Polisi Didesak Ambil Alih Seluruh Penyelidikan Insiden KM Lestari Maju | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Polisi Didesak Ambil Alih Seluruh Penyelidikan Insiden KM Lestari Maju

Published

on

Makassartoday.com – Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi, mendesak Polda Sulsel untuk mengambil alih seluruh proses penyelidikan dugaan praktik bisnis penumpang ilegal pada indisen KM Lestari Maju.

Diketahui, insiden KM Lestari Maju kanda di perairan Kepulauan Selayar pada Selasa (3/7/2018) mengakibatkan 36 penumpang meninggal dunia.

Jumlah penumpang yang dievakuasi berdasarkan data tim gabungan Basarnas yang mencapi 202 orang ternyata berebda dengan manifest penumpang yang diberangkatkan pada saat kejadian.

Direktur ACC Abdul Muthalib meminta Kementerian Perhubungan bekerjasama Polda Sulsel untuk mengusut dugaan praktik KKN dalam prosedur-standar kelaikan beroperasinya transportasi kapal serta melakukan evaluasi menyeluruh terhadap sistem transportasi laut

“Menurut kami, sebaiknya Polda mengambil alih seluruh pengusutan dugaan bisnis penumpang ilegal KM Lestari Maju demi menjamim proses hukum berjalan profesional,” tegas Abdul Muthalib, Rabu (4/7/2018).

Pihaknya juga menilai bahwa polisi perlu menyidik modus penumpang ilegal secara menyeluruh, mengingat banyaknya modus yang diduga melibatkan sejumlah institusi terkait.

alterntif text

“Ini salah satu masalah yang harus diberantas jika ingin transportasi laut lebih aman. Pemerintah berkewajiban memberikan perlindungan dan menjamin hak-hak penumpang KM Lestari Maju dengan mengacu pada Undang-undang Perlindungan Konsumen,” sambungnya.

ACC juga mememinta KNKT mengusut penyebab pasti terjadinya kecelakaan di perairan Selayar. Jika ditemukan adanya unsur atau indikasi kelalaian pihak KM Lestari Maju, maka, ACC mendesak adanya pemberian sanksi tegas.

“Pihak KM Lestari Maju juga harus bertanggungjawab terhadap seluruh biaya pengobatan dan wajib memberikan santuan kepada korban, dimana jeles diatur dalam Undang-undang PerlindunganKonsumen dan Undang-undang Pelayaran No 17 tahun 2008,” kuncinya.

Sementara itu, Tim Labfor dari Mabespolri terdiri dari 4 orang yang dipimpin langsung Waka Labfor Cabang Makassar, AKBP Drs Kartono yang akan bergabung dengan Tim penyidik Polres Kepulauan Selayar untuk melakukan proses penyelidikan.

“Siang tadi mereka telah ke TKP untuk memantau lokasi dan posisi Kapal,” jelas Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani.

Adapunyang sudah menjalani pemeriksaan adalah Nahkoda dan empat orang ABK serta pemilik KM Lestari. Hingga saat ini masih dalam tahap penyelidikan di Sat Reskrim Polres Kepulauan Selayar yang diketuai Kasat Reskrim Iptu Arham Gusdiar, S. IK. MH. (Askay Khan)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending