Penjelasan Ketua Panwaslu Soal Gugatan DIAmi | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

Penjelasan Ketua Panwaslu Soal Gugatan DIAmi

Published

on

Makassartoday.com – Ketua Panwaslu Makassaar, Nursari menegaskan bahwa permohononan gugatan yang dimohonkan oleh pasangan Danny Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi) telah memenuhi syarat sesuai yang diatur dalam Peraturan Badan Pengawasan Pemilu (Perbawaslu) RI Nomor 15 tahun 2018.

Hal itu ditegaskan Nursari saat menanggapi aspirasi dari massa pendukung Paslon Wali Kota Makassar Nomor Urut 1, Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) di halaman kantor Panwaslu Makassar, Senin (6/5/2018).

Sebelumnya massa pendukung Appi-Cicu menanyakan alasan pihak Panwaslu Makassaar menerima gugatan DIAmi yang notabene bukan lagi kontestan di Pilwali Makassar pasca keluarnya Surat Ketetapan (SK) KPU Makassar yang mendiskualifikasi paslon DIAmi sebagai peserta Pilkada Makassar.

Namun Nursari menegaskan jika pihaknya memiliki dasar lain dalam menerima gugatan DIAmi, yaitu mengacu pada Perbawaslu Nomor 15 tahun 2018 yang mengatur tentang sengketa pilkada.

“Kami menerima pengakuan permohonan gugatan yang dilayangkan paslon DIAmi didasarkan oleh Perbawaslu RI Nomor 15 tahun 2018. Jadi permohononan tersebut memiliki legal standing,” tegasnya.

Nursari juga menegaskan, pihaknya akan melahirkan keputusan yang seadil-adilnya dan tidak akan diintervensi oleh pihak mana pun.

“Percayalahlah kepada kami dan kami akan memutuskan yang seadil-adilnya,” tegasnya.

Sekedar diketahui, pasca diterimanya permohononan gugatan dari tim hukum DIAmi, Panwaslu Makassar telah menggelar dua kali sidang sengketa Pilkada Makassaar.

Dalam sidang kedua, Panwaslu memberikan kesempatan kepada pihak penggugat untuk menghadirkan saksi ahli, yakni dua Pakar Tata Hukum Negara, Refli Harun dan Margarito.

Panwaslu sendiri sampai saat ini belum memberikan penjelasan terkait kapan jadwal putusan atas sidang gugutan DIAmi. (Rusdi)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending