Agus: Kehidupan di Sulsel Selalu Rukun | Makassar Today
Connect with us

Politik

Agus: Kehidupan di Sulsel Selalu Rukun

Published

on

Makassartoday.com – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu’mang menyatakan Sulsel sudah terbiasa dengan kerukunan antar umat beragama, jauh sebelum lahirnya negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karenanya, kemajuan pesat di Sulsel ini merupakan wujud dari terciptanya kerukunan umat beragama yang terbina sejak dulu.

“Sulsel adalah salah satu daerah di mana sudah terbiasa dengan kerukunan. Bahkan sebelum republik ada, kami sudah hidup rukun,” kata Agus AN di sidang MPL PGI di Gereja Protestan Indonesia Luwu (GPIL), Jalan Pattimura, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Jumat (26/1/2018).

Wakil gubernur 2 periode ini mengatakan, Sulsel secara geografis dihuni oleh empat suku besar, yakni Makassar, Bugis, Mandar Toraja yang saling hidup rukun.

Selain itu, Bakal Calon Gubernur Sulsel ini menyebutkan, salah satu contoh kerukunan agama yang terbina di Sulsel adalah terpeliharanya peradaban di Toraja.

Toraja, kata Agus AN, memiliki simbol kuat agama Kristiani dengan dibangunnya patung raksasa Yesus. Dan simbol religi umat Kristiani ikut dijaga oleh seluruh masyarakat Sulsel.

Karena itu, Agus AN menegaskan bercermin pada kerukunan agama di Sulsel menjadi bukti, bahwa terjadinya konflik tidak semata-mata disebabkan oleh perbedaan agama.

“Tapi lebih sering konflik disebabkan oleh kesenjangan ekonomi. Karenanya, sampai saat ini Pemerintah Provinsi Sulsel, terus mendorong agar ekonomi rakyat meningkat. PDRB di Sulsel alhamdulillah terus meningkat selama 10 tahun terakhir,” ujar Agus AN. (*)

Jika Pemilihan Gubernur Sulsel digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Jika Pilwalkot Makassar digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Advertisement

Comments

Politik

Hari Ini, Panwaslu Makassar Gelar Sidang Terkait 3 Laporan

Published

on

By

Makassartoday.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Makassar mengagendakan sidang atas tiga laporan dugaan pelanggaran yang dialamatkan ke pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Danny Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi) pada Senin (19/2/2018), hari ini.

Ketua Panwaslu Makassar, Nursari dikonfirmasi membenarkan jadwal sidang tersebut. Nursari menjelaskan, bahwa ada tiga kasus dugaan pelanggaran yang dilaporkan pihak kuasa hukum paslon nomor 1, Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appi-Cicu), yakni
Penggunaan tagline Dua Kali Tambah Baik, Pengangkatan Tenaga Kontrak serta Pembagian Ponsel untuk RT dan RW.

“Ie, besok pukul 10 di Aula Gedung PKK. Anggenda sidang tanggapan dari KPU atas tiga laporan yang dilayangkan pihak kuasa hukum paslon urut 1 ke paslon urut 2,” jelas Nursari, Minggu (18/2/2018) malam.

Diketahui dalam Undang-undang PKPU nomor 9 tahun 2015 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan atau wali kota dan wakil walikota di pasal 88 menyebutkan bahwa pasangan calon dikenakan sanksi pembatalan sebagai peserta pemilihan oleh KPU apabila pasangan calon terbukti melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam pidana penjara paling singkat lima tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap, sebelum hari pemungutan suara.

Selain itu, pasangan calon dibatalkan sebagai peserta apabila terbukti menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya untuk mempengaruhi pemilihan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum, sebelum hari pemungutan suara.

Selanjutnya sanksi bagi pasangan calon juga dilaksanakan apabila pasangan calon menerima dan atau memberikan imbalan dalam proses pencalonan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Terkahir, pasangan calon terbukti melakukan kampanye di media cetak atau elektronik berdasarkan rekomendasi Bawaslu Provinsi atau Panwaslu Kabupaten/kota atau keputusan KPU Provinsi.

“Kita belum bisa simpulkan apakah yang bersangkutan (Paslon urut 2) melanggar pasal yang dimaksud. Sidang nanti baru meminta kejelasan pihak KPU,” kuncinya. (Rusdi)

Jika Pemilihan Gubernur Sulsel digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Jika Pilwalkot Makassar digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler