Akademisi Minta Lembaga Partisan Hentikan Pembohongan Publik! - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

Akademisi Minta Lembaga Partisan Hentikan Pembohongan Publik!

Published

on

Makassartoday.com – Akademisi Unhas, Lukman meminta lembaga survei tetap menjunjung etika umum yang harus dipenuhi dalam mempublikasikan hasil kerja dilapangan. Terutama, transparansi cara kerja di lapangan. 

Menurutnya banyak variasi hasil polling dan jajak pendapat dalam kontestasi pilkada yang patut diwaspadai masyarakat.

“Kalau itu tidak dijelaskan secara transparan ke publik, maka saya kira lembaga survei tersebut harus diwaspadai. Jangan sampai lembaga survei tersebut juga berperan sebagai konsultan politik bagi kandidat atau calon tertentu,” ujarnya, Selasa (29/5/2018).

alterntif text

Lukman pun menilai, lembaga survei partisan tentu akan lebih mementingkan orientasi bisnis daripada menjaga idealisme keilmuan dan keilmiahan hasil survei. Hal tersebut, kata dia, tentu tidak etis untuk menjadi konsumsi publik.

“Dalam kaidah keilmuan jika ada kesalahan bisa ditolerir, tapi jika tidak jujur, memanipulasi hasil survei untuk menggiring opini publik. Ini merupakan kebohongan publik yang harus dihentikan,” tegasnya.

Pernyataan Lukman ini dilontarkan pasca munculnya hasil survei dari sejumlah lembaga yang dianggap partisan. Sebagian dari lembaga survei ini mulai kehilangan kepercayaan setelah Dewan Etik Persepsi memutuskan adanya melanggar kode etik karena berlaku tidak kredibel dan tidak memiliki itikad baik untuk
mempertanggungjawabkan kegiatan ilmiah yang sudah menimbulkan kontroversi di masyarakat. (*)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending