Lebaran Jumat, Muhammadiyah Imbau Khatib Tak Kampanye Politik | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

Lebaran Jumat, Muhammadiyah Imbau Khatib Tak Kampanye Politik

Published

on

Makassartoday.com – Organisasi Masyarakat (Ormas) Muhammadiyah resmi menetapkan 1 Syawal atau Idul Fitri 1439 H jatuh pada hari Jumat (15/6/2018).

Hal tersebut termaktub dalam pernyataan pers Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 74/PER/I.0/E/2018 tentang Idul Fitri 1439 H.

Penentuan hari raya umat muslim ini didasari hisab hakiki wujudul hilal, Ijtimak jelang Syawal 1439 H terjadi pada hari Kamis Kliwon 14 Juni 2018 pukul 02:45:53 WIB. Tinggi bulan pada saat terbenam Matahari di Yogyakarta (f= -07°48¢ LS dan l= 110°21¢BT)= +07°35’20” (Hilal sudah wujud).

PP Muhammadiyah juga menghimbau Khatib dan Muballigh Tidak Menjadikan Khutbah Idul Fitri sebagai Ajang Kampanye dan Propaganda Politik Praktis.

“Para khatib dan muballigh hendaknya menyampaikan khutbah dan ceramah yang berisi ajakan agar umat Islam senantiasa berusaha melanjutkan amal shalih selama bulan Ramadan secara lebih baik, meningkatkan ketaqwaan dengan berbuat ihsan, meningkatkan soliditas dan solidaritas sosial, serta memelihara kerukunan dan persatuan umat dan bangsa. Sampaikan pesan-pesan keislaman yang menyebarkan kedamaian, persaudaraan, kemajuan, dan mencerahkan. Para khatib dan muballigh hendaknya tidak menjadikan khutbah dan ceramah sebagai ajang kampanye dan propaganda politik praktis serta tidak menyampaikan materi yang berpotensi menimbulkan kontroversi dan disharmoni sosial, politik, dan agama baik intern maupun antar umat beragama,” imbuh pihak Muhammadiyah lewat edaran persnya. (Maman)

BAGIKAN:
Comments

Trending