanggung seluruh biaya pengobatan para korban.

“Semua biaya pengobatan korban di rumah sakit akan ditanggung oleh kami, oleh pemilik gedung. Sehingga tadi pihak dari gedung mendatangi semua rumah sakit yang ada untuk membantu proses pengobatan tersebut,” kata Direktur Cushman & Wakefield Indonesia Farida Riyadi secara terpisah.

Polri menyebut ada 72 orang yang menjadi korban luka, yang mayoritas merupakan mahasiswa Universitas Bina Darma. Mereka ditangani di RS Pusat Pertamina, RS Siloam Semanggi, RSAL Mintohardjo, RS Jakarta, dan RS Tarakan.

Akibat ambruknya selasar lantai 1 di Tower II, BEI akan menghentikan sementara kegiatan kunjungan. Kunjungan dihentikan hingga proses penanganan selesai.

Pihak pengelola gedung juga memastikan Tower I gedung BEI besok akan kembali beroperasi. Sementara itu, Tower II ditutup lantaran masih dilakukan pemeriksaan oleh tim Puslabfor Polri. (bs)

Video :

 

Jika Pemilihan Gubernur Sulsel digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Jika Pilwalkot Makassar digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Advertisement

Comments

Nasional

Deng Ical Sindir Gambar Petahana Tiba-tiba Ramai di Posyandu

Published

on

By

Makassartoday.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, mengumpulkan seluruh Kepala Daerah se-Indonesia, di hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Pertemuan yang dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia (Menko Polhukam), Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Wiranto, membahas terkait pelaksanaan Pilkada Serentak di 171 daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan itu hadir Plt Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI bersama seluruh kepala Daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak di daerahnya masing-masing.

Sesudah dibuka Menko Polhukam, dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab. Dalam sesi tanya jawab tersebut, Deng Ical sapaan akrabnya menjadi penanya kedua dalam diskusi yang dihadiri Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu RI), Abhan, dan Ketua Komisioner KPU RI, Arief Budiman.

Dihadapan Mendagri, Ketua Komisioner KPU dan Bawaslu RI, Deng mempertanyakan sanksi apa yang akan diberikan kepada ASN jika terlibat politik.

Kedua, aturan-aturan pada saat masa kampanye nanti terkait dengan gambar-gambar petahana yang sudah terlanjur ada dan tertempel di setiap puskesmas, seperti kampanye kebersihan, kesadaran berlalu lintas.

“Celakanya lagi karena di daerah tetangga kita itu di reproduksi, yang tadinya cuman ada di puskesmas tiba-tiba semua posyandu ditempelin gambar petahana, sehingga banyak keluhan dari tim pasangan lainnya, namun itu belum bisa ditindak lanjuti. Olehnya itu kami memohon petunjuk,” kata Deng Ical

Politisi Golkar ini juga mempertanyakan terkait jabatan yang lowong dan sifatnya sangat dibutuhkan di Pemerintahan. “Jika kita ingin mengisi kepala kelurahan dan sekolah yang sudah pensiun, apakah itu juga butuh persetujuan tertulis Pak Menteri,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Mendagri Tjahjo Kumolo menegaskan akan memberikan sanksi yang tegas kepada ASN yang tidak taat aturan. Bukan hanya yang ikut mensosialisasikan langsung ke masyarakat tetapi juga yang ikut mengkampanyekan kandidat melalui sosial media.

“Dalam waktu dekat ini kami akan mengelurkan surat edaran terkait sanksi ASN yang tidak netral di Pilkada serentak ini,” tegas Tjahjo Kumolo.

Sementara Ketua Bawaslu RI, Arif Budiman mengatakan, semua program pemerintah yang di dalamnya ada gambar petahana harus tetap dijalankan hingga memasuki masa kampanye.

“Karena KPU sudah punya regulasinya sehingga semua program pemerintah harus tetap berjalan. Hanya saja, pada saat masa kampanye sudah masuk maka tidak boleh lagi ada foto kandidat terpasang di dalamnya,” tegas Arif Budiman.(*)

Jika Pemilihan Gubernur Sulsel digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Jika Pilwalkot Makassar digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler