Program IYL-Cakka Tak Wajibkan Seragam Sekolah, Pemerhati Pendidikan Bilang Ini | Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Program IYL-Cakka Tak Wajibkan Seragam Sekolah, Pemerhati Pendidikan Bilang Ini

Published

on

Makassartoday.com – Apresiasi terhadap rencana Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) untuk menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) yang tidak mewajibkan siswa/siswa menggunakan seragam sekolah terus berdatangan.

Kali ini datang dari aktivis dan pemerhati pendidikan Sulsel, yakni Direktur Lensa Cendikia Indonesia, Zulfahmi. Dia menilai memajukan pendidikan tidak harus monoton pada seragam anak sekolah, seperti SD, SMP dan SMA sederajat.

Akan tetapi, menurutnya harus fokus pada peningkatan kualitas peserta didik. Apalagi, apa yang direncanakan Ichsan telah memiliki dasar konsep implementasi melalui disertasi doktoral eks Bupati Gowa dua periode ini.

“Nafasnya pendidikan itu sangat benar ada pada implementasi kualitas peserta didik. Jadi jika ada penegasan bahwa yang sekolah itu adalah otaknya bukan seragamnya, memang benar,” kata Zulfahmi, Senin (12/2/2018).

Akan tetapi, dia menegaskan, dalam implementasi pendidikan itu juga harus diberikan support khusus pada pendekatan etika dan adab. Sehingga, dia menyarankan agar Ichsan bisa memastikan implementasi itu bisa berjalan maksimal.

“Jika fokus itu menjadi target. Harus ada jenjang evaluasi. Maksudnya harus dipastikan. Apakah implementasi kualitas pendidikan ini bisa maksimal. Saya kira konsep itu juga perlu disiapkan,” kata dia.

Lebih jauh dia menilai, dengan tidak mewajibkan menggunakan seragam akan mengurangi beban orang tua peserta didik berkaitan tekhnis-tekhnis seragam.

Selain itu, melalui rencana kebijakan ini, Zulfahmi menegaskan agar mampu menjadi medium untuk menghilangkan Pungutan Liar (Pungli) yang cenderung muaranya juga berasal dari seragam sekolah.

“Pungli ini juga harus ditekan. Saya kira kebijakan ini akan menjadi medium antara kebiasaan Pungli di institusi pendidikan,” tegasnya.(*)

Jika Pemilihan Gubernur Sulsel digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Jika Pilwalkot Makassar digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Advertisement

Comments

Sulsel

ASN Pemkot Diimbau “Makmurkan” Masjid, Deng Ical: Sudah Ada Surat Edaran

Published

on

By

Makassartoday.com – Plt Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI, mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Makassar untuk “memakmurkan” masjid ketika waktu salat sudah tiba.

“Kalau adzan sudah berkumandang, segeraki’ tinggalkan aktifitas, ada kewajibanta sebagai muslim, upayakan makmurkanki masjidta,” imbuh Deng Ical, sapaan akrab Syamsu Rizal, dalam arahannya usai melaksanakan salat berjamaah di Masjid Amirul Ilham Kompleks Kantor Balaikota Makassar, Rabu (21/2/2018).

Menurut Deng Ical, sebagai ASN terutama yang memiliki jabatan harus memberi contoh yang baik bagi staf, terutama dalam urusan agama. Sebagai bawahan juga harus mampu mengikuti arahan pimpinan, apalagi yang sudah menyangkut kewajiban.

“ASN dituntut menjadi contoh bagi orang disekitarnya. Jadilah teladan yang mengajak kebaikan, apalagi jika itu adalah kewajiban kita” ujarnya di hadapan jamaah yang sebagian besar adalah ASN yang berkantor di Balaikota.

Lebih lanjut pria murah senyum ini juga mengungkapkan bahwa sebelumnya telah ada surat edaran yang dikeluarkan oleh Walikota Makassar pada 2017 lalu.

“Apalagi sudah ada edarannya berisi imbauan untuk melakukan salat fardu berjamaah tepat waktu,” ujarnya di Masjid yang dibangun di masa kepemimpinan Wali Kota, Ilham Arief Sirajuddin ini. (*)

Jika Pemilihan Gubernur Sulsel digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Jika Pilwalkot Makassar digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler