Istri CEO Abu Tours Resmi Ditahan di Rutan Polda Sulsel | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Istri CEO Abu Tours Resmi Ditahan di Rutan Polda Sulsel

Published

on

Makassartoday.com – Istri dari Chief Executive Officer (CEO) Abu Tours Hamzah Mamba (36), Nursyahria resmi menjalani penahanan di Rutan Mapolda Sulsel, Rabu (11/7/2018).

Sebelum ditahan, Nursyahria ditetapkan sebagai tersangka baru dalam kasus dugaan penggelapan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari dana 96.601 jamaah umrah.

“Nursyahria menjalani penahanan terhitung hari ini. Berdasarkan alat bukti, tersangka mendistribusika sebagian dana dan rekening penampungan dari dana jemaah,” jelas Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani.

Adapun sebagian uang jemaah tersebut, kata Dicky, digunakan Nursyahria untuk kepentingan pribadinya.

“Tersangka dikenakan pasal 372 KUHP tentang penggelapan dan pasal 5 Undang Undang Nomor 8 Tahun 2010
tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan ancaman hukuman di atas 10 tahun penjara,” katanya.

Sebelumnya, pada 23 Maret lalu penyidik menetapkan Hamzah Mamba sebagai tersangka karena perusahaannya yang bergerak di bidang travel umrah itu tidak mampu memberangkatkan jamaahnya ke Arab Saudi. Total kerugian para jamaah umrah yang jumlahnya sebanyak 96.601 orang itu diperkirakan lebih dari Rp1,4 triliun sesuai dengan besaran dana yang masuk dari setiap jamaah.

Atas ketidakmampuan dari pihak Abu Tour dalam memberangkatkan jamaah umrah ini, pihaknya menjerat tersangka dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah jo Pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan serta Pasal 45 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Adapun ancaman hukuman yang disangkakan kepada tersangka adalah pidana penjara maksimal 20 tahun dan denda Rp 10 miliar. (Askay Khan)

BAGIKAN:
Comments

Trending