Palsukan Sertifikat UNM, Honorer SMU 1 Pallangga Diciduk Polisi | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Palsukan Sertifikat UNM, Honorer SMU 1 Pallangga Diciduk Polisi

Published

on

Makassartoday.com – Anggota Polsek Rappocini mengamankan Eka Noor Aris, dalam kasus dugaan pemalsuan Sertifikat Sertifikat Diklat Bahasa Inggris/TOEFL milik Universitas Negeri Makassar (UNM).

Perempuan yang tercatat sebagai tenaga honorer SMU Negeri 1 Pallangga, Kabupaten Gowa tersebut diamankan saat berada di Kampus Program Pasca Sarjana (PPS) UNM, Jl A Djemma, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Selasa (3/7/2018) sekitar pukul 17.00 Wita.

Warga Perumahan Bukit Salekko, Kota Makassar yang berstatus Sarjana Pendidikan (S.pd) itu ditankap berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/757/VII/2018/RESTABES MKS/SEK. RAPPOCINI.

Dihadapan polisi Eka membenarkan telah melakukan pemalsuan Sertifikat TOEFL yamg dikeluarkan oleh Laboratorium Komputer Program Sarjana UNM.

Awalnya pelaku yang mengaku bekerja sebagai staf administrasi UNM bertemu dengan perempuan RIKAH, Zakinah Halim, Fatmawati serta Sinar dan menyampaikan jika pihak UNM akan menerima pegawai bagian administrasi dengan persyaratan berupa FC KTP, Curiculum Vitae, Surat Lamaran serta 4 (empat) Sertifikat Wajib yaitu TOEFL, E-Learning, SPSS dan Macromedia Flash.

alterntif text

“Karena tidak memiliki sertifikat tersebut, akhirnya pelaku menawarkan kepada ketiga rekannya itu untuk dibuatkan sertifikat dengan biaya Rp1.2 juta. Setelah disepakati, pelaku korban bertemu menyerahkan sertifikat palsu tersebut. Korban kemudian memberikan uang sesuai kesepakatan sebelumnya,” jelas Kapolsek Rappocini, Kompol Supriady Idrus,

Setelah korban memasukkan berkas ke pihak UNM, ternyata pihak UNM menyampaikan jika tidak pernah melakukan rekrutmen staf administrasi dan tidak pernah mengeluarkan sertifikat yang dimaksud.

“Pelaku menerangkan jika sertifikat tersebut dipalsukan dengan cara discan di salah satu tempat di Jl Emmy Saelan, Kota Makassar.
Selanjutnya pelaku bersama barang bukti diamankan di Mako Polsek Rappocini guna proses penyidikan lebih lanjut,” jelasnya. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending